Wow! Hotel Es di Rumania Tawarkan Sensasi Menginap di Kamar yang Semuanya Terbuat dari Bongkahan Es

Pernahkah kamu membayangkan menginap di hotel yang serupa rumah iglo? Sebuah hotel bernama Hotel of Ice di Rumania menawarkan pengalaman unik bagi para tamunya.

Hotel ini dibangun dari balok-balok es berukuran besar yang memberikan suhu ruangan yang sangat dingin, tetapi juga bisa menghangatkan tubuh. Hotel ini terletak di antara puncak es Pegunungan Făgăraș, pegunungan tertinggi di Karpatia Selatan, Rumania dan berdiri 2 ribu meter di atas permukaan laut.

Menariknya, Hotel of Ice dibangun kembali setiap tahun dengan menghadirkan tema baru. Meski terkesan tak biasa, hotel ini telah didukung oleh beragam fasilitas lengkap seperti hotel pada umumnya, seperti kamar hotel, bar, restoran, dan gereja yang semuanya terbuat dari es. Menghabiskan satu malam di Hotel of Ice adalah kesempatan liburan sekali seumur hidup yang benar-benar tak terlupakan.

Penasaran seperti apa penampakan tiap sudut hotel es di Rumania? Berikut ulasannya.

Hotel of Ice

Pemandangan di sekitar hotel es/Foto: Hotelofice.ro

Satu-satunya akses untuk sampai ke Hotel of Ice ialah dengan menaiki kereta gantung dari Balea Cascada. Dalam perjalanan menuju Hotel of Ice, pengunjung akan meluncur melintasi pemandangan bersalju yang menakjubkan, hingga kawanan burung yang bermigrasi di atas Pegunungan Făgăraș. Tempat liburan seperti ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin menjauh dari hiruk-pikuk kota besar.

Setiap musim dingin, Hotel of Ice dibangun kembali menggunakan balok-balok es seberat sekitar 30 kilogram yang diambil dari perairan beku Danau Balea di dekatnya. Balok-balok es tersebut kemudian dipahat dengan tangan oleh pengrajin lokal untuk diubah menjadi bangunan hotel, dekorasi patung yang rumit dan indah, berikut seluruh perabotannya, seperti meja, kursi, lemari, dan tempat tidur. Sayangnya, fenomena pemanasan global akan menjadi tantangan besar untuk membangun hotel ini saat ini dan di tahun-tahun mendatang.

Demi faktor kenyamanan, pihak hotel menyarankan para tamu untuk tidak mandi selama menginap di hotel es. Sebab, mandi akan menghilangkan minyak alami di kulit yang membantu melindungi seseorang dari dingin dan cuaca buruk. Itulah sebabnya pengunjung direkomendasikan hanya menghabiskan satu malam untuk kepraktisan.

Suasana dalam Kamar Hotel of Ice

Suasana kamar es/Foto: Hotelofice.ro

Hotel yang dibangun pada tahun 2005 ini memiliki 12 kamar. Meski suhu ruangan bervariasi antara 0°C sampai -2°C, uniknya para tamu tidak akan merasakan kedinginan di dalam, bahkan bisa tidur nyenyak di kamar.

Semua kamar memiliki tempat tidur es yang dilengkapi dengan kasur, bantal, bulu binatang, selimut berlapis-lapis, dan kantong tidur untuk kenyamanan termal. Tak ketinggalan, ada pula fasilitas wifi yang disediakan di setiap kamar. Hotel es ini mematok tarif menginap mulai dari €100 atau sekitar Rp1,7 juta per malam.

Cabana Bâlea Lac

Cabana Bâlea Lac/Foto: Facebook.com/HotelOfIce

Terletak 50 meter dari Hotel of Ice, terdapat pondok kecil atau kabana yang sederhana bernama Cabana Bâlea Lac. Bagi tamu yang ingin merasakan nuansa Hotel of Ice tetapi lebih memilih untuk beristirahat di kamar yang nyaman dan hangat, Cabana Bâlea Lac menawarkan hal itu.

Tenang saja, pengunjung tetap bisa mendapatkan semua fasilitas dan pemandangan yang ditawarkan oleh Hotel of Ice.

Restoran Es dan Bar Es

Makan malam di restoran es/Foto: Hotelofice.ro

Restoran di dalam Hotel of Ice menawarkan pengalaman kuliner yang unik, yang diracik oleh chef berpengalaman. Mereka akan menyajikan menu masakan tradisional Transylvania dengan memakai bahan dan metode lokal.

Uniknya, para tamu akan duduk di kursi es, lalu makanan disajikan di atas meja yang terbuat dari es dan piring yang terbuat dari es.

liburan di hotel es di Rumania
Restoran es dan bar es/Foto: Hotelofice.ro

Para tamu juga memiliki akses ke bar es  dengan gelasnya yang terbuat dari es. Namun, ada pula minuman yang menghangatkan tubuh seperti mulled wine, minuman beralkohol dari anggur merah bersama dengan rempah-rempah.

Gereja Es

Gereja es/Foto: Hotelofice.ro

Di sebelah hotel, terdapat gereja es untuk tempat beribadah para tamu. Gereja ini juga melayani pembaptisan, pernikahan, sampai menjadi tempat merayakan ulang tahun pernikahan.

Aktivitas di Hotel of Ice

Wahana tubing di hotel es Rumania/Foto: Hotelofice.ro

Winter Park menawarkan sejumlah fasilitas hiburan yang sempurna untuk anak-anak dan orang dewasa yang berlibur di Hotel of Ice. Pengunjung dapat bermain ice skating, naiki kereta luncur, atau membuat patung es. Ada juga kesempatan unik melakukan perjalanan ke gua-gua es untuk melihat lereng dan lembah yang dilapisi es di bawahnya.

Ingin mencoba wahana permainan yang lebih ekstrem? Cobalah semua olahraga musim dingin seperti mengitari lembah gunung dengan mengendarai Snow Mobile (mobil salju), Ice Rafting, melesat melintasi danau beku menggunakan rakit yang terpasang di bagian belakang mobil salju, meluncur menuruni lereng memakai ban karet atau Tubing, hingga Banana Snow, banana boat versi musim dingin sambil melintasi danau es dengan kecepatan penuh.

****
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)