Waspada Quishing! Rekening ‘Dikuras’ Lewat Kode QR


Beauties, pembayaran dalam sebuah transaksi kini lebih mudah dengan menggunakan QR Code atau kode QR (Quick Response). Namun ternyata, ada bahaya di balik penggunaan QR tersebut. Awal tahun ini, perusahaan energi Amerika Serikat telah menjadi target penipuan kode QR.

Analis keamanan memperingatkan bahwa quishing sedang mengalami peningkatan. Quishing adalah penggabungan kode QR dan phishing, di mana pelaku kejahatan “memancing” untuk mendapatkan informasi pribadi dan detail pribadi.

Ilustrasi pembayaran dengan kode QR/ Foto: pexels.com/iMinTechnology

Lantas, seperti apa cara kerja peretasan quishing melalui kode QR ini? Well, kita sudah familiar dengan kode QR, kotak kotak hitam-putih yang berfungsi sebagai semacam hieroglif yang dapat diterjemahkan oleh kamera HP atau perangkat lain.

Seringkali, kode QR diterjemahkan ke dalam URL situs web, namun kode tersebut juga dapat menunjuk ke pesan teks biasa, daftar aplikasi, alamat peta, dan sebagainya.

Di sinilah ‘akal-akalan’ para penjahat siber, kode QR diarahkan menunjuk situs web palsu, dan orang sulit untuk mendeteksi situs apa yang akan dikunjungi sebelum membuka web tersebut.

Klik DI SINI untuk membaca selengkapnya.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)