Waspada! Menurut Psikolog Harvard, Ini Ciri-Ciri Orang Narsistik dalam Hubungan Toksik

Menjalin hubungan dengan orang yang memiliki gangguan kepribadian narsistik yang ekstrem itu cukup melelahkan. Salah satu ciri yang sering terlihat adalah orang narsistik cenderung suka untuk membanggakan diri. 

Di awal hubungan, ciri-ciri itu akan sukar terlihat olehmu. Namun, seorang psikolog asal Harvard yang bernama Dr. Craig Malkin telah menjelaskan beberapa tanda peringatan awal saat berhubungan dengan orang narsistik. Yang pasti, kamu akan berada dalam sebuah hubungan toksik

Dilansir dari CNBC, berikut adalah ciri-ciri orang narsistik dalam hubungan menurut ahli!  

1. Adanya ‘Love Bombing’ dalam Sebuah Hubungan

Ilustrasi Love Bombing/Foto: Pexels/vjapratama

Istilah love bombing bukanlah hal yang asing di telinga kita. Love bombing adalah momen ketika seseorang mendapatkan pujian, perhatian, dan kado secara intens atau berturut-turut. Ada istilah lain yakni fase honeymoon dalam tahap awal hubungan yang konotasinya lebih positif. 

Jika berada di hubungan yang sehat, fase honeymoon bisa membuatmu langgeng dalam berhubungan. Namun, kamu akan termanipulasi dengan tipu daya fase ini saat pacaran dengan orang narsistik dan membuatmu tidak nyaman dalam hubungan. 

2. Tidak Senang dengan Perasaan yang ‘Rapuh’

Ilustrasi Pasangan sedang Berargumen/Foto: Pexels/RDN Stone Project

Orang narsistik tidak suka ketika berhadapan dengan emosi-emosi yang ‘lemah’ atau ‘rapuh’, seperti kesedihan, malu, ketakutan, kesepian, hingga kekecewaan. Sebab, ternyata orang dengan kepribadian seperti ini tidak percaya ada orang yang benar-benar peduli padanya. 

Salah satu contohnya, mereka merespon pesan dengan lambat hingga tiba-tiba hilang tanpa kabar ketika kamu menolak ajakannya. Tolakan itu bisa membuat hatinya terluka karena dekat dengan perasaan kekecewaan dan malu. 

3. Adanya Cara Pertahanan Diri yang Salah
Tenangkan diri setelah bertengkar/Foto: freepik.com

Adanya Cara Pertahanan Diri yang Salah/Foto: freepik.com

Masih berkaitan dengan poin kedua, orang narsistik ekstrem mempunyai cara pertahanan diri yang kurang benar. Mereka membuat citra diri sebagai sosok yang spesial, unik, dan tak tergantikan. 

Menurut Dr. Craig, istilah itu disebut dengan ‘self-enhancement‘ atau ‘peningkatan diri’. 

Orang yang tidak mengidap gangguan narsistik lebih fleksibel dalam hubungan. Tidak perlu chat dan pujian yang sangat intens, melainkan rasa cinta terhadap pasangan bisa diungkap dalam berbagai cara yang lebih sehat dan ‘normal’. 

4. Tidak Suka Adanya Perbedaan dalam Hubungan

Ilustrasi Pasangan Kekasih sedang Bertengkar/Foto: Pexels/Timur Weber

Cara lain bagaimana mereka mempraktikan ‘self-enhancement‘ adalah dengan adanya ‘the twin fantasy‘ atau fantasi kembar dengan pasangannya. 

Maksud dari istilah itu adalah mereka hanya suka dengan fakta bahwa mereka mempunyai preferensi yang sama denganmu, contohnya persamaan selera musik. Tetapi ketika kamu membahas perbedaan selera, mereka akan merespon hal itu dengan omelan hingga adanya silent treatment.

Pasangan yang berada dalam hubungan yang sehat akan lebih menerima segala persamaan dan perbedaan antar pasangan. Pembeda antar individu adalah sebuah keunikan. 

5. Orang Narsistik Mengontrol Setiap Rencana dalam Hubungan

Ilustrasi Ciri Narsistik dalam Hubungan Asmara/Foto: Pexels/Vera Arsic

Yang terakhir, orang dengan kepribadian itu akan mengontrol segala hal dalam hubungan. Contohnya, mereka akan mengatur tentang rencana kencan dari A sampai Z tanpa menanyakan pendapatmu. 

Pendapatmu akan dibungkam karena mereka hanya ingin melakukan dan mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Padahal, hubungan yang sehat dan langgeng adalah pasangan yang mampu menangani keberagaman pendapat dan adanya perasaan yang setara dalam mengambil keputusan. 

Apakah ciri-ciri itu ada di hubunganmu saat ini, Beauties? Jika kamu sudah tidak nyaman dan tersiksa, jangan sungkan untuk meminta pertolongan dari orang yang kamu percaya, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)