Waspada! Konsumsi Gula Berlebih Dapat Sebabkan 3 Penyakit Berbahaya Ini, Salah Satunya Tingkatkan Risiko Kanker

Beauties, mengonsumsi gula untuk makanan dan minuman dalam keseharian pastinya adalah hal yang wajar dan umum. Namun, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, salah satunya apabila mengonsumsi gula berlebih hal itu dapat berdampak pada kesehatan seseorang.

Terdapat banyak ancaman penyakit yang bisa hinggap, jika seseorang mengonsumsi gula dalam takaran yang melebihi seharusnya. Terdapat anjuran konsumsi gula dari Kemenkes, per harinya yaitu sebanyak 50 gram atau empat sendok makan saja.

Simak, apa saja bahaya dari konsumsi gula berlebih yang bisa memicu tiga penyakit berbahaya ini, yuk!


Tingkatkan Risiko Kanker

Tingkatkan Risiko Kanker/Foto: Freepik.com

Maraknya makanan dan minuman yang mengandung banyak gula, memungkinkan seseorang untuk kecanduan. Namun, hal itu bisa berdampak parah dan serius jika terus menerus dilakukan dan bahkan memicu risiko kanker.

Pola makan yang kurang sehat adalah salah satu sumber penyakit, selain bisa obesitas hal itu juga dapat menyebabkan resistensi insulin dan meningkatkan risiko kanker.

Sebagaimana dilansir dari Healthline, sebuah studi menganalisa 37 studi kohort porspektif menemukan bahwa dalam dua dari lima studi mengenai konsumsi gula berlebih dapat meningkatkan risiko kanker sebesar 60 hingga 95%. 

Penelitian lain menemukan, asupan gula dapat dikaitkan dengan jenis kanker tertentu. Sebuah penelitian terhadap lebih dari 22.720 orang pria selama lebih dari sembilan tahun menemukan bahwa peningkatan konsumsi gula dari minuman manis dapat dikaitkan dengan risiko kanker prostat.

Sementara itu, studi lainnya menemukan bahwa kanker kerongkongan dikaitkan dengan peningkatan sukrosa atau gula serta makanan dan minuman penutup yang manis.

Memicu Perlemakan Hati

Ilustrasi Perlemakan Hati/Foto: Freepik.com

Penyakit berbahaya selanjutnya adalah memicu perlemakan hati, asupan fruktosa yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit tersebut.

Fruktosa merupakan jenis gula yang umum, dengan salah satu sumber utamanya adalah sirup jagung, biasanya fruktosa yang tinggi digunakan untuk mempermanis permen, serela, soda dan lainnya.

Sebuah studi menemukan jika mengonsumsi fruktosa secara berlebih dapat menyebabkan perlemakan hati.

Tingkatkan Risiko Diabeter Tipe 2

Ilustrasi Diabetes/Foto:Freepik.com/rawpixel.com

Untuk penyakit berbahaya ketiga ini, mungkin sudah tak asing karena sering dikaitkan dengan gula. Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi gula dapat menyebabkan diabetes, namun terdapat hubungan yang kuat.

Yang mana, hal ini dikaitkan dengan obesitas yang menjadi faktor diabetes paling kuat.

Mengonsumsi gula dalam jumlah banyak dalam jangka panjang dapat mendorong resistensi terhadap insulin, hormon yang diproduksi oleh pankreas yang mengatur kadar gula darah.

Resistensi insulin menyebabkan kadar gula darah meningkat dan sangat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Sebenarnya, masih banyak penyakit lain yang disebabkan oleh konsumsi gula berlebih seperti masalah kulit, meningkatkan risiko depresi, masalah jerawat dan lainnya.

Sehingga, sudah saatnya untuk memulai pola hidup sehat dengan mengonsumsi gula sesuai anjuran kesehatan.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)