Viral di TikTok! Saudara Kembar Bertemu Kembali Setelah Terpisah 19 Tahun, Jadi Korban Perdagangan Anak

Viral di TikTok, saudara kembar identik yang terpisah sejak lahir akhirnya bertemu. Mereka adalah Amy Khvitia dan Ano Sartania.

Menurut laporan BBC, saat Amy dan Ano lahir, keduanya dijual ke dua keluarga yang berbeda. Mereka adalah korban perdagangan anak.

Setelah terpisah selama bertahun-tahun, mereka bertemu satu sama lain secara kebetulan melalui acara pencarian bakat TV dan video TikTok.

Berawal dari Acara TV dan TikTok

Ano Sartania dan Amy Khvitia saat kecil/Foto: Dok. BBC

Kisah reuni Amy Khvitia dan Ano Sartania dimulai setelah Amy, yang saat itu berusia 12 tahun, memperhatikan seorang perempuan yang mirip dengannya di sebuah episode acara TV Georgia’s Got Talent.

Kala itu, Amy Khvitia berada di rumah ibu baptisnya tengah menonton program TV favoritnya, Georgia’s Got Talent. Ada seorang gadis menari yang tampak persis seperti dirinya. Bukan hanya mirip, namun identik.

“Semua orang menelepon ibuku dan bertanya: ‘Mengapa Amy menari dengan nama lain?” katanya, seperti dilansir dari BBC.

Tapi ibunya hanya mengatakan kepadanya bahwa “setiap orang punya doppelganger.” Sebagai informasi, doppelganger adalah pantulan dari diri sendiri yang terlihat nyata dan sama serta muncul dalam waktu yang bersamaan.

Tujuh tahun kemudian, pada November 2021, Amy memposting video dirinya dengan rambut biru yang sedang menindik alisnya di TikTok.

Dua ratus mil (320 km) jauhnya di Tbilisi, seorang remaja lainnya yang berusia 19 tahun, Ano Sartania, dikirimi video tersebut oleh seorang teman. Saat itu, Ano berpikir, “keren, karena dia [Amy] mirip denganku.”

Ano mencoba melacak gadis dengan alis yang ditindik secara online, yaitu Amytetapi tidak dapat menemukannya, jadi dia membagikan video tersebut ke grup WhatsApp universitas untuk melihat apakah ada yang bisa membantu. Seseorang yang mengenal Amy melihat pesan tersebut dan menghubungkan mereka di Facebook.

Amy langsung tahu Ano adalah gadis yang dilihatnya bertahun-tahun lalu di Georgia’s Got Talent.

“Aku sudah lama mencarimu!” Amy mengirim pesan.

“Aku juga,” jawab Ano.

Sadar Ternyata Saudara Kembar
Viral di TikTok! Saudara Kembar Bertemu Kembali Setelah Terpisah 19 Tahun, Jadi Korban Perdagangan Anak

Ano Sartania dan Amy Khvitia/Foto: Dok. BBC

Setelah saling mengenal, mereka menyadari bahwa mereka memiliki banyak kesamaan.

Mereka berdua lahir di rumah sakit bersalin Kirtskhi, yang sudah tidak ada lagi, di Georgia barat, tetapi menurut akta kelahiran mereka, ulang tahun mereka hanya berjarak beberapa minggu.

Mereka menyukai musik yang sama, sama-sama suka menari dan bahkan memiliki gaya rambut yang sama. Mereka menemukan bahwa mereka memiliki penyakit genetik yang sama, yaitu kelainan tulang yang disebut displasia.

“Setiap kali saya mengetahui sesuatu yang baru tentang Ano, segalanya menjadi semakin aneh,” kata Amy.

Ketika mereka akhirnya bertemu langsung, Amy mengatakan bahwa ia seperti bercermin ketika melihat Ano, karena mereka sangat mirip.

“Rasanya seperti bercermin, wajah yang sama persis, suara yang sama persis. Saya adalah dia dan dia adalah saya,” kata Amy.

“Aku tidak suka pelukan, tapi aku memeluknya,” kata Ano.

Keduanya kemudian memutuskan untuk berbicara dengan keluarga mereka tentang kemiripan satu sama lain.

Akhirnya, Ano dan Amy tahu bahwa mereka adalah saudara kembar dan diadopsi secara terpisah pada tahun 2002. 

Menjadi Korban Perdagangan Anak
Amy dan Ano saat bertemu ibu kandung

Amy dan Ano saat bertemu ibu kandung/Foto: Dok. BBC

Amy kesal dan merasa seluruh hidupnya adalah kebohongan. Sementara itu, Ano merasa marah dan kesal, namun ia ingin segera mencari solusi agar mereka bisa kembali melanjutkan hidup.

Amy dan Ano kemudian menemukan rincian pada akta kelahiran resmi mereka, termasuk tanggal lahir mereka, ternyata salah.

Karena tidak dapat memiliki anak, ibu Amy mengatakan bahwa seorang temannya memberitahunya ada bayi yang tidak diinginkan di rumah sakit setempat. Dia perlu membayar dokter untuk bisa membawanya pulang dan membesarkannya seperti anaknya sendiri. Ibu Ano juga menceritakan hal yang sama.

Tak satu pun dari keluarga angkat tersebut mengetahui bahwa anak perempuan mereka kembar dan meskipun telah membayar banyak uang untuk mengadopsi anak perempuan mereka, mereka mengatakan bahwa mereka tidak menyadari bahwa hal tersebut ilegal. Kala itu, Georgia sedang mengalami masa kekacauan dan ketika staf rumah sakit terlibat, mereka menganggap hal itu wajar.

Tidak ada keluarga yang mengungkapkan berapa banyak uang yang ditukarkan. Amy dan Ano bertanya-tanya apakah orang tua kandung mereka telah menjual mereka demi keuntungan.

Kasus Adopsi Ilegal
Ano Sartania dan Amy Khvitia

Ano Sartania dan Amy Khvitia/Foto: Instagram/_amykhvitia

Berusaha menggali masa lalu mereka, Ano dan Amy bergabung dengan Vedzeb, sebuah grup Facebook yang didedikasikan untuk menyatukan kembali keluarga yang terpisah karena dugaan adopsi ilegal.

Jurnalis Tamuna Museridze, yang mendirikan kelompok tersebut, memperkirakan bahwa hingga 100 ribu bayi dicuri di Georgia dari tahun 1950an hingga 2005 di pasar gelap untuk diadopsi.

Georgia mulai menyelidiki perdagangan anak pada tahun 2022, namun pemerintahnya mengatakan kepada BBC bahwa “data yang sangat tua dan bersejarah telah hilang.”

Menurut Kantor Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB, “adopsi ilegal melanggar berbagai norma dan prinsip hak anak, termasuk kepentingan terbaik anak, prinsip subsidiaritas, dan larangan memperoleh keuntungan finansial yang tidak pantas.”

Ia menambahkan, “prinsip-prinsip tersebut dilanggar ketika tujuan adopsi adalah untuk mencarikan seorang anak untuk orang tua angkatnya dan bukannya sebuah keluarga untuk anak tersebut.”

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)