Uniqlo Gugat Shein Lantaran Tas Bahu Ikonisnya Dicontek

Hak cipta merupakan hal penting saat menciptakan suatu karya. Sebab itu, ketika Uniqlo mengetahui tas viral mereka, Tas Bahu Mini Bulat, diplagiasi oleh merek ritel asal Tiongkok, Shein, mereka tak ragu untuk menggugat.

Tas Bahu Mini Bulat begitu populer beberapa tahun terakhir oleh karena bentuknya yang simple, ringkas, tapi muat banyak. Tas fungsional seharga Rp 199 ribu ini viral di TikTok dan berhasil menjadi jajaran produk terpopuler global di antara produk-produk fashion branded lainnya. Tidak heran jika tas ini menggiurkan untuk dicontek perusahaan lain karena dinilai menguntungkan.

Banyaknya Produk Tiruan, Uniqlo Turun Tangan

Uniqlo Round Mini Shoulder Bag My Neighbour Totoro/ Foto: Courtesy of Uniqlo

Untuk melindungi produk dari pelanggaran kekayaan intelektual, Uniqlo ambil langkah tegas. Lewat pernyataan resminya, Uniqlo menginvestigasi lebih lanjut dan apabila terbukti barang tersebut palsu atau tiruan yang diproduksi dengan niat jahat, maka pihaknya akan mempertimbangkan ambil tindakan hukum terhadap perusahaan yang memproduksi dan menjual produk tersebut.

Pengajuan Gugat dan Minta Ganti Rugi
Foto: instagram.com/uniqlo

Uniqlo/ Foto: instagram.com/uniqlo

Shein pun digugat di Tokyo pada 28 Desember 2023 bersama dengan 3 operatornya, yaitu Roadget Business Pte, Fashion Choice Ptw, dan Shein Japan. Fast Retailing, perusahaan yang menaungi jenama Uniqlo, meminta mereka segera menghentikan penjualan produk tas yang diplagiasi tersebut serta meminta ganti rugi akibat penjualan.

Mengutip laman CNN, Fast Retailing menyatakan turunnya kepercayaan pelanggan secara signifikan terhadap kualitas merek Uniqlo dan produk-produknya. 

Sementara itu ketika dimintai keterangan oleh CNN, juru bicara Shein merespon bahwa perusahaan sedang menyelidiki masalah tersebut. ““Shein menghormati hak kekayaan intelektual pihak lain dan menanggapi semua klaim pelanggaran dengan serius,” katanya.

Bukan Pertama Kali Shein Digugat
Shein

Shein “Dumpling bag”/ Foto: shein.com

Ini bukan pertama kali Shein digugat akibat mencontek produk, Beauties. Bahkan, hal ini sudah beberapa kali terjadi. Pada pertengahan tahun lalu, misalnya. Shein digugat oleh H&M lantaran plagiasi produk baju renang dan sweater. Selain itu, brand fast fashion Temu dan para seniman juga sempat menuntut Shein karena pelanggaran hak intelektual.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)