Tips Sembuh dari Trauma Diselingkuhi Menurut Psikolog, Jangan Lupa Self Love!

Pernah punya pengalaman diselingkuhi oleh pasangan dalam suatu hubungan atau relationship tentu membuat kamu merasa sedih, kecewa hingga kebingungan, Beauties.

Kamu jadi lebih takut, malu, dan ragu untuk memulai relasi yang baru terlebih dalam hal percintaan. Kadang kamu justru menyangkal dan sulit menerima tentang perasaan dan kejadian yang kamu alami. Hal ini bisa jadi trauma untukmu.

Berdasarkan penelitian psikologi yang dilakukan oleh psikolog Virginia Gilbert, berikut tips untuk berhenti menyangkal diri kamu dan berani menghadapi trauma dalam hal percintaan.

1. Fokus pada Kegiatan yang Dapat Kamu Kontrol


Fokus pada hal yang dapat kamu kontrol/foto: freepik.com/stefamerpik

Beauties, kamu perlu membatasi diri antara kamu dan pasanganmu. Kalau kamu sudah menikah, kamu berhak untuk memilih kamar yang lain atau lantai bahkan mungkin tinggal di lokasi lain dan memberikan batasan atau boundaries bertemu dengan pasanganmu usai diselingkuhi.

Kamu nggak perlu menjadi detektif untuk mencari tahu, saat ini apa yang dilakukan pasanganmu dengan selingkuhannya.

Namun, kamu boleh melakukan refleksi diri. Pikirkan cara agar di hubungan percintaan yang baru kamu tidak lagi disakiti dan nggak terjebak di hubungan yang toxic dan fokus pada rencana baru yang dapat kamu kontrol, seperti kriteria pasangan yang kamu harapkan dan kelola hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk menata hubungan baru yang lebih sehat. 

2. Beri Nama dan Akui Perasaan yang Sedang Dirasakan

Beri Nama dan Akui Perasaan yang Sedang Dirasakan/Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Terkadang menyangkal adalah hal yang dilakukan oleh seseorang ketika pengalaman yang dialami begitu pahit dan menyakitkan. Salah satunya saat diselingkuhi. Hanya saja, menyangkal terus menerus akan membuatmu terjebak pada trauma dan kamu jadi sulit mencintai diri.

Ketika kamu merasakan perasaan negatif, kamu dapat menuliskannya, mengakui dan menggambarkan rasa sedih, kecewa, marah, bingung, putus asa. Mengakui perasaan dengan jujur akan membuat kamu mampu mencintai dirimu sendiri meski hal ini butuh proses bertahap. 

3. Evaluasi Diri untuk Cegah Hubungan Toxic di Masa Mendatang

Evaluasi Diri untuk Cegah Hubungan Toxic di Masa Mendatang/Foto: Freepik.com/katemangostar

Beauties, mungkin di masa lalu kamu pernah terjebak diselingkuhi dengan pasangan yang nggak setia sama kamu. Namun, masa lalu tidak mendefinisikan siapa kamu dan kualitas diri kamu. Lewat hubungan percintaan yang pernah kamu jalani di masa lalu, kamu dapat belajar tentang kualitas hubungan dari sisi positif maupun negatifnya.

Kamu mungkin dulu belum menyadari kalau kamu terjebak dalam hubungan toxic. Kamu dapat menganalisis secara pribadi hal-hal yang membuat kamu nggak nyaman, down, dan nggak bebas serta merasa lebih banyak sedihnya daripada bahagianya saat menjalin hubungan. Hal ini perlu supaya hubungan baru kamu dapat berlangsung dengan lebih membahagiakan. 

Belajar dari pengalaman orang lain tentu boleh, tapi jangan bandingkan diri kamu dan orang lain. Kamu punya waktu khusus untuk pulih dari trauma dan nggak perlu buru-buru ya, Beauties.

4. Konsultasi ke Profesional

Konsultasi ke Profesional/Foto: Freepik.com/freepik

Sebagai korban dalam kasus perselingkuhan, Beauties nggak sendirian dalam menghadapi masalah. Selain mencoba untuk mengevaluasi apa yang salah dalam hubungan toxic kamu selama ini, berdiskusi dengan psikolog akan menambah insight kamu.

Pergi ke psikolog akan mendorong pemikiran kamu lebih terbuka lewat pancingan pertanyaan-pertanyaan yang akan membuatmu dapat melakukan evaluasi diri dengan lebih objektif. Hal yang terpenting juga meski punya masa lalu yang nggak menyenangkan, kamu perlu belajar menerima dan melepaskan hal yang toxic tersebut ya, Beauties.

5. Nggak Perlu Simpan Rahasia dengan Social Support Kamu

Nggak Perlu Simpan Rahasia dengan Social Support Kamu/Foto: Freepik.com

Selain curhat ke psikolog selaku profesional, Beauties juga dapat mencari pertolongan lewat social support, seperti sahabat atau orang-orang terdekat yang kamu percaya dan selalu menjadi pendukung kamu dan pendengar yang tidak menghakimi untuk setiap masalah kamu. 

Nggak perlu ada hal yang kamu rahasiakan, karena semakin kamu rahasiakan maka hati kamu akan merasa nggak tenang dan merasa lelah secara mental dan emosional. Tapi pastikan kamu curhat ke orang yang tepat, ya, Beauties!

Oke, Beauties itu tadi berbagai tips yang patut kamu coba supaya berhasil recovery dari trauma hubungan percintaan usai diselingkuhi pasangan yang toxic. Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)