Tiang Listrik punya Fungsi Baru! Sekarang Bisa buat Charge Kendaraan Listrik, Ada di Mana?

Kendaraan listrik semakin diminati belakangan ini seturut dorongan ramah lingkungan. Namun di tempat-tempat umum, masih belum banyak fasilitas untuk charge baterai kendaraan listrik jika diperlukan.

Kabar baiknya, belum lama ini Perusahaan Listrik Negara (PLN) melalui situs resminya pln.co.id mengunggah Press Release No. 014.PR/STH.00.01/I/2024 yang menginformasikan kehadiran inovasi terbarunya. PLN berinovasi menjadikan aset tiang listrik sebagai Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Hal ini dianggap sebagai terobosan PLN dalam mendukung akselerasi ekosistem kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) di Indonesia yang mulai jadi primadona. Senada dengan hal tersebut, Direktur Utama PLN Darmawan Pasodjo juga menyampaikan bahwa ini merupakan bentuk keseriusan PLN untuk menunjang infrastruktur ekosistem EV. Nah buat kamu yang punya motor atau mobil listrik, simak selengkapnya berikut ini yuk!

Upaya Menghadirkan Kemudahan Pengisian Daya Kendaraan Listrik


SPKLU PLN/ Foto: pln.co.id

Hadirnya SPKLU yang memungkinkan pengisian daya dari tiang listrik  menjadi komitmen kuat dari PLN untuk mendukung kemudahan pengisian daya kendaraan listrik. PLN tidak menampik bahwa sekarang ini, kendaraan listrik tengah menjadi primadona di kalangan masyarakat.

Oleh karenanya, PLN terus berupaya memfasilitasi para pengguna untuk mendapatkan akses sebaik mungkin ke sumber energi yang dibutuhkannya. Dengan demikian, akselerasi ekosistem kendaraan listrik diharapkan dapat terus ditingkatkan.

Apa Itu SPKLU PLN EYE Tipe Pole Mounted Charger?

SPKLU tipe pole mounted charger/ Foto: pln.co.id

PLN EYE atau SPKLU bertipe pole mounted charger merupakan inovasi yang menghadirkan EV Charger dengan memanfaatkan tiang listrik PLN. Keberadaannya diharapkan dapat menjangkau banyak pengguna kendaraan listrik yang ingin mengisi ulang daya baterai.

Ini tidak terlepas dari komitmen PLN dalam mendukung kokohnya ekosistem EV di Indonesia. Menurut Darmawan, inovasi terus dikembangkan dan PLN berharap semakin banyak masyarakat yang yakin untuk beralih ke kendaraan listrik karena stasiun pengisiannya semakin mudah dijumpai.

Menyokong Target Net Zero Emissions (NZE) 2060

Net zero emissions/ Foto: pln.co.id

Menurut Darmawan Pasodjo selaku Direktur Utama PLN, kendaraan listrik tengah banyak digandrungi, ini tidak terlepas dari sisi lebih hemat yang ditawarkannya. Baik itu dari segi biaya perawatan maupun pengisian daya. Namun yang tidak kalah penting dari itu menurutnya adalah kemampuan mengurangi emisi karbon secara signifikan.

“Kami sangat serius untuk mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik karena terbukti lebih irit bagi masyarakat dan mampu mengurangi emisi karbon secara signifikan, sehingga target Net Zero Emissions (NZE) di tahun 2060 bisa dicapai atau bahkan lebih cepat,” ujar Darmawan.

Ada di Mana?

Inovasi perusahaan listrik negara/ Foto: pln.co.id

Menurut Direktur Utama PLN Enjiniring, Chairani Rachmatullah, saat ini sudah ada 3 prototipe SPKLU PLN EYE yang sudah terpasang dan beroperasi. Adapun sebarannya, yakni 2 unit di Kantor PLN KS Tubun Jakarta Barat dan satu lainnya berada di Sekolah Dasar (SD) Yasporbi Bidakara, Jakarta Selatan.

Untuk rincian tipe SPKLU PLN EYE sendiri yaitu 7 kilo Watt (kW) dan 22 kW yang didesain PLN Enjiniring untuk Pole Mounted Charger baik yang model menempel di luar (tiang listrik beton) maupun model masuk dalam tiang (tiang besi).

Cara Mudah Menemukan SPKLU PLN

PLN mobile/ Foto: pln.co.id

Chairani dalam penjelasannya juga turut memberitahukan bahwa transformasi digital membuat SPKLU PLN semakin mudah untuk ditemukan. PLN sendiri menghadirkan SuperApp PLN Mobile untuk memudahkan para penggunanya. Untuk dapat menemukan SPKLU PLN terdekat, pengguna EV cukup membuka aplikasi dan memilih menu electric vehicle.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)