Terbukti! 5 Trik Ini Bisa Membantumu Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

Tidur adalah aktivitas yang wajib dilakukan di malam hari untuk memulihkan stamina untuk beraktivitas dengan optimal di siang hari. Meskipun begitu, tidak semua orang bisa tidur dengan nyenyak di malam hari.

Untuk membuat tidur nyenyak di malam hari ada berbagai cara yang bisa ditempuh, mulai dari mengonsumsi minuman yang membantu tidur nyenyak atau melakukan aktivitas tertentu.

Dilansir dari Healthline, ini beberapa trik yang bisa kamu coba agar tidur lebih nyenyak!

Lebih Sering Berjemur pada Pagi Hari


Ilustrasi/Foto: Unsplash/Amy Humphries

Tubuhmu memiliki jam alami yang dikenal dengan sebutan ritme sirkadian. Jam alami ini memengaruhi otak, tubuh, dan hormon yang membantumu tetap terjaga dan memberi tahu tubuh ketika tiba saatnya tidur.

Cahaya matahari alami atau sinar terang di pagi hari membantu menjaga agar ritme sirkadian dalam tubuh tetap sehat. Hal ini bisa membantumu untuk lebih berenergi di pagi hari sekaligus meningkatkan kualitas dan durasi tidur di malam hari.

Mengurangi Paparan Sinar Biru di Malam Hari

Dampak Bermain Ponsel Sebelum Tidur/ Foto: Freepik.com/author/freepikIlustrasi/Foto: Freepik.com/author/freepik

Terekspos sinar terang di siang hari memang memiliki manfaat menguntungkan, tetapi terpapar sinar di malam hari bisa memberikan efek yang berlawanan. Lagi-lagi hal ini berhubungan dengan ritme sirkadian yang membuat otak tertipu kalau hari masih siang.

Cahaya biru dari gawai elektronik seperti ponsel dan komputer adalah jenis sinar terburuk yang bisa diterima tubuh di malam hari. Oleh karena itu, tubuh perlu memblokade sinar biru itu. Salah satunya dengan cara memakai kacamata yang menghalangi sinar biru.

Tidak Mengonsumsi Kafein di Pengujung Hari
Ilustrasi Kopi Hitam/Foto: Freepik/Racool_studio

Ilustrasi/Foto: Freepik/Racool_studio

Kafein memberikan banyak manfaat sehingga banyak dikonsumsi oleh hampir seluruh orang di dunia. Bayangkan saja! Cukup hanya dengan satu dosis kafein, kamu bisa meningkatkan fokus, energi, hingga performa saat berolahraga.

Meskipun begitu, ketika dikonsumsi di pengujung hari, kafein akan menstimulasi sistem saraf dan mencegah tubuh untuk merasa nyaman di malam hari. Bahkan menurut sebuah penelitian, mengonsumsi kafein 6 jam sebelum tidur bisa memperburuk kualitas tidur secara signifikan.

Mengurangi Tidur di Siang Hari

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Adrian Swancar

Tidur di siang hari dapat membuat jam internal tubuh kebingungan sehingga kamu akan kesulitan tidur di malam hari. Faktanya, dalam sebuah penelitian, partisipan menjadi jauh lebih mengantuk sepanjang sisa hari setelah tidur siang.

Penelitian lainnya menyatakan bahwa memang tidur selama 30 menit atau kurang dari itu bisa meningkatkan fungsi otak di siang hari. Namun, tidur siang di waktu yang lebih lama dapat membahayakan kesehatan dan mengurangi kualitas tidur.

Mencoba Tidur dan Bangun di Jam yang Sama
Bangun tidur

Ilustrasi/Foto: Freepik/Freepik

Sebuah studi melaporkan bahwa partisipan yang memiliki pola tidur tidak menentu dan tidur lebih larut malam di akhir minggu memiliki kualitas tidur yang buruk. Sementara itu, penelitian lain menggaris bawahi bahwa tidur dengan jam tak menentu dapat mengubah ritme sirkadian dan tingkat melatonin.

Konsisten menjaga waktu tidur dan bangun tidur merupakan salah satu cara agar tidur lebih nyenyak karena dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dalam jangka panjang. Kamu cukup mengatur pola tidur dan bangun yang sama selama beberapa minggu dan kamu akan menyadari bahwa kamu tidak lagi butuh alarm untuk bangun.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)