Tak Gentar, 3 Artis Ini Gencar Suarakan Anti Kekerasan Terhadap Perempuan!

Ngomongin soal kekerasan terhadap perempuan, rasanya tidak ada ujung pangkalnya. Kesetaraan gender yang ada di Indonesia masih sangat lemah. Masih ada yang memarginalisasikan perempuan dan menganggap perempuan itu lemah, jauh di bawah pria. 

Di Indonesia, satu dari empat perempuan pernah mengalami yang namanya kekerasan seksual. Namun sayangnya, para korban maupun yang melihat kekerasan itu belum memiliki kesadaran penuh untuk mengungkapkan apa yang terjadi. 

Mirisnya keinginan masyarakat untuk mengetahui apa itu kesetaraan gender dan bagaimana melawan adanya ketidakadilan terhadap perempuan, membuat 3 artis ini tergugah untuk bergerak.

Mereka melakukan banyak aksi hingga 2 diantaranya dipercaya menjadi duta yang menyuarakan anti kekerasan terhadap perempuan. Siapakah mereka? Berikut ulasannya.

1. Joko Anwar

Joko Anwar bersama kitabisa.com galang dana untuk perempuan korban kekerasan/foto: instagram.com/jokoanwar

Apakah Beauties penyuka film horor seperti Pengabdi Setan hingga Perempuan Tanah Jahanam? Ya, rupanya film tersebut disutradarai oleh Joko Anwar. 

Dibalik perannya sebagai penulis skenario sekaligus sutradara film, Joko Anwar ternyata cukup vokal dalam menyuarakan kesetaraan gender dan anti kekerasan terhadap perempuan. 

Secara tersirat, kepedulian Joko Anwar terhadap perempuan dia selipkan dalam filmnya yang bertajuk ‘Perempuan Tanah Jahanam‘. Bahkan pada 2020 lalu, secara nyata Joko Anwar berkolaborasi bersama kitabisa.com menggalang dana untuk para perempuan korban kekerasan.

Bagi pria kelahiran 3 Januari 1976 ini, perempuan bukanlah makhluk lemah yang harus selalu patuh dalam segala kondisi pada laki-laki.

2. Cinta Laura

Tahun 2019, Cinta Laura menjadi Duta Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak/foto: instagram.com/claurakiehl

Perempuan blasteran Jerman Indonesia ini memang memiliki jiwa sosial yang tinggi. Dirinya tidak pernah gentar menyuarakan adanya kesetaraan gender. Dia sangat menolak adanya kekerasan terhadap perempuan dan anak di dunia, terutama di Indonesia. 

Lewat konsistensinya dalam menyuarakan keadilan bagi perempuan, Cinta didapuk menjadi Duta Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada 2019 silam.

Bulan Maret lalu, Cinta melakukan kampanye bertajuk ‘Stand Up Melawan Pelecehan Seksual di Transportasi Umum‘ yang digelar di Jakarta. 

Dalam kampanye yang di inisiasi L’Oréal Paris itu, Cinta meminta masyarakat untuk peduli terhadap isu kekerasan dan pelecehan seksual. Selain itu, stop menjadi bystander dalam kasus kekerasan seksual yaitu seseorang yang menyaksikan suatu kejadian tetapi tidak mengambil bagian.

3. Hannah Al Rashid

Hannah didapuk PBB sebagai penggerak SDG kesetaraan gender di Indonesia/foto: instagram.com/hannahalrashid

Pernah nonton sinetron ‘Awas Ada Sule‘ yang tayang 2010 silam? Jika menjumpai tokoh bernama Ibu Tiyo, maka itulah Hannah Al Rashid. Jika menilik karier Hannah Al Rashid di entertainment, tidak perlu diragukan lagi. Parasnya yang cantik telah wira-wiri di sinetron hingga film. 

Selain sebagai artis, Hannah juga seorang aktivis. Sejak tahun 2016, dia berpartisipasi dalam 16 Days of Activism Against Gender-Based Violence yang berfokus pada isu kekerasan terhadap perempuan di seluruh dunia.

Setahun kemudian tepatnya 2017, PBB menunjuk Hannah sebagai penggerak SDG (Sustainable Development Goals) kesetaraan gender di Indonesia yang mana menyuarakan hak-hak perempuan.

Melansir laman Instagramnya, @hannahalrashid, Hannah juga membuka open donasi bersama kitabisa.com guna membantu perempuan yang menjadi korban kekerasan. Hannah pun menjelaskan bahwa donasi tersebut tidak hanya untuk perempuan tetapi siapapun yang mengalami kekerasan fisik, seksual, dan mental.

Eits, setelah ditelusuri lebih dalam, sebelum ke akting, Hannah sempat memanah UNDP (United Nation Development Programme) sebagai pilihan karirnya lho. Namun kala itu gagal untuk ditembus.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(ria/ria)