Tak Cukup dengan Cinta, Ini 5 Cara Positif Biar Hubungan dengan Pasangan Berjalan Sehat

Salah satu tujuan utama dalam menjalin hubungan asmara adalah membuatnya berjalan langgeng dan sehat. Hubungan ini didasari rasa percaya di mana kamu dan pasangan bisa saling memberikan manfaat positif dan bertumbuh satu sama lain. Mengutip Better Health juga disebutkan bahwa hubungan yang sehat akan membuatmu rendah mengalami depresi, lho!

Merangkum Help Guide, setidaknya ada 5 upaya positif yang perlu Beauties dan pasangan lakukan untuk mengejar hubungan yang harmonis dan sehat. Apa saja ya? Yuk, simak!

1. Bisa Mengungkapkan Segala Macam Perasaan dengan Terbuka


Bangun komunikasi jujur dan terbuka/Foto:Freepik.com/Dragen_zigic

Ini adalah pondasi utama bagi siapa saja yang ingin berada dalam hubungan sehat jangka panjang. Penting untuk merasa nyaman dalam berbicara secara terbuka tentang perasaan, kekhawatiran dan harapan satu sama lain. 

Bila satu sama lain tidak mau terbuka, maka perasaan yang tidak terekspresikan bisa merusak kepercayaan dalam hubungan. Lagipula, tak ada yang salah untuk menjadi rentan di hadapan pasangan, ini justru akan membuat hubungan lebih mudah untuk diselaraskan. Untuk itu, cobalah membuka diri masing-masing dengan jujur, ya, Beauties. 

2. Mau Saling Meminta Maaf dan Memaafkan 

Belajar saling memaafkan/Foto:Freepik.com/Freepik

Wajar untuk merasa kesal pada sesuatu yang tidak disukai dari pasangan. Adakalanya pertengkaran membuat suatu hubungan jadi lebih romantis, tapi tak jarang pula menyebabkan hubungan menjadi tidak sehat.

Belajarlah untuk saling memaafkan kesalahan dan berhenti untuk menyalahkan satu sama lain. Mengambil tanggung jawab atas konflik yang terjadi dengan meminta maaf sangat penting untuk meminimalisir perpecahan. 

Setidaknya dari kesalahan yang ada, masing-masing pihak bisa saling introspeksi diri sehingga hubungan pun bisa berjalan langgeng dan sehat, seperti dikutip dari Marriage. 

3. Membantu Memperbaiki Diri Satu Sama Lain 

Saling menerima kritik dengan baik/Foto:Freepik.com/Prostock_studio

Berada dalam hubungan yang sehat itu artinya kamu tidak perlu takut dihakimi atau dikritik. Beauties dan pasangan terbuka untuk menerima kritik karena sama-sama ingin tumbuh menjadi lebih baik.   

Adapun cara yang kamu bisa coba untuk menyampaikan kritik yang membangun yaitu, tidak menyalahkan satu sama lain, pilihlah kata-kata yang baik dan gunakan nada yang penuh perhatian. 

Jadi, alih-alih saling menyerang, kamu dan pasangan dapat bekerja sama untuk membantu satu sama lain berkembang dan mempertahankan kebahagiaan dalam hubungan. 

4. Menciptakan Kebiasaan untuk Saling Berterimakasih 

Jangan lupa untuk saling berterima kasih/Foto:Freepik.com/Makistock

Mudah untuk melupakan seberapa berharganya sesuatu yang kita miliki, termasuk kehadiran pasangan. Terlalu sering, kita cenderung menganggap remeh hal-hal yang dilakukan pasangan dan kata terima kasih seakan sulit diucapkan lantaran berbagai hal. 

Meski sederhana, kebiasaan berterima kasih bisa sangat berharga, lho, Beauties. Sebab mengutip penelitian dari Psychology Today, sikap bersyukur yang dibarengi rasa terima kasih dapat meningkatkan keintiman dalam hubungan. Ini juga akan menciptakan lingkaran positif, di mana kamu dan pasangan merasa dihargai dan dihormati satu sama lain. 

 5. Saling Memberikan Ruang Pribadi

Tetap memberikan ruang untuk sendiri-sendiri/Foto:Freepik.com/Freepik

Punya waktu berkualitas bersama pasangan tentu menyenangkan, tapi juga penting untuk memiliki ruang pribadi satu sama lain. Terlalu banyak menghabiskan waktu bersama terkadang dapat membuat satu sama lain frustasi. Chemistry juga bisa hilang dan yang ada hanya pertengkaran tentang hal-hal kecil yang membuat hubungan jadi tidak sehat. 

Dalam hal ini, Beauties dan pasangan dapat membuat jadwal sesi “me time” secara teratur, di mana masing-masing bisa menjalani minta, hobi dan aktivitas favorit tanpa gangguan. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)