Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Grup K-Pop Populer Bentukan Survival Show!

Menjadi seorang idola di Korea Selatan bukanlah hal yang mudah. Untuk bisa debut, mereka harus menjalani trainee, atau mengikuti survival show, yang harus melawan banyaknya orang atau suatu grup.

Mereka harus menunjukkan bakat dan kemampuannya secara maksimal untuk lolos ke tahap selanjutnya. Bukan hanya tentang bakat, namun mental mereka juga diuji, karena untuk menjadi seorang idola membutuhkan kualifikasi yang mumpuni.

Tak banyak yang tahu, beberapa grup populer ini ternyata dibentuk dalam survival show. Ada siapa saja? Check this out!

WINNER

Grup K-Pop bentukan survival/Foto: Instagram.com/winnercity

Winner merupakan boy group bentukan YG Entertainment. Sebelum debut, Kang Seung Yoon, Song Mino, Kim Jin Woo dan Lee Seung Hoon dibentuk dalam team A untuk melawan team B (sekarang iKON) dalam ajang Who is Next (WIN).

Team A yang saat itu masih berumur awal 20-an harus berusaha meraih impiannya dalam beberapa babak melawan team B. Nama ‘Winner’ sendiri adalah arti bahwa mereka menang dalam survival show ini.

iKON

Grup K-Pop bentukan survival/Foto: Instagram.com/withikonic

Kalah melawan team A (sekarang Winner), iKON yang saat itu bernama team B, harus rela tidak debut. Namun, Yang Hyun Suk (founder YG Entertaniment), secara mengejutkan mengadakan lagi survival bernama Mix n Match tahun 2014.

Kali ini, team B kedatangan tiga anggota baru, untuk bersaing menempati posisi dalam grup iKON. Hasilnya, mereka terbentuk dalam tujuh anggota, terdiri dari Bobby, Jung Chanwoo, Song Yunhyeong, Koo Junhoe, Kim Donghyuk, Kim Jinhwan dan Ex member Kim Hanbin.

TWICE

Grup K-Pop bentukan survival/Foto: Soompi

Girl Group besutan JYP Entertainment, TWICE, ternyata dibentuk dalam ajang survival bernama Sixteen. Sebelum terbentuk dengan anggota yang sekarang, ternyata Jihyo, Nayeon, dkk merupakan saingan.

Dalam acara ini, Park Jin Young, CEO JYP Entertainment, sendiri yang menilai serta memilih member untuk didebutkan. TWICE akhirnya debut dengan sembilan anggota di tahun 2015.

MONSTA X

Grup K-Pop bentukan survival/Foto: Korea Herald

Survival show No Mercy diselenggarakan Starship Entertainment untuk membentuk grup bernama Monsta X. Dalam acara tersebut, ada 13 trainee yang bersaing untuk mendapatkan 7 posisi.

Setelah melewati berbagai tantangan dan rintangan, akhirnya ketujuh member terpilih debut di tahun 2015. Saat ini, hanya ada lima member yang aktif, yaitu Shownu, Minhyuk, Kihyun, Hyungwon, dan Jooheon.

KEP1ER

Grup K-Pop bentukan survival/Foto: Instagram.com/official.kep1er

Girl group Kep1er  dibentuk dalam acara survival Mnet bertajuk Girls Planet 999. Saat itu kesembilan anggota bersaing secara solo untuk bisa debut. Peserta Girl Planet 999 dinilai langsung oleh judge legendaris, seperti Tiffany dari SNSD, Sunmi, hingga Jang Juhee.

Setelah melewati berbagai babak, kesembilan peserta Huening, Ezaki Hikaru, Chaehyun, Yujin, Xiaoting, Mashiro, Yeongeun, Dayeon, dan Yeseo resmi menjadi anggota Kep1er.

Dari grup K-Pop yang bentukan survival show di atas, adakah yang kamu dukung hingga saat ini?

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)