Simple Banget! Ini Cara Praktis Manicure di Rumah

Kuku memang merupakan komponen kecil dari penampilan. Untuk merawat kecantikan kuku, manicure adalah salah satu cara yang tidak hanya membuat tampilan tangan lebih menarik, tetapi juga mencerminkan kesehatan secara keseluruhan.

Biasanya, perawatan manicure akan dilakukan di salon. Lalu, apakah perawatan ini bisa dilakukan di rumah? Tentu saja bisa!

Yuk ikuti cara-cara praktis berikut untuk melakukan manicure di rumah.

Bersihkan Kuku

Bersihkan Kuku/ Foto: freepik.com

Jika sebelumnya kamu sudah memakai cat kuku, hapus dengan polish remover. Usahakan untuk menggunakan pembersih cat kuku yang mengandung nutrisi untuk membuat kuku menjadi kuat. 

Potong dan Rapikan Kuku

Potong dan Rapikan Kuku/ Foto: freepik.com

Potong atau bentuk kukumu terlebih dahulu jika diperlukan. Setelah itu, kikir perlahan dengan gerakan 1 arah untuk membuat bentuk yang kamu inginkan. Kemudian, gunakan nail buffer pada bagian atas dan samping kuku untuk menghilangkan tumpukan minyak dan membuat kuku lebih bersih dan shiny.

Eksfoliasi Tangan

Eksfoliasi Tangan/ Foto: freepik.com/jcomp

Selain wajah, kulit tangan juga perlu dieksfoliasi lho! Gunakan scrub pada tangan, pergelangan tangan, dan lengan bawah untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan melembapkannya. Bersihkan bagian bawah kuku lagi, kemudian bilas, dan keringkan.

Gunakan Hand Cream

Gunakan Hand Cream/ Foto: pexels.com/Linda Prebeza

Segera lembapkan tangan sebelum menggunakan cat kuku. Berikan pijatan lembut kepada telapak dan pergelangan tanganmu. Proses manicure, terutama saat merapikan kutikula dan memotong kuku, dapat membuat kulit tangan menjadi kering. Hand cream membantu melembapkan kulit, mencegahnya dari kekeringan, dan memberikan kelembutan.

Oleskan Cuticle Oil

Oleskan Cuticle Oil/ Foto: nailcompany.com

Bagi seseorang yang memiliki kutikula panjang, usap kutikula menggunakan cuticle oil dan dorong sedikit secara perlahan agar kuku terlihat lebih panjang. Cuticle oil sendiri berfungsi untuk melembutkan kutikula, mencegah kulit kering dan pecah-pecah, serta membantu menjaga kelembaban kuku dan jaringan di sekitarnya.

Gunakan Base Coat

Gunakan Base Coat/ Foto: bebeautiful.in

Sebelum memakai cat kuku, aplikasikan base coat terlebih dahulu. Base coat bisa membantu menghidrasi kukumu dan menghindari permukaan kuku yang tidak rata. Diamkan dulu selama sekitar satu menit atau sampai kering sebelum menambahkan cat kuku.

Aplikasikan Cat Kuku

Aplikasikan Cat Kuku/ Foto: goodhousekeeping.com/Jamie Grill

Sesudah base kering, mulai aplikasikan cat kuku. Agar warna lebih bagus, selalu bubuhkan dua lapis cat kuku. Pada saat membuat lapisan pertama, mulailah dari tengah ke bawah, kemudian kedua sampingnya. Sesudah lapisan pertama kering, bubuhkan lapisan kedua. 

Akhiri dengan Top Coat

Akhiri dengan Top Coat/ Foto: beauteenow.com

Last but not least, bubuhkan top coat berkualitas untuk mengunci warna cat kuku. Top coat berguna agar kuku semakin berkilau dan kutek akan lebih awet. 

Sangat mudah untuk dilakukan di rumah bukan? Selain mudah, kamu juga bisa menghemat keuanganmu loh, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)