Simak 5 Tips Menjaga Pola Tidur yang Baik agar Lelah Hilang Total Saat Bangun

Beauties, kamu pasti pernah merasa lelah saat bangun tidur? Rasanya jadi kurang semangat dan malas untuk beraktivitas. 

Merasa lelah saat bangun tidur bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Meskipun tidur adalah waktu istirahat yang seharusnya mengembalikan energi dan menyegarkan tubuh, terdapat beberapa alasan mengapa seseorang mungkin masih merasa lelah setelah tidur. Seperti terlalu banyak atau justru karena kurang tidur. Kebiasaan ini membuat seseorang masih mengantuk saat bangun tidur. 

Selain itu, faktor stres juga bisa mempengaruhi kualitas tidur. Merasa lelah setelah tidur juga disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Agar dapat bangun tidur dengan segar dan tidak merasa lelah, ikuti beberapa tips berikut yuk!

Buat Jadwal Tidur yang Konsisten

Buat Jadwal Tidur/ Foto: pexels.com/Acharaporn Kamornboonyarush

Salah satu cara efektif untuk membuat pola tidur yang baik adalah menetapkan jadwal tidur yang konsisten. Coba untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Dengan menerapkan kebiasaan ini, tubuh akan terbiasa dan mengatur jam biologisnya sehingga jam tidur akan lebih teratur.

Hindari Mengkonsumsi Kafein Sebelum Tidur

Hindari Kafein/ Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Kafein adalah stimulan alami yang meningkatkan kewaspadaan sehingga dapat mengganggu tidur. Hindari mengkonsumsi minuman kafein seperti kopi, teh, atau minuman berenergi beberapa jam sebelum tidur. 

Batasi Penggunaan Gadget

Batasi Penggunaan Gadget/ Foto: freepik.com

Cahaya biru (blue light) yang dipancarkan oleh layar gadget seperti smartphone, tablet, atau laptop dapat mengganggu produksi melatonin, yaitu hormon yang mengatur tidur. Sebaiknya batasi penggunaan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur. Jika memungkinkan, letakkan gadget di luar jangkauan tangan saat tidur.

Hindari Makan Malam Berlebihan

Hindari Makan Malam Berlebihan/ Foto: freepik.com/DCStudio

Makan malam yang terlalu berlebihan menyebabkan ketidaknyamanan pada lambung sehingga akan sulit untuk tidur. Hindari makan malam yang terlalu berat, pilih makanan ringan yang mudah dicerna, dan makan setidaknya 2-3 jam sebelum tidur.

Rutin Olahraga

Rutin Olahraga/ Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Olahraga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Akan tetapi, hindari intensitas olahraga yang terlalu tinggi mendekati jam tidur. Idealnya, lakukan olahraga setidaknya 3-4 jam sebelum waktu tidur. 

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu dapat membantu dalam menjaga pola tidur yang baik dan tidak merasa lelah setelah bangun tidur. Semoga bermanfaat, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)