‘Si Kecil Menyegarkan’ Ini Ternyata Punya Banyak Manfaat Kesehatan, Sudah Pernah Mencoba?

Buah lontar atau siwalan memiliki daging buah lunak, berair, dengan rasa asam manis menyegarkan layaknya buah kelapa. Meski rasanya mirip kelapa, namun bentuk daging buah ini lebih mirip dengan kolang-kaling versi jumbo karena di dalam satu buah lontar hanya ada 2-3 butir.

Buah ini sangat populer di Asia Selatan, Timur Tengah, dan Afrika, lho. Di Indonesia, buah ini dapat kamu temukan dengan mudah di Jawa, Bali, Nusa Tenggara hingga Sulawesi.

Buah lontar kaya akan serat, vitamin B, vitamin C, vitamin A, kalsium, fosfor, protein, kalium, seng, vitamin E, vitamin K, mineral, dan zat besi. Tak hanya itu, buah ini juga rendah kalori sehingga cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang diet.

Mengutip Global Fruits Name dan RSUD Sawahlunto, buah lontar memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Simak!

1. Menghidrasi Tubuh

Menghidrasi tubuh/Foto: Freepik/tyasindanti

Buah lontar mampu mencegah tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi karena mengandung sekitar 90 persen air di dalamnya. Tubuh yang kekurangan cairan, tidak bisa menjalankan fungsi dasarnya secara optimal.

Dengan mengonsumsi buah lontar, kamu bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang sehingga organ tubuh dapat berfungsi sebagai mana mestinya.

2. Mengobati Diabetes

Mengobati diabetes/Foto: Freepik/piksel mentah.com

Buah lontar termasuk buah rendah kalori karena hanya mengandung 37 kalori per sendok makan. Dengan mengonsumsinya, kamu dapat menurunkan berat badan, kadar kolesterol, hingga gula darah. Karena itulah, buah ini sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes dan orang yang sedang melaksanakan program diet.

3. Mengurangi Rambut Rontok

Mengurangi rambut rontok/Foto: Pexels/cottonbro studio

Vitamin B kompleks yang terkandung dalam buah lontar memiliki peran penting dalam pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok. Dengan mengonsumsi buah lontar secara rutin, kamu dapat memenuhi nutrisi rambut sehingga terhindar dari kebotakan.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Meningkatkan fungsi otak/Foto: Pexels/nicolas souza

Kandungan vitamin B6 dalam jumlah besar di dalam buah lontar memiliki peran penting terhadap fungsi otak. Neuron yang melepaskan neutransmiter dapat mengubah suasana hati, dan memori otak. Dalam proses ini, vitamin B6 membantu memproduksi enzim berupa dopamin dan serotonin.

Selain meningkatkan fungsi otak, buah lontar juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan menurunkan risiko terkena penyakit neurodegeneratif.

5. Meremajakan Kulit

Meremajakan kulit/Foto: Pexels/kool shooters

Buah lontar mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan vitamin E yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Dengan mengonsumsi buah ini, kamu dapat menangkis sejumlah masalah kulit seperti jerawat dan penuaan dini.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh/Foto: Pexels/min an

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah lontar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan potasium dan vitamin C dalam buah ini juga dapat membantu sel-sel tubuh melawan bakteri penyebab infeksi.

Tak hanya itu, buah lontar juga mampu memaksimalkan kinerja bakteri baik atau probiotik untuk melawan bakteri jahat. Dengan mengonsumsi buah penuh nutrisi ini, kamu dapat menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung, Hati, dan Ginjal

Meningkatkan kesehatan jantung, hati, dan ginjal/Foto: Freepik/jcomp

Antioksidan dalam buah lontar dapat mencegah tubuh dari stres oksidatif yang mengakibatkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Selain itu, buah ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah sehingga tubuh terhindar dari risiko stroke dan penyakit jantung.

Kandungan air yang tinggi pada buah lontar juga dapat meningkatkan kesehatan ginjal dan hati, lho. Pasalnya, kandungan fosfor dan mineral pada buah ini turut membantu fungsi ginjal dan hati dalam mengoptimalkan proses pengolahan dan pembuangan racun dari makanan yang dikonsumsi.

Meski buah lontar memiliki ukuran relatif kecil, namun buah ini memiliki manfaat yang tak kalah besar dengan buah kelapa, ya. Yuk konsumsi buah lontar mulai dari sekarang agar kulit, rambut, dan organ tubuh tetap sehat.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)