Setiap Hari, Minggu, atau Bulan, Kapan Sih Harus Bersih-Bersih Kamar? Ini Jawabannya

Kebersihan adalah salah satu faktor penentu kenyamanan sebuah hunian, termasuk ruang kamar tidurmu. Ruang kamar tidur yang tertata rapi dan bersih jelas akan membuatmu bisa beristirahat dengan nyaman dan tenang.

Meskipun begitu, seberapa sering frekuensi pembersihan kamar kerap menjadi pertanyaan sebagian orang, terutama mereka yang punya waktu terbatas atau mageran. Nah, dilansir dari Summit Maids, ini beberapa tips kebersihan dan jadwal bersih-bersih kamar yang harus kamu lakukan!

Menata Tempat Tidur


Ilustrasi/Foto: Unsplash/Slaapwijsheid.nl

Ada dua macam orang di dunia ini, satu adalah orang yang nggak bisa memulai hari tanpa menata tempat tidurnya dan satu lagi adalah orang yang menganggap kebiasaan ini tidak berguna. Faktanya, merapikan tempat tidur akan membuat segala hal lain di kamarmu tampak lebih rapi. Oleh karena itu, kamu harus melakukan kebiasaan menata tempat tidur ini setiap hari.

Merapikan Permukaan Nakas atau Kepala Tempat Tidur

Gelas dan tatakan gelas yang digunakan semalam, tumpukan tisu bekas pakai yang berserakan, buku-buku yang dibaca sebelum tidur, hingga gadget yang kamu letakkan di atas nakas juga harus kamu rapikan setiap pagi tiba. Letakkan barang-barang yang kamu pakai semalam ke dalam laci atau tempat sampah.

Mengganti Alas Tidur

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Volha Flaxeco

Meskipun kamu pergi tidur setelah mandi, tubuh masih akan melepaskan kelembapan dan keringat—terutama di musim panas—yang nantinya akan terserap oleh seprai. Inilah alasan yang membuatmu harus mengganti seprai seminggu sekali.

Membersihkan Permukaan Berdebu

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiya

Debu adalah musuh utama yang akan menghancurkan kebersihan kamar. Jadi, segera ambil kain microfiber yang kamu miliki dan mulai seka permukaan dari seluruh furnitur dalam ruang kamar setiap seminggu sekali. Perhatikan juga tiap lekukan dan pojokan yang mungkin kamu lewatkan!

Mengosongkan Tempat Sampah

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Steve Johnson

Tidak semua orang meletakkan tempat sampah di dalam ruang kamar tidurnya. Namun, jika kamu melakukannya, pastikan untuk mengosongkan tempat sampah setiap seminggu sekali. Hal ini perlu dilakukan demi menghindari tumpukan kertas dan mencegah timbulnya bau apak.

Mencuci Selimut, Bed Cover, dan Sarung Bantal

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Steve Johnson

Sama halnya dengan seprai, semua barang-barang di tempat tidurmu juga harus dibersihkan secara rutin. Barang-barang yang ada di atas tempat tidur ini bisa menjadi sarang debu dan berbagai macam kuman sehingga sangat penting untuk mencucinya.

Frekuensi mencuci selimut, bed cover, dan sarung bantal sendiri bisa dibilang subjektif alias sesuai preferensi dan kebiasaan masing-masing orang. Meskipun begitu, mencucinya sebulan sekali bisa menjadi standar yang bisa kamu gunakan.

Merapikan Lemari

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Sarah Brown

Jika kamu baru pertama kali mencoba merapikan lemarimu, maka kegiatan ini akan sangat menyita waktu. Namun, jika kamu menerapkan kebiasaan ini setiap sebulan sekali, maka aktivitas ini akan lebih mudah di bulan-bulan berikutnya.

Membersihkan Bingkai Foto dan Dekorasi

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Katie Pearse

Ruang kamar merupakan cerminan dari jati dirimu. Nggak heran jika ruangan ini banyak diisi dengan foto liburan dan kenangan-kenangan lain hingga lukisan dari seniman favorit.

Meskipun begitu, barang-barang ini adalah sarang debu berikutnya sehingga wajib untuk ikut dibersihkan setiap bulan sekali. Untuk membersihkan lukisan, kamu bisa menggunakan kain microfiber kering yang bisa membersihkan debu tanpa merusak lukisan.

Menyanitasi Gagang Pintu dan Sakelar Lampu

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiya

Barang-barang yang kita sentuh setiap hari adalah tempat berkembang biaknya kuman. Oleh karena itu, setiap sebulan sekali, ambil kain microfiber basah dan semprotkan larutan sanitasi di atasnya. Gunakan kain tersebut untuk menyeka gagang pintu dan sakelar lampu.

Membersihkan Cermin dan Jendela

Ilustrasi/Foto: Unsplash/CDC

Cermin dan jendela adalah tempat-tempat lain yang juga kerap dilupakan saat melakukan kegiatan bersih-bersih. Untuk membersihkan tempat-tempat ini, kamu perlu menggunakan kain microfiber atau handuk bebas serat. Semprotkan cairan pembersih kaca dan seka permukaan jendela dan cermin dengan kain yang sudah kamu siapkan tersebut setiap sebulan sekali.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)