Sering Mimpi Pasangan Selingkuh? Ini Maknanya Menurut Ahli

Memimpikan pasangan selingkuh tentu dapat menimbulkan banyak kecemasan. Namun, mimpi-mimpi tersebut tidak selalu berkaitan dengan perselingkuhan yang sebenarnya.

Tetapi, apakah memimpikan pasangan selingkuh ini memiliki arti?

Dilansir melalui Insider, ada beberapa faktor penyebab mengapa seseorang sering mimpi dirinya diselingkuhi oleh pasangan. Berikut beberapa arti dari mimpi pasangan yang selingkuh!

1. Kurang Percaya Terhadap Pasangan


Ilustrasi tidak percaya kepada pasangan. Foto: Freepik.com/Jcomp.

Menurut teori mimpi Freud, mimpi merupakan cara pikiran bawah sadar membagikan kekhawatirannya yang terpendam. Ini juga berkaitan dengan ketakutan pasanganmu akan berselingkuh.

Kekhawatiran ini dapat muncul karena kurangnya kepercayaan dalam diri seseorang terhadap pasangannya. Beberapa ahli percaya bahwa otak orang yang mengalami mimpi buruk seperti ini sedang mencoba mengatasi peristiwa yang membuatnya stres dan negatif.

2. Rasa Bersalah Terhadap Sesuatu

Ilustrasi merasa bersalah. Foto: Freepik.com/Stefamerpik.

Menurut Callisto Adams, pelatih hubungan dan penulis di He Texted, rasa bersalah atau malu sering kali muncul dalam mimpi perselingkuhan karena berkorelasi dengan perasaan tersebut. Tanda mimpi ini bisa jadi mengindikasikan bahwa kamu ingin mengakui sesuatu kepada pasangan.

Baik itu berupa pengakuan fakta kecil yang ingin kamu sampaikan kepada pasanganmu. Jika hal ini belum tersampaikan, kamu cenderung merasa gelisah bahkan merasa bersalah atas perihal tersebut.

3. Hubungan yang Tidak Memuaskan

Ilustrasi hubungan yang bosan. Foto: Freepik.com/Freepik.

Pendapat lain menurut Adams mengatakan bahwa mimpi selingkuh lebih sering terjadi ketika hubungan tidak terasa memuaskan. Mengingat semakin lama suatu pasangan menjalin hubungan, maka akan berubah seiring berjalannya waktu.

Hal ini ditunjukkan dalam sebuah studi tahun 2021 yang menegaskan kepuasan hubungan sering kali menurun dalam beberapa tahun pertama. Menurut David Helfand, psikolog dan terapis pasangan di LifeWise, ia juga mengatakan mimpi tentang perselingkuhan banyak terjadi setelah melewati masa tergila-gila dalam suatu hubungan.

4. Takut Ditinggalkan

Ilustrasi pasangan takut ditinggalkan. Foto: Freepik.com/Freepik.

Arti lain dari mimpi tentang perselingkuhan, sangat berkaitan dengan rasa takut ditinggalkan oleh pasangan. Kekhawatiran ini adalah hal yang lumrah, terutama jika kamu pernah mengalami pengkhianatan, penolakan, atau pengabaian oleh orang yang dicintai.

Mimpi ini bisa terjadi sebagai penanda trauma masa lalu yang terulang kembali saat tidur. Wajar jika kamu merasa tidak aman dengan hubungan akibat trauma yang begitu menyakitkan di masa lalu.

Itu dia beberapa arti dari mimpi selingkuh menurut para ahli yang perlu kamu pahami. Meski bunga tidur ini tidak selalu menjadi pertanda yang nyata, melakukan terapi untuk mendapatkan kualitas tidur sangat diperlukan untuk menghindari mimpi buruk yang sering kali membuat tubuh dan pikiran terasa lelah.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)