Sering Diucapkan, 7 Kata Asing Ini Ternyata Singkatan! Ada OK hingga HVS

Salah satu alasan orang Indonesia suka menyingkat kata adalah agar lebih mudah diingat dan diucapkan. Biasanya, singkatan kata yang sering diucapkan dalam keseharian meliputi kata-kata umum, seperti nama makanan, nama tempat, nama benda, hingga kebiasaan. Meskipun hal ini tidak selalu menjadi patokan, namun hampir kebanyakan singkatan kata ditemukan pada jenis kata tersebut.

Kendati demikian, ternyata tidak hanya kata yang berasal dari bahasa Indonesia saja, lho, yang kerap dijadikan singkatan. Faktanya, kata asing yang berasal dari bahasa Inggris dan sering kita ucapkan ternyata juga ada yang merupakan singkatan.

Bahkan tidak sedikit orang Indonesia yang awalnya mengira kata-kata tersebut bukan merupakan singkatan. Hal ini karena pengucapan dan struktur katanya yang dianggap merupakan kata serapan dalam bahasa Indonesia.

Lantas, kata asing apa saja yang merupakan singkatan? Berikut 7 kata asing yang merupakan singkatan dan sering diucapkan. Check it out!

OK

Ok/Foto: Freepik/@benzoix

Kata asing pertama yang sering diucapkan dan ternyata merupakan singkatan adalah kata “OK”. OK merupakan singkatan dari “All Correct” yang jika diucapkan menjadi “Oll Korrect”.

Kata OK sendiri memiliki arti “Setuju”; “Ya”; atau “Baiklah”. Biasanya, kata OK digunakan ketika hendak menyetujui sesuatu atau untuk mengungkapkan rasa setuju.

Oli

Oli/Foto: Freepik/@aleksandarlittlewolf

Beauties, tahukah kamu? Kata oli yang sering kita ucapkan dan memiliki fungsi sebagai pelumas untuk setiap komponen mesin kendaraan agar tidak terjadi gesekan antarsuku cadang, ternyata merupakan singkatan dalam kata asing, lho!

Kata oli berasal dari singkatan “Oil Level Indicator” yang berarti “Indikator tingkatan minyak”. Singkatan kata oli ini ternyata belum diketahui oleh banyak orang.

Bagi yang kurang memahami tentang mesin dan kendaraan mungkin akan mengira oli berasal dari bahasa Indonesia. Pasalnya, kata oli juga sudah baku dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yang memiliki arti minyak pelumas (motor, mesin, dan sebagainya).

Robot

Robot/Foto: Pexels/Pavel Danilyuk

Di era teknologi ini, penggunaan robot sudah bukan lagi sebatas mainan anak-anak yang dijual di toko mainan. Tetapi, juga sudah menjadi teknologi yang bisa menggantikan sebagian pekerjaan manusia dengan mematuhi dan menerima perintah yang diberikan oleh manusia.

Dalam KBBI sendiri, robot memiliki tiga arti, yakni alat berupa orang-orangan dan sebagainya yang dapat bergerak (berbuat seperti manusia) yang dikendalikan oleh mesin; orang yang menurut saja perintah orang lain; orang yang bertindak tanpa pikiran  dan perasaan.

Kendati demikian, sebenarnya kata robot merupakan kata asing yang berasal dari singkatan, yaitu “Residents Official Board of Technology” yang artinya “Teknologi mesin bergerak yang dapat diperintah”.

WC

WC/Foto: Freepik/@nuraghies

Selanjutnya, WC. Hampir setiap hari kita menggunakan WC, baik di rumah maupun di tempat umum. Fasilitas yang berfungsi sebagai tempat pembuangan kotoran ini ternyata berasal dari singkatan. Singkatan dari WC adalah “Water Closet”. Sementara itu, orang juga menyebut WC sebagai toilet atau kakus.

HVS

HVS/Foto: Freepik/@atlascompany

Beauties, kamu pasti sudah tidak asing bukan dengan HVS? HVS merupakan salah satu jenis kertas yang paling sering digunakan karena mudah didapat dan harganya cukup terjangkau. Kendati demikian, tahukah kamu, Beauties? Kata HVS pada kertas HVS merupakan singkatan yang berasal dari bahasa Belanda, yaitu “Hout Virj Schrijfpapier” yang berarti “Kertas tulis bebas serat kayu”. 

Umumnya, kertas HVS terbuat dari bahan dasar bubur kertas tanpa campuran lignin atau perekat antarserat dalam pohon. Sehingga membuat kertas HVS tidak mudah berubah warna menjadi kekuningan apabila diletakkan di bawah sinar matahari. Sementara itu, ukuran pada kertas HVS tersedia dalam beragam jenis. Salah satu ukuran kertas HVS yang paling populer adalah ukuran A4.

CCTV

CCTV/Foto: Freepik/@fabrikasimf

Hampir kebanyakan tempat umum dilengkapi oleh CCTV. CCTV merupakan singkatan dari “Closed Circuit Television” yang artinya “Televisi sirkuit tertutup”. Ini merupakan bagian dari alat keamanan berbentuk kamera kecil yang berfungsi untuk mengawasi keadaan di sekitar lingkungan tertentu.

Biasanya, CCTV dapat ditemukan di berbagai tempat umum, seperti gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, restoran, halte, stasiun, bandara, dan masih banyak lainnya. Meskipun demikian, terkadang ada beberapa oknum tertentu yang menggunakan CCTV untuk tindakan kejahatan dengan memasangnya di dalam toilet dan kamar hotel. Oleh karena itu, selalu waspada dan tetap berhati-hati di mana pun kamu berada.

VIP

VIP/Foto: Freepik/@wavebreakmedia_micro

Menjadi tamu VIP untuk kegiatan tertentu, seperti pameran seni maupun acara olahraga serta kegiatan positif lainnya memang terdengar menyenangkan. Namun, tahukah kamu, Beauties? Tidak semua orang bisa menyandang gelar VIP karena VIP erat kaitannya dengan ketenaran dan kemewahan.

Hal ini karena VIP merupakan singkatan dari “Very Important Person” yang berarti “Orang yang menerima hak istimewa” atau “Orang yang lebih penting daripada orang-orang biasa”.

Sementara itu, dalam KBBI, VIP berarti naratama yang artinya orang yang diberikan pelayanan khusus, seperti ruangan, makanan, minuman, dan kebutuhan tambahan. Namun, apabila kamu menemukan kata VIP di suatu tempat maka itu artinya tempat tersebut merupakan tempat yang hanya dikhususkan untuk orang-orang penting atau orang yang sudah melakukan reservasi terlebih dahulu.

Nah, Beauties itulah tadi 7 kata asing yang merupakan singkatan. Adakah dari ketujuh kata tersebut yang baru kamu tahu?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)