Sering Disajikan saat Imlek, Kenali Manfaat Jeruk Mandarin dan Kuaci Putih yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Perayaan tahun baru Imlek 2024 jatuh pada 10 Februari mendatang. Ada banyak hal menarik dari perayaan masyarakat Tionghoa, salah satunya adalah kudapan khas Imlek. Dari banyak hidangan yang biasa disajikan saat perayaan Imlek, di antaranya yang cukup khas adalah jeruk Mandarin dan kuaci putih.

Mengutip dari laman detikBali, jeruk Mandarin yang memiliki bentuk bulat seperti mentari, diibaratkan sebagai simbol kebahagiaan yang menguntungkan. Bukan hanya itu, warna oranye pada buah ini juga dianggap berwarna emas sehingga menjadi sebuah simbol keberuntungan. 

Biasanya, orang Tionghoa memberikan jeruk Mandarin ini kepada sanak saudara dan keluarga untuk mendoakan kemakmuran dan kebahagiaan saat perayaan Imlek tiba.

Sementara kuaci putih, camilan kecil ini dipercaya oleh masyarakat Tionghoa sebagai simbol kesuburan untuk mendatangkan keturunan sehingga menjadi hidangan dalam perayaan Imlek.

Di samping itu, jeruk Mandarin dan kuaci putih ini juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan, lho, Beauties. Penasaran apa saja? Berikut deretan manfaat jeruk Mandarin dan kuaci putih yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti dikutip dari berbagai sumber.

Jeruk Mandarin

Jeruk Mandarin/Foto: Freepik/freepik

Menyadur dari laman Medical News Today, jeruk Mandarin berukuran sedang dengan berat kurang lebih 88 gram mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Di antaranya adalah kalori, karbohidrat, vitamin C, kalsium, folat, dan beta karoten.

Bukan hanya itu, buah yang memiliki nama latin citrus reticulata ini juga mengandung senyawa aktif lain yang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jeruk Mandarin merupakan buah jeruk yang menawarkan manfaat kesehatan karena kandungan vitamin C dan antioksidannya.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 2015 menunjukkan, fitokimia dan senyawa aktif dalam buah jeruk memiliki khasiat kesehatan yang bermanfaat sebagai antioksidan, anti-inflamasi, anti-kanker, pelindung kardiovaskular, dan pelindung saraf.

Dalam penelitian yang sama juga mencatat bahwa praktik pengobatan tradisional di beberapa negara Asia, termasuk Tiongkok, Jepang, dan Korea, menggunakan buah jeruk untuk mengobati berbagai penyakit. Seperti gangguan pencernaan, batuk, peradangan kulit, nyeri otot, hingga tekanan darah tinggi. Namun penting untuk dicatat bahwa bukti belum membuktikan semua efek ini. 

Penelitian tentang buah jeruk juga menunjukkan bahwa buah jeruk dapat membantu mencegah kanker kerongkongan dan mengurangi kejadian stroke di kalangan perempuan.

Kuaci Putih

Sering Disajikan saat Imlek, Kenali Manfaat Jeruk Mandarin dan Kuaci Putih yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh/Foto: Freepik/azerbaijan_stockers

Beauties pastinya sudah tahu bila kuaci berasal dari biji bunga matahari. Biji bunga matahari yang dipanen  terbungkus dengan cangkang bergaris hitam putih. Sedangkan biji bunga matahari berwarna putih memiliki tekstur yang lebih empuk. Dikenal karena rasanya yang khas dan nilai gizinya yang tinggi, kamu bisa memakan bijinya mentah, dipanggang, atau dimasukkan ke dalam hidangan lainnya.

Biji bunga matahari putih atau kuaci putih memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Melansir dari laman Fresh Elements Restaurant, kuaci putih kaya akan nutrisi seperti protein, serat dan lemak sehat.

Bukan hanya itu, camilan yang satu ini juga memiliki vitamin penting, termasuk vitamin E, magnesium, dan selenium. Vitamin dalam kuaci putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya.

Kuaci putih dapat digunakan dalam berbagai kuliner, termasuk sebagai topping salad, snack, atau bahan makanan yang dipanggang. Benih ini ideal bagi mereka yang memiliki pantangan makanan karena secara alami bebas gluten dan vegan. 

Karena biji-bijian ini rendah karbohidrat, kuaci putih merupakan pilihan makanan yang sangat baik dan tepat untuk yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat atau keto. 

Kuaci putih juga mengandung lemak sehat seperti asam linoleat. Yang mana, dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi peradangan, serta dapat menurunkan kadar kolesterol.

Biji bunga matahari juga mengandung serat makanan dalam jumlah tinggi. Sehingga, dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dengan menjaga usus tetap teratur dan mencegah sembelit.

Selain itu, kuaci putih  juga merupakan sumber magnesium yang baik. Ini adalah mineral penting yang membantu mengatur fungsi otot dan saraf serta mendukung kesehatan tulang.

Varietas bunga matahari putih mengandung serat tinggi dan lemak sehat. Hal ini meningkatkan perasaan kenyang dan menjadikannya pilihan makanan yang sangat baik untuk mengelola berat badan.

Manfaat lain yang dimiliki kuaci putih ini adalah kandungan vitamin E yang dimilikinya. Yang mana, kandungan tersebut dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Kandungan Ini juga dapat menghalangi penuaan dini dan kerutan.

Nah Beauties, itu dia deretan manfaat dari jeruk Mandarin dan kuaci putih yang baik untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)