Sering Begadang? 5 Hal Ini Bisa Terjadi pada Tubuh Jika Kurang Tidur

Ketika kamu kurang tidur, tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit dan kelelahan. Jika seseorang tidak tidur selama berhari-hari dapat mengganggu fungsi fisik dan mental.

Jika kurang tidur terus terjadi, kamu bisa meningkatkan risiko terkena kanker, diabetes, bahkan kematian dini yang tinggi.

Kurang tidur menyebabkan produksi kortisol dalam tubuh, yang lebih dikenal sebagai hormon stres.  Apa saja dampak kurang tidur yang terjadi pada tubuh kamu, jika dilakukan terus-menerus? Simak di sini, ya, Beauties!

1. Berat Badan Meningkat

Kadar ghrelin meningkat/ Foto: freepik.com/tirachardz

Dikutip dari Healthline, kurang tidur dapat menyebabkan berat badan bertambah. Ketika kamu tidak mendapatkan tidur yang cukup, kamu akan merasa lebih lapar.

Kurang tidur akan menurunkan kadar leptin, yaitu hormon yang membuat kamu merasa kenyang. Pada saat yang bersamaan, kamu meningkatkan kadar ghrelin, yang merupakan hormon pembuat lapar.

 

2. Meningkatkan Risiko Diabetes

Ilustrasi risiko diabetes/ Foto/; pexels.com/Nataliya Vaitkevich

Kurang tidur bisa meningkatkan risiko terkena diabetes, karena kondisi ini memengaruhi sebanyak apa makanan yang kamu makan dan bagaimana tubuh merespons insulin. 

Penelitian di Sleep Medicine Clinics pada 2015 menemukan penderita diabetes menunjukkan hubungan pola aktivitas seseorang di malam hari, dengan kadar kolesterol yang tidak sehat. 

3. Mood Berantakan

Mood berantakan/ Foto: freepik.com/gpointstudio

Orang yang sering begadang akan rentan terhadap masalah suasana hati yang buruk. Penelitian di Biomolecules Study menemukan, orang yang beraktivitas di malam hari cenderung mengalami kondisi gangguan mood hingga gangguan kepribadian.

Jika kamu begadang, maka akan kesulitan mengatur emosi. Dalam Journal of Biological Rhythms, para ilmuwan menemukan orang yang kurang tidur cenderung sulit melihat sesuatu yang positif daripada orang dengan durasi tidur cukup.

4. Tekanan Darah Tinggi

Periksa tekanan darah/ Foto: freepik.com

Tekanan darah tinggi adalah ketika suatu kondisi umum yang terjadi ketika kekuatan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi. Hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan serius jika tidak dikendalikan.

Kamu bisa membuat tekanan darah lebih stabil dengan menjaga rutinitas tidur yang konsisten. Tidak hanya pola tidur, hipertensi juga disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat atau kurangnya olahraga.

 

5. Kematian Dini

Mengantuk ketika berkendara/ Foto: freepik.com

Studi 2018 di The Journal of Biological and Medical Rhythm Research menunjukkan, orang yang suka begadang dan sulit bangun di pagi hari memiliki risiko 10 persen lebih tinggi meninggal cepat, dibandingkan dengan orang yang tidur cukup.

Selain itu, orang yang kurang tidur kurang dari enam jam setiap malam akan meningkatkan risiko kecelakaan, menurut National Sleep Foundation

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)