Serang 6 Anak Indonesia, Kenali Gejala Awal Mycoplasma Pneumonia

Penyakit Mycoplasma Pneumonia semakin merebak di beberapa negara. Jenis bakteri pneumonia sudah ada sejak lama dengan tingkat keparahan tidak melebihi Covid-19, influenza, dan pneumococcus.

Walaupun begitu, penyakit ini tetap harus diwaspadai. Dirjen P2P Kementerian Kesehatan RI Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS kasus Mycoplasma Pneumonia sempat meningkat di Tiongkok. Saat konferensi pers Update Mycoplasma Pneumonia, ia mengatakan “Di China ada peningkatan kasus (Mycoplasma Pneumonia) yang signifikan di mana rumah sakitnya banyak kedatangan pasienn yang diduga mycoplasma pneumonia. Sehingga kami membuat edaran ke seluruh Indonesia tentang kewaspadaan mycoplasma pneumonia”.

Bersama dengan itu, ia juga mengonfirmasi ada 6 kasus yang pernah terjadi di beberapa rumah sakit di Indonesia. Keenam pasien telah sembuh dan dipulangkan. “Setelah dikonfirmasi memang saat ini ada 6 kasus pneumonia mycoplasma yang pernah dirawat di beberapa rumah sakit. Yang 5 di RS Medistra dan yang 1 di rumah sakit JWCC”.

Gejala Awal Mycoplasma Pneumonia

Ilustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/kwanchaichaiudom

Agar lebih waspada, kamu pelu mengetahui gejala awal Mycoplasma Pneumonia, Beauties. Dokter Maxi mengungkapkan ada beberapa gejala awal infeksi yang sama dengan pada umumnya, “batuk, pilek, ada yang mulai terasa sesak. Dan rata-rata diawali dengan panas dan batuk sampai sesak ringan. Penjelasan juga ditambahkan oleh dr. Nastiti Kaswandani, Sp.A(K) bahwa batuk yang dialami cukup lama, yakni 2-3 minggu.

Ketahui selengkapnya di sini ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)