Sempat Viral Disebut Tak Gaji Karyawan, Kini Hamish Daud Umumkan Mundur dari Jabatan CMO Octopus

Beberapa waktu lalu, startup Octopus sempat ramai jadi sorotan. Hal ini bermula dari sejumlah warganet yang diduga pegawai Octopus, yang mengeluhkan tidak dibayarkan gajinya berbulan-bulan.

Mereka mengeluh dan menuliskan komentarnya di Instagram resmi milik Octopus.

Melansir CNBC Indonesia, sempat muncul juga sebuah utas di media sosial X tentang kasus tersebut. 

“Octopus itu platform yang dibangun Hamish Daud sama temen-temennya buat ngumpulin sampah bekas pakai. Ada yang pakai juga? Karyawan nggak dibayar, tapi malah jalan-jalan ini bang Hamish. Gimana ini?” tulis akun Twitter @muthiastp.

Akun X @muthiastp mengaku banyak warganet yang mengirim pesan langsung kepadanya. Para warganet yang diduga karyawan Octopus memberikan kabar bahwa Octopus sudah gulung tikar, belum membayar gaji karyawan selama 3 bulan, hingga soal Hamish Daud yang kabur saat dipertanyakan terkait hal ini. 

“Ada beberapa lagi yang DM, karyawannya sendiri. Dia bilang berita ini valid bahkan, semua hak mereka tertahan termasuk BPJS kesehatan nggak bisa diakses karena perusahaan masih nunggak bayarnya,” katanya.

Kini Hamish Daud Mundur dari Jabatan CMO di Octopus

Hamish Daud umumkan telah mundur dari jabatan CMO di Startup Octopus/Foto: Octopus

Sebagai informasi, Octopus adalah sebuah platform sirkular ekonomi pertama yang membantu produsen untuk melacak dan mengumpulkan sampah bekas pakai agar tidak berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Octopus telah beroperasi di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Makassar, Denpasar, Badung, Gianyar, Jakarta, Bandung, hingga Depok dan Kota Bogor. 

Di dalam perusahaan ini, ada beberapa nama yang terlibat, ada Moehammad Ichsan sebagai CEO, Dimas Ario sebagai Chief Peope & Culture, dan Hamish Daud sebagai Chief Marketing Officer. 

Setelah sempat ramai terkait Octopus yang disebut gulung tikar, kini dalam laman Instagramnya, Hamish Daud sebagai CMO mengumumkan telah mundur dari jabatannya. 

“Empat tahun terakhir saya telah terjun di sebuah perusahaan startup bernama Octopus untuk memberikan dampak positif terhadap lingkungan,” tulis Hamish.

“Dengan berat hati saya mengumumkan bahwa hari ini adalah hari terakhir saya sebagai CMO/Co-Founder,” lanjutnya. 

Hamish Daud mengenalkan platform digital daur ulang sampah miliknya, Octopus di Gedung Sate.Hamish Daud mengenalkan platform digital daur ulang sampah miliknya, Octopus di Gedung Sate./ Foto: Rifat Alhamidi/detikJabar

Namun, terkait alasan kemundurannya dari jabatan CMO ini, Hamish Daud enggan mengatakan lebih lanjut. Ia hanya mengatakan, jika itu alasan pribadinya.

“Saya akan mengundurkan diri dari posisi saya di Octopus karena alasan pribadi saya,” jelasnya. 

Dalam unggahannya tersebut, suami dari Raisa ini juga mengungkapkan keyakinannya jika Octopus akan kembali bangkit dan bermanfaat. 

“Saya yakin perusahaan ini akan bangkit kembali dan memberikan dampak lingkungan yang besar lagi dalam waktu dekat,” pungkasnya. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)