Selain Air Putih, 5 Minuman Ini Bisa Menghancurkan Batu Ginjal Secara Alami!

Menurut Kementerian Kesehatan, batu ginjal adalah endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal. Batu ginjal bisa terasa sangat menyakitkan.

Beberapa gejala batu ginjal antara lain berupa nyeri pada punggung bagian bawah, urine berdarah, mual, demam, atau urine keruh.

Dilansir dari CNN Indonesia, ada beberapa minuman yang bisa menghancurkan batu ginjal secara alami selain air putih. Apa saja? Langsung simak di bawah ini!

1. Jus Lemon

Ilustrasi jus lemon/Foto: Unsplash.com/Milo McDowell

Jus lemon ternyata dapat membantu menghancurkan batu ginjal. Hal ini dikarenakan buah lemon mengandung asam sitrat yang dapat memecah batu ginjal dengan membentuk garam sitrat yang larut.

Selain itu, kandungan asam sitrat juga dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. 

2. Cuka Sari Apel

Ilustrasi cuka sari apel/Foto: Unsplash.com/Towfiqu barbhuiya

Cuka sari apel ternyata juga dapat membantu menghancurkan batu ginjal. Hal ini karena cuka sari apel mengandung asam fosfat, asetat, dan sitrat yang dapat membantu mengurangi ukuran batu ginjal dan memecah jaringan pembentuk batu ginjal.

Sementara itu, Summit Medical Clinic menganjurkan untuk meminum cuka sari apel yang diencerkan dengan air, agar tidak membakar tenggorokan atau merusak enamel gigi.

3. Jus Seledri

Ilustrasi jus seledri/Foto: Unsplash.com/Alex Lvrs

Tahukah Beauties, ternyata seledri juga digunakan dalam beberapa pengobatan tradisional sebagai obat batu ginjal. 

Sementara itu, sebuah penelitian juga menemukan bahwa rata-rata partisipan perempuan penderita batu ginjal makan lebih sedikit seledri dibandingkan partisipan perempuan tanpa batu ginjal.

Tak hanya itu, studi tahun 2019 pada tikus juga menemukan, bahwa ekstrak seledri dapat membantu memecah batu ginjal. 

4. Jus Basil

Ilustrasi daun basil/Foto: Unsplash.com/Rob Pumphrey

Untuk menghancurkan batu ginjal, kamu juga dapat mengonsumsi jus basil. Secara tradisional, orang-orang menggunakan jus basil untuk mengatasi gangguan pencernaan dan peradangan.

Sementara itu, studi tahun 2020 pada tikus disebut dapat membantu mendukung fungsi ginjal. Meskipun begitu, masih diperlukan lebih banyak penelitian tentang manfaat ini pada manusia. 

5. Jus Delima

Ilustrasi jus delima/Foto: Unsplash.com/Sahand Babali

Jus delima mengandung antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Selain itu, beberapa orang meyakini bahwa jus delima dapat membantu mencegah batu ginjal. 

Namun, menurut National Kidney Foundation, hal tersebut tidak memengaruhi pencegahan batu ginjal. Tapi tidak ada salahnya jika kamu mencoba meminum satu atau dua porsi jus delima setiap harinya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)