Sebelum Asyik Liburan, Lakukan 5 Cara Ini agar Koper Tidak Mudah Hilang Saat di Bandara!

Saat bepergian melalui jalur udara, kamu perlu check in dan menempatkan tas atau koper di bagasi bandara. Namun, lonjakan penumpang saat mendekati liburan terkadang menimbulkan sejumlah masalah, seperti perubahan jadwal penerbangan, bagasi yang tidak berjalan karena tumpukan koper, hingga menyebabkan beberapa koper rusak, tertukar, bahkan hilang.

Tentu kamu tidak ingin masalah tersebut menimpamu, bukan? Oleh karena itu, simak beberapa cara berikut ini agar koper kamu tidak mudah hilang saat berada di bandara. Simak!

1. Tempelkan Stiker, Nama dan Nomor HP

Stiker di koper/Foto: Freepik/photology1980

Menghiasi koper dengan stiker dapat memudahkan kamu untuk mengenali koper milikmu di antara banyaknya koper lain di bandara. Meskipun setiap koper yang masuk bagasi bandara pasti diberikan label, namun terkadang label tersebut mudah hilang dan lepas dari koper.

Karena hal inilah, kejadian koper tertukar dan hilang sering terjadi di bandara. Untuk mengatasinya, tempelkan nama dan nomor handphone untuk memudahkan orang atau petugas menghubungimu dengan mudah dan cepat saat koper kamu hilang.

2. Catat dan Bawa Barang Seperlunya

Catat dan bawa barang seperlunya/Foto: Freepik/pressfoto

Mencatat dan membawa barang seperlunya dapat memudahkan kamu selama liburan. Meski begitu, kamu perlu memikirkan kembali untuk menyimpan barang berharga di dalam koper.

Untuk menyiasatinya, simpan barang berharga di tas ransel atau backpack agar bisa kamu bawa kemanapun dengan mudah. Catatan barang bawaan juga sangat membantu untuk mengecek kembali isi koper yang sempat hilang atau rusak.

3. Gunakan Koper Genggam

Koper genggam/Foto: Freepik/stocking

Menggunakan koper genggam dapat mengurangi waktu check in saat di bandara sehingga kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengantri di bagian bagasi.

Ukuran koper genggam yang tidak terlalu besar juga dapat mudah kamu bawa saat kondisi bandara penuh menjelang musim liburan. Dengan demikian, kopermu bisa lebih aman.

4. Foto Bagian Luar dan Dalam Koper

Foto bagian luar dan dalam koper/Foto: Freepik

Foto dapat dijadikan barang bukti atau bahan acuan untuk menemukan koper yang hilang. Meski terkadang hal ini sering diabaikan, sebaiknya kamu perlu memfoto bagian luar dan dalam koper untuk berjaga-jaga apabila suatu saat koper hilang di bandara.

Oleh karena itu, simpan dengan baik foto tersebut hingga liburan selesai, ya. Apabila memungkinkan, buat folder khusus untuk menyimpan foto tersebut.

5. Gunakan Jasa Kurir Koper

Jasa kurir koper/Foto: Freepik/rawpixel.com

Jasa kurir koper bisa dijadikan pilihan saat kamu ingin liburan dalam jangka waktu yang cukup lama. Kondisi tersebut tentu mengharuskan kamu untuk membawa banyak barang yang dikemas dalam beberapa koper. Apabila kamu takut koper hilang saat di bandara, kamu dapat menggunakan jasa kurir koper.

Dengan menggunakan jasa ini, kamu tak perlu lagi menunggu lama di bagian bagasi untuk mengambil koper karena koper kamu akan dikirimkan dari rumah ke destinasi tujuan dengan aman.

Meski terdengar cukup asing, jasa kurir koper punya sistem yang hampir sama dengan pengiriman barang pada umumnya.

Nah, itulah lima cara yang dapat kamu lakukan agar koper tidak mudah hilang saat di bandara. Apabila kamu kehilangan koper, segera lapor ke pihak maskapai dan tinggalkan kontak yang bisa dihubungi agar kamu bisa mendapatkan informasi keberadaan koper secara berkala.

Apabila kamu memiliki asuransi perjalanan atau asuransi umum yang menanggung kehilangan koper, segera laporkan kejadian ini ke pihak asuransi untuk mendapatkan bantuan dan kompensasi di luar pihak maskapai. Semoga informasi ini membantu, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)