Saat Libur Ketemu Keluarga yang ‘Kepo’ dan ‘Toxic’? Lakukan Ini Biar Liburanmu Tetap Asik

Libur panjang tentu saja menjadi momen yang dinantikan setiap orang, Beauties! Kamu bisa istirahat sejenak dari kepadatan aktivitasmu yang penuh deadline.

Namun long weekend juga bisa jadi hal yang mengerikan kalau harus berhadapan dengan anggota keluarga yang tergolong toxic. Dikutip dari penelitian psikologi Stephanie Sarkis yang terangkum dalam situs Psychology Today, begini tips dan trik ampuh mengatasinya!

1. Cukup Dengarkan, Tidak Wajib Beri Argumen

Momen liburan ketika kamu harus duduk bersama saat acara makan bersama keluarga, bepergian ke tempat wisata bersama, mungkin ada anggota keluarga yang memberi komentar tentang pekerjaan dan aktivitasmu saat ini.

Bahkan mungkin ada yang meremehkan pencapaianmu saat ini dan mulai membandingkan dirimu dengan orang lain, hingga ‘kepo’ menggali statusmu saat ini, seperti sudah menikah belum, mengapa memilih bekerja di perusahaanmu saat ini.

Nggak semua komentar wajib kamu respon dengan argumen dan menentukan siapa pemenangnya, Beauties. Tapi kamu cukup mendengarkan. Setelah itu kamu tetap perlu memfilter mana yang perlu kamu dengarkan dengan serius sebagai masukan dan mana yang perlu kamu abaikan biar mood kamu nggak hancur di momen liburan, Beauties!

2. Berempati dengan Anggota Keluarga yang Terkesan Meremehkanmu

Berempati dengan Anggota Keluarga yang Terkesan Meremehkanmu/Foto: Freepik.com/Freepik

Memang bukan hal mudah untuk berempati pada orang yang sudah meremehkanmu atau terus menerus memberikan penilaian negatif tentangmu, Beauties. Tapi daripada kamu terus menerus larut dalam rasa kecewa dan nggak bisa menikmati liburan, lebih baik kamu tanamkan pemikiran kalau saat ada anggota keluarga yang sibuk mengusik kondisimu saat ini dan selalu ‘kepo’ menggali hal negatif dari dirimu, seperti kekuranganmu secara terus menerus hingga kamu tidak nyaman, maka kamu dapat coba berempati.

Contohnya, mungkin anggota keluarga tersebut juga sedang memiliki masalah dan ia ingin terlihat lebih keren dari dirimu maka ia terus mengajukan pertanyaan yang terkesan meremehkanmu dan memberikan banyak nasihat yang kesannya mengguruimu.

3. Mengobrol dengan Siapa Saja, tapi Kamu Berhak Memberi Batasan

Mengobrol dengan Siapa Saja, tapi Kamu Berhak Memberi Batasan/Foto: Freepik.com/dragonimages

Beauties, kamu tentu boleh saja bercerita dengan siapa pun anggota keluarga yang ada bersamamu saat momen liburan. Tapi, kamu juga berhak memilih dan tidak dilarang untuk menentukan topik mana yang ingin kamu ceritakan dan bagikan dengan mereka serta topik mana yang tidak ingin kamu ceritakan kepada anggota keluargamu.

Pilihannya tentu ada pada dirimu ya, Beauties. Jangan karena merasa nggak enakan, jadi kamu memaksa diri untuk bercerita apa pun padahal kamu tidak ingin membagikan cerita tersebut.

4. Miliki Koneksi yang Akrab dengan Anggota Keluarga yang Suportif

Miliki Koneksi yang Akrab dengan Anggota Keluarga yang Suportif/Foto: Freepik.com/Freepik

Berteman dan berinteraksi tentu boleh dengan siapa saja, Beauties tapi untuk menjadi akrab atau dekat tentu koneksi yang positif wajib jadi pilihan kamu. Termasuk dalam hubungan dengan anggota keluarga. Ketika kamu merasa nyaman untuk berbagi cerita dengan anggota keluarga yang suportif, maka kamu dapat bebas bercerita dan belajar saling berbagi dan mendengarkan satu sama lain. 

Lingkaran keluarga yang positif juga akan memberikanmu energi yang positif dan liburanmu bisa jadi momen untuk recharge energi, Beauties. Hal ini juga bisa menjadi sinyal atau contoh untuk anggota keluarga yang lain untuk punya vibes yang positif dan suportif, sama seperti dirimu.

Oke, Beauties itu tadi berbagai tips yang dapat kamu coba untuk tetap enjoy momen libur panjang kamu! Jadikan liburan kamu lebih ceria dan positif ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)