Rutin Konsumsi 1 Jenis Teh Ini Setiap Hari, Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan!

Bagi sebagian orang, menurunkan berat badan adalah hal yang sangat sulit. Beauties juga mungkin saja sudah sering mencoba diet, tapi tidak kunjung berhasil. Meski begitu, jangan langsung patah semangat karena masih ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal!

Salah satu cara paling mudah adalah dengan mengonsumsi teh hitam. Jenis teh yang satu ini memang bukan suplemen khusus untuk penurun berat badan. Namun, sejumlah hasil studi menunjukkan bahwa teh hitam mengandung senyawa yang berperan dalam pengelolaan berat badan.

Nah, agar lebih jelas yuk simak terlebih dahulu sederet manfaat teh hitam untuk menurunkan berat badan sebagaimana dilansir dari HealthifyMe. Simak!

1. Meningkatkan Metabolisme

Meningkatkan metabolisme/ Foto: Pexels.com/Miriam Alonso

Teh hitam mengandung kafein yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Laju metabolisme yang mengalami peningkatan akan membuat tubuh dapat membakar lebih banyak kalori, bahkan ketika sedang istirahat. Inilah yang pada akhirnya berperan dalam membantu menurunkan berat badanmu. 

2. Mengurangi Lemak Tubuh

Mengurangi Lemak Tubuh/ Foto: Freepik.com/freepik

Selain kafein, teh hitam juga mengandung katekin. Menariknya, sejumlah penelitian menemukan bahwa kandungan ini dapat membantu mengurangi lemak, khususnya lemak yang terdapat pada bagian perut. Tak heran, jika teh hitam bisa jadi cara simpel yang wajib kamu coba untuk menurunkan bobot tubuh sekaligus mengecilkan perut buncit. 

3. Meningkatkan Oksidasi Lemak

Meningkatkan oksidasi lemak/ Foto: Freepik.com/KamranAydinov

Tidak hanya mengurangi lemak, teh hitam juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengoksidasi lemak. Hal ini berkat senyawa katekin, antioksidan, hingga flavonoid yang ditemukan dalam teh hitam. Nah, oksidasi ini bisa membantu membakar lemak secara lebih cepat yang pada akhirnya turut berperan dalam menurunkan berat badan. 

4. Membantu Sistem Pencernaan

Membantu sistem pencernaan/ Foto: Freepik.com/pvproductions

Sebuah bukti penelitian menunjukkan adanya kaitan antara senyawa teh dengan mikrobioma usus. Secara khusus, teh hitam juga dipercaya sebagai probiotik yang bisa membantu proses pencernaan.

Lebih lanjut, para ahli kesehatan bahkan menilai teh hitam bisa memberi dampak terhadap penurunan berat badan. Hal itu karena teh ini rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol maupun lemak jenuh. 

Cara Membuat Teh Hitam untuk Menurunkan Berat Badan

Cara membuat teh hitam untuk menurunkan berat badan/ Foto: Pexels.com/Lisa Fotios

Setelah mengetahui manfaatnya, Beauties juga wajib tahu nih cara membuat teh hitam agar bisa bermanfaat dalam menurunkan berat badan.

  • Pertama, kamu tentu harus menyiapkan teh hitam, baik dalam bentuk kantung teh maupun daun teh. Setelah itu, seduh dengan air mendidih lalu rendam sekitar 3 hingga 5 menit.
  • Angkat kantung teh atau saring daun tehnya sebelum kamu konsumsi. Nah, hal paling penting agar teh hitam bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan adalah kamu jangan menggunakan tambahan pemanis maupun susu. Sebab, hal ini dapat menambah jumlah kalori.
  • Sebagai penambah rasa, kamu bisa menggunakan perasan lemon maupun tambahan jahe. Adapun mengenai waktunya, kamu bisa rutin minum teh hitam setiap hari pada pagi maupun sore hari. Hindari konsumsi teh ini pada malam hari karena bisa menganggu waktu tidur akibat kandungan kafeinnya. 

Demikian seputar teh hijau yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Selamat mencoba khususnya bagi kamu yang ingin punya tubuh ideal, tapi tidak ingin repot melakukan diet. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)