Resmi Ditarik BI, Uang Koin 1.000 Kelapa Sawit Kini Dijual hingga Rp100 Juta di Toko Online

Bank Indonesia (BI) resmi mencabut peredaran uang koin 1.000 bergambar pohon kelapa sawit, lewat Peraturan BI (PBI) Nomor 14 Tahun 2023. 

BI menjelaskan, pencabutan dan penarikan uang rupiah logam tersebut dilakukan dengan pertimbangan antara lain masa edar yang cukup lama dan perkembangan teknologi bahan/material uang logam. 

Namun, bagi masyarakat yang masih memiliki uang rupiah logam tersebut, masih diperbolehkan menukar ke BI sesuai aturan yang berlaku. Adapun waktu penukarannya 10 tahun sejak dinyatakan ditarik dari peredaran. 

Kini Banyak Dijual di Toko Online

Uang 1.000 resmi ditarik Bank Indonesia, kini banyak dijual di toko online/Foto: Getty Images/iStockphoto/Agus Subianto

Setelah resmi ditarik BI dari peredaran, uang koin edisi lama ini sudah banyak dijual di toko online.

Di salah satu toko online bernama e-s**** h*****, menjual uang koin keluaran 1993 bergambar kelapa sawit ini seharga Rp100 juta per koinnya. 

“Kondisi mulus terawat baik, koleksi original Bank Indonesia emisi tahun 1993 material chrome nickel, solid bronze, berat 8,60 gram,” tulis keterangan toko tersebut, dikutip dari detikFinance, Senin (4/12/2023).

Disamping itu, lapak lainnya juga ada yang menjual koin 1.000 yang sama, dengan harga Rp98,7 juta per koinnya. Dalam deskripsi toko, uang tersebut diyakini jika uang asli. 

“Uang koin Rp 1.000 kelapa sawit tahun 1993, sangat cocok untuk menambah koleksi. Penting! ini adalah uang asli, harga yang tertera merupakan harga satuan atau per koin yang bernilai Rp 1.000,” jelas toko tersebut.

Ditemukan juga variasi harga dari beberapa toko online lain, dari mulai Rp50 jutaan, 5 jutaan, sampai harga Rp1 jutaan. 

Tanggapan BI Usai Uang Koin 1.000 Ramai Dijual di Toko Online
Ilustrasi uang logam rupiah 1000

Uang 1.000 resmi ditarik Bank Indonesia, kini ada banyak dijual di toko online/Foto: Getty Images/iStockphoto/Deni Sutani

Menanggapi fenomena ini, BI mengatakan jika penjualan uang yang telah ditarik dari peredaran memang diperbolehkan. Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan uang tersebut sudah menjadi barang koleksi untuk sebagian orang.

“Boleh saja. Mungkin uang-uang itu sudah jadi collectible items,” kata Erwin kepada detikcom.

Terkait harga ada yang ditawarkan mencapai Rp 100 juta, Erwin mengatakan bisa saja hal itu terjadi karena semakin sedikitnya barang tetapi permintaannya meningkat.

Lantas, bagaimana cara menukar uang Rp1.000 ke BI, untukmu yang masih punya? Baca selengkapnya di sini. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)