Ratu Camilla Menawan Kenakan Tiara Ratu Elizabeth II di Jamuan Kenegaraan Korea Selatan

Ratu Camilla mendampingi Raja Charles saat menghadiri perjamuan kenegaraan di Istana Buckingham. Acara ini diselenggarakan untuk menghormati kunjungan kenegaraan Presiden Republik Korea Yoon Suk Yeol dan Kim Keon Hee ke Inggris. Queen Consort bergabung dengan Pangeran William, Kate Middleton dan anggota keluarga kerajaan lainnya.


Ratu Camilla saat hadir dipenjamuan kenegaraan Korea Selatan/Foto: Instagram/theroyalfamily

Istri Raja Charles III ini terlihat menawan dan anggun dalam balutan red velvet dress dari Fiona Clare. Penampilannya disempurnakan dengan diamond Burmese tiara, kalung, dan anting yang bertahta rubi dan berlian. Perhiasan yang dikenakan oleh Queen Camilla ini adalah koleksi milik mendiang Ratu Elizabeth II. Hal ini diungkapkan oleh Lauren Kiehna pendiri The Court Jeweller pada People.

Pemilihan perhiasan Queen Camilla juga dipuji oleh Kiehna sebagai pilihan yang tepat karena mengandung banyak sejarah serta warna merah merupakan salah satu warna nasional Korea Selatan.

“Pilihan Camilla atas dua buah rubi dari brankas kerajaan adalah pilihan yang tepat, mengingat merah adalah salah satu warna nasional Korea Selatan. Dia menghubungkan perhiasan dari dua masa pemerintahan, mengenakan perhiasan langka tiara yang dipesan oleh Ratu Elizabeth II dengan kalung yang dirancang lebih dari satu abad sebelumnya oleh Pangeran Albert untuk Ratu Victoria. Kesatuannya adalah pelajaran sejarah kerajaan dalam bentuk perhiasan!” ungkapnya.

Sejarah Tiara Rubi Ratu Elizabeth II

Tiara Ratu Elizabeth II /foto: Instagram/theroyalfamily

Tiara rubi yang dikenakan Ratu berusia 76 tahun itu dibuat oleh jeweler Garrard pada tahun 1973. Menurut The Court Jeweller tiara itu terbuat dari kombinasi berlian dan rubi yang diterima oleh Ratu Elizabeth II sebagai hadiah pernikahannya dengan Pangeran Phillip pada 1947. Batu rubi yang berasal dari Burma dipadukan dengan berlian Nizam Hyderabad Tiara yang telah didekonstruksi.

Tiara Ratu Elizabeth II
Tiara Ratu Elizabeth II /foto: Instagram/theroyalfamily

Batu rubi yang tersusun di tiara tersebut berjumlah 96 buah. Jumlah itu merupakan isyarat simbolis untuk melindungi pemakaiannya dari 96 penyakit yang menimpa manusia.

Dalam budaya Burma batu rumba dipercaya dapat melindungi dari penyakit dan kejahatan. Rubi dan berlian disusun dalam rangkaian motif mawar yang terinspirasi dari Tudor Rose yang merupakan bunga bunga Nasional Inggris dalam sejarah War of the Roses.

Tiara rubi ini pernah dikenakan oleh Ratu Elizabeth II  ke berbagai Perjamuan Kenegaraan. Salah satunya adalah ketika Presiden AS Donald Trump berkunjung pada bulan Juni 2019 dan ketika Presiden Roh Moo-Hyun dari Korea Selatan berkunjung pada tahun 2004.

 ***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)