Rasakan Tubuh Mendadak Lemas Setiap Habis Makan, Ternyata Ini 8 Penyebabnya!

Beauties pernah merasa lemas dan mengantuk setelah makan? Sebenarnya hal itu lumrah terjadi, terutama setelah jam makan siang. Kondisi itu disebut dengan istilah food coma. Umumnya, food coma dapat terjadi karena tubuh berupaya mencerna jenis makanan tertentu atau ukuran porsi makanan yang lebih besar dari biasanya.

Meskipun normal dialami banyak orang, badan yang sering terasa lemas setelah makan bisa menjadi gejala awal dari masalah kesehatan. Selain itu, rasa lemas ini dapat mengganggu kenyamanan dan produktivitas kamu, lho.

Nah, kira-kira apa sebenarnya penyebab tubuh mendadak lemas setelah makan? Berikut penjelasannya yang telah dikutip dari Health.

1. Makan dengan Porsi Besar

Makan dengan porsi besar/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Mengonsumsi makanan dalam porsi yang terlalu besar bisa menjadi salah satu penyebab paling umum tubuh terasa lemas dan mengantuk. Sebab, tubuh perlu lebih banyak energi untuk mencerna makanan tersebut.

Selain itu, porsi makan yang terlalu besar dapat menghasilkan kadar gula berlebih dalam tubuh. Sehingga membuat tubuh merasa cepat lelah dan lemas setelah menyantap makanan.

2. Kadar Gula Darah yang Tinggi

Makanan karbohidrat olahan/ Foto: Freepik.com/azerbaijan-stockers

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, terutama karbohidrat olahan, seperti makanan cepat saji, makanan bertepung, pasta, dan roti mengandung gula tambahan yang harus dihindari.

Mengonsumsi terlalu banyak makanan manis dapat meningkatkan kadar gula dalam darah secara cepat. Beauties juga bisa merasa lemah setelah makan jika kadar gula darah terlalu tinggi atau turun terlalu rendah.

Untuk mencegah hal tersebut, Beauties lebih disarankan untuk mengonsumsi sumber karbohidrat kompleks atau tinggi serat, seperti oatmeal, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah-buahan.

3. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Makanan tinggi protein/ Foto: Freepik.com/freepik

Konsumsi protein memang penting untuk kinerja dan fungsi tubuh sehari-hari. Kelebihan asupan protein dapat meningkatkan kebutuhan cairan tubuh.

Sehingga, membuat tubuh kekurangan cairan yang dapat berpengaruh pada sistem pencernaan, kesehatan tulang dan ginjal. Hal ini yang justru akan membuat tubuh jadi mudah lemas dan lelah setelah makan.

4. Minum Alkohol
Ilustrasi alkohol/Foto: Freepik.com/freepik

Ilustrasi alkohol/Foto: Freepik.com/freepik

Konsumsi alkohol dapat mengganggu sistem saraf pusat, sehingga berdampak pada keterlambatan aktivitas otak. Alkohol bisa menjadi salah satu penyebab masalah kesehatan pada tubuh. Oleh karena itu, efek alkohol bisa membuat perasaan lebih lelah, mengantuk, dan pusing.

Apalagi jika kamu mengonsumsi alkohol secara berlebihan, yang mana bisa membuat kamu merasa lemas setelah makan.

5. Kualitas Tidur yang Buruk

Kualitas tidur yang buruk/ Foto: Freepik.com/lookstudio

Seseorang yang memiliki kualitas tidur yang tidak nyenyak dan waktu tidur kurang dari tujuh jam dapat memengaruhi aktivitas di sepanjang hari.

Maka dari itu, orang yang kurang tidur akan lebih mudah merasa lemas dan mengantuk setelah makan. Apalagi jika kamu makan terlalu banyak sampai merasa kenyang. Kamu pun cenderung merasa butuh istirahat dan tidur sejenak.

6. Kurang Aktivitas Fisik

Kurang aktivitas fisik/ Foto: Freepik.com/tirachardz

Malas berolahraga dan kurang aktivitas fisik dapat membuat tubuh mudah lelah. Berolahraga secara teratur tidak hanya dapat membuat tubuh lebih sehat, tapi juga mampu menjaga tubuh dari rasa lelah dan kantuk setelah makan.

Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang rutin berolahraga dapat meningkatkan energi dan mengurangi rasa lemas.

7. Kurang Nutrisi

Buah-buahan/ Foto: Freepik.com/jcstudio

Vitamin dan mineral berperan penting untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh. Pastikan untuk memenuhi asupan nutrisi sehari-hari, terutama vitamin B & C, zat besi, magnesium dan seng yang sangat diperlukan tubuh.

Nutrisi tersebut dapat membantu memproduksi energi. Sementara, orang yang kekurangan nutrisi dapat mengalami peningkatan kelelahan setelah makan.

8. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan/ Foto: Freepik.com/jcomp

Seseorang yang menyantap makanan terlalu banyak, maka metabolisme tubuh membutuhkan waktu dan energi untuk mencerna makanan yang baru dikonsumsi.

Ketika kamu mengalami gangguan penyerapan di saluran cerna, sumber energi tersebut tidak bisa terserap sempurna. Alhasil, tubuh menjadi lemas dan mudah lelah.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)