Rasakan 7 Tanda Ini Pada Tubuh, Artinya Kamu Kurang Aktif Bergerak Lho Beauties!

Bagi kaum rebahan, mager atau malas gerak sering kali sudah menjadi kebiasaan atau gaya hidup. Padahal, kurang gerak bisa menimbulkan beragam masalah kesehatan. Karena tubuh kita tidak dirancang untuk diam dalam jangka waktu panjang. 

Melansir dari laman WebMD dan Real Simple, berikut beberapa tanda jika tubuh kurang gerak, dari mudah lupa hingga bad mood. Simak!

1. Sembelit

Ilustrasi orang sembelit/Foto: Freepik.com/jcomp

Siapa sangka, ternyata kurang gerak juga bisa menyebabkan sembelit. Ketika kamu sering bergerak, usus besar juga bergerak lebih banyak, sehingga lebih mudah untuk buang air besar. 

Tonus otot yang sehat di perut dan diafragma juga merupakan kunci untuk memindahkan limbah melalui saluran pencernaan. 

2. Merasa Kelelahan

Ilustrasi perempuan yang merasa lelah/Foto: Freepik.com/jcomp

Kelelahan bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti stres, pola makan yang buruk, dan ketidakseimbangan hormon. Namun, kelelahan juga bisa jadi tanda kurang gerak. Semakin banyak kamu berdiam diri, maka kamu semakin merasa lelah. 

Hal ini dapat terjadi karena tubuh (jantung, paru-paru, otot) sedang mengalami ‘dekondisi’, yang bisa terjadi selama beberapa hari. 

3. Susah Tidur

Ilustrasi perempuan yang susah tidur/Foto: Freepik.com/jcomp

Salah satu tanda tubuh kurang gerak ialah jadi susah tidur. Padahal, tidak cukup tidur bisa menyebabkan masalah metabolisme, melemahkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko kematian dini, dan banyak lagi. 

Semakin lama kamu tidak aktif, maka kualitas tidurmu akan semakin terganggu. Selain itu, sebuah meta-analisis juga menemukan, bahwa kebiasaan duduk berlebihan bisa meningkatkan kemungkinan insomnia. 

4. Mudah Lupa

Ilustrasi perempuan yang sedang lupa/Foto: Freepik.com/benzoix

Kurang gerak juga bisa berpengaruh pada otak, sehingga membuat seseorang menjadi mudah lupa. Menurut penelitian PLOS One, duduk berjam-jam dapat menyebabkan berkurangnya ketebalan lobus temporal medial, yaitu area otak yang bertanggung jawab untuk memori. 

Perubahan otak ini juga menjelaskan, mengapa kamu jadi pelupa di saat kamu juga rebahan.

5. Nyeri Sendi dan Kaku

Ilustrasi nyeri sendi/Foto: Freepik.com/jcomp

Sendi yang nyeri dan sulit digerakkan terkadang bisa menjadi tanda kondisi peradangan seperti radang sendi atau penyakit autoimun. Namun, persendian juga bisa menjadi kaku jika kamu kurang gerak. 

6. Bad Mood

Ilustrasi perempuan yang bad mood/Foto: Freepik.com/cookie_studio

Kurang gerak tak hanya berdampak pada kesehatan fisik, namun juga menurunkan kesehatan mental. Kurang gerak dapat meningkatkan perasaan cemas dan depresi.

Aktivitas fisik secara teratur seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda, atau berenang, dapat meningkatkan dan menstabilkan suasana hati.

7. Sering Sakit

Ilustrasi perempuan yang sedang sakit/Foto: Freepik.com/benzoix

Jika kamu sering sakit, bisa jadi itu juga termasuk tanda bahwa kamu kurang gerak. Penelitian menunjukkan, semakin banyak aktivitas moderat yang dilakukan, maka semakin rendah peluang terkena flu atau kuman lainnya. 

Ketika kamu menjadikan olahraga sebagai kebiasaan, maka sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih kuat. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)