Punya Teman Toxic? Ini Cara Elegan Orang dengan Kecerdasan Emosional Tinggi untuk Menghadapinya

Manusia terlahir dengan berbagai sifat dan karakter. Dalam hidup ini, kamu tentu akan bertemu dengan beragam kepribadian manusia, salah satunya yang bersifat toxic atau beracun.

Menghadapi orang toxic terkadang bisa membuat kita stres hingga pusing sendiri. Tak jarang aksi dari orang toxic ini bisa memunculkan masalah baru. Jika tidak dihadapi dengan tepat, bisa jadi kamu terkena dampak negatifnya, Beauties!

Namun, orang dengan kecerdasan emosional tinggi punya cara tersendiri untuk menghadapi orang toxic. Dirangkum dari Forbes dan Inc, berikut cara elegan untuk menghadapi orang toxic!

Menetapkan Batasan

Foto : pexels.com/LizaSummer

Ada garis tipis antara bersikap ramah dan membiarkan seseorang membuat kamu jadi terperdaya dan tersulut emosi ketika berhadapan dengan mereka yang toxic. Seseorang dengan kecerdasan emosional tinggi tidak akan membiarkan orang toxic mengontrol dirinya. Jadi, mereka akan dengan tegas menetapkan batasan.

Jika orang toxic tersebut adalah orang yang sangat kamu kenal, kamu mungkin telah mempelajari beberapa kebiasaan perilakunya, yang membuatnya lebih mudah diprediksi. Jadi, pikirkan secara rasional kapan kamu perlu terlibat dan kapan kamu harus menjauh darinya.

Hormati Diri Sendiri
Dua perempuan sedang mengobrol

Foto: Freepik/ freepik

Orang dengan kecerdasan emosional tinggi tidak akan membiarkan orang toxic memanfaatkan diri mereka. Kamu juga bisa menerapkan hal ini dengan menghormati dirimu, Beauties.

Semakin kamu menghargai diri sendiri, semakin sedikit waktu yang kamu habiskan bersama orang yang tidak menghargai kamu. Ketika kamu menghargai diri sendiri, apa pun ucapan negatif yang dilontarkan orang toxic tidak akan bisa memengaruhi kamu.

Menyadari Ini Bukan Masalah Pribadi
Kalimat toksik yang terlihat sombong/ foto: Freepik/ freepik

Foto: Freepik/freepik

Kebanyakan orang toksik berperilaku negatif terhadap semua orang yang berinteraksi dengan mereka, bukan hanya kamu saja, Beauties.

Meskipun terkadang situasinya tampak bersifat personal, namun faktanya tidak demikian. Oleh karena itu, jangan sampai kamu terpancing untuk bereaksi terhadap sikap toksik mereka.

Jika kamu bereaksi, kamu akan hilang kontrol dalam situasi itu. Maka, amati saja apa yang mereka lakukan, dan sadari bahwa apa yang mereka katakan dan lakukan sepenuhnya didasarkan pada refleksi diri mereka sendiri.

Punya Support System
Virgo selalu berusaha memahami setiap curahan hati dan berusaha untuk menolongnya dengan sepenuh hati/Foto: pexels.com/mentalhealthamerica

Foto: pexels.com/mentalhealthamerica

Menghadapi orang toxic memang bisa jadi sangat melelahkan, bahkan membuat stres. 

Orang dengan kecerdasan emosional tinggi akan meminta perspektif dari support system miliknya. Mereka akan membicarakan situasi tersebut dengan seseorang yang dapat memberikan solusi terhadap masalah yang tengah dihadapi dengan orang toxic.

Seseorang mungkin dapat melihat solusi yang tidak dapat kamu lihat karena mereka tidak terlalu tertarik secara emosional.

Menyadari Punya Pilihan
Perempuan sedang mengobrol ceria

Foto: Freepik/freepik

Seperti semua hal lain dalam hidup, kamu punya pilihan. Kamu dapat memilih apakah akan terpengaruh oleh apa yang terjadi di sekitar atau tidak.

Kamu dapat menolak untuk menerima energi negatif dari orang toxic di sekitar, atau menyerapnya dan membuat keadaan menjadi lebih buruk. Semua pilihan itu ada di tanganmu, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)