Punya Kebiasaan Langsung Ngantuk Setelah Makan, Ternyata Ini Alasannya!

Siapa yang punya kebiasaan habis makan ngantuk? Hampir sebagian orang di dunia ini pasti pernah mengalaminya.

Hal seperti itu kerap menjadi sesuatu yang menyebalkan, bukan? Terlebih pada waktu yang sama, kita dituntut untuk melakukan aktivitas padat.

Terlintaskah di benak Beauties, kenapa habis makan ngantuk mulu? Adakah yang salah dengan pilihan menu makanan atau kondisi tubuh yang memang sedang tidak baik-baik saja?

Cek jenis makanan yang dikonsumsi: kebanyakan karbohidrat dan protein yang mengandung tinggi triptofan

Salah satu penyebab habis makan ngantuk adalah menu makanan yang terlalu tinggi karbohidrat dan triptofan/foto: pexels.com/olga lioncat

Makan-makanan yang kaya protein tinggi triptofan dan karbohidrat mampu membuat orang lebih mudah ngantuk ketimbang mengonsumsi makanan lain. Lho, kenapa demikian?

Beberapa penelitian mengungkapkan alasan orang mudah ngantuk setelah makan adalah tubuh terlalu banyak memproduksi serotonin, mengutip Medical News Today.

Dalam makanan yang mengandung protein terdapat asam amino yang disebut triptofan. Melansir Healthline, triptofan membantu tubuh dalam memproduksi serotonin dan melatonin. Serotonin itu sendiri adalah hormon yang memiliki peran mengatur suasana hati dan siklus tidur. Sementara melatonin adalah hormon yang terlibat dalam siklus tidur-bangun.

Lalu, peran karbohidrat dalam hal ini apa? Karbohidrat membantu tubuh dalam menyerap triptofan.

Nah, dari sini paham kan, kenapa mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dibarengi makanan tinggi triptofan bisa membuat tubuh merasa lebih lelah dan ngantuk.

Disamping itu, Sleep Foundation juga mengatakan bahwa triptofan tidak selalu menyebabkan kantuk. Namun, dapat memberikan efek berlebih ketika dikonsumsi bersama karbohidrat.

Lantas, makanan apa yang tinggi triptofan?

Olahan pisang dan selai kacang dapat meningkatkan kemampuan untuk tidur/foto: pexels.com/nicola barts

Beberapa jenis makanan yang mengandung tinggi triptofan antara lain selai kacang, pisang, telur, oatmeal, dan tahu.

Seorang ahli gizi bernama Tracy Lockwood Beckerman mengatakan, mengonsumsi pisang bersama selai kacang dapat meningkatkan kemampuan untuk tidur.

Menurut dia, pisang adalah makanan karbohidrat yang memiliki peran melemaskan otot secara alami lantaran kandungan potasium dan magnesiumnya. Sementara selai kacang adalah makanan berprotein dengan kadar triptofan yang tinggi. Perpaduan keduanya dapat memberikan pasokan asam amino ke otak hingga meningkatkan rasa ngantuk. 

Selain makanan yang dikonsumsi, perubahan aliran darah di otak bisa jadi penyebabnya

Penurunan aliran darah ke otak mampu memicu perasaan ngantuk/foto: pexels.com/carolina grabowska

Diketahui, usai menyantap makanan, aliran darah akan lebih banyak dialihkan ke saluran pencernaan. Buat apa? Guna membantu tubuh mengolah dan menyerap energi serta nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Ketika itu terjadi, aliran darah pada otak akan sedikit berkurang. Efeknya, Beauties akan lebih sering menguap guna mencukupi kebutuhan oksigen di otak.

Mengutip Time, Dr. Tomonori Kishino, professor ilmu kesehatan di Kyorin University, Jepang pun menjelaskan bahwa penurunan aliran darah ke otak mampu memicu perasaan ngantuk. Bahkan Kishino menambahkan, orang yang skip sarapan akan mengalami penurunan aliran darah pada otak secara drastis setelah makan siang.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(ria/ria)