Punya Alergi? Ini 5 Trik Aman Membersihkan Rumah

Alergi bisa menyebabkan seseorang mengalami batuk, pilek, mata berair ketika terkena pemicunya. Lingkungan yang kotor dan berdebu bisa menyebabkan alergi itu kambuh.

Sehingga ketika kamu mengalami alergi, kamu wajib menjaga kebersihan di lingkungan sekitar, misalnya rumah. Untuk menjaganya dari debu-debu yang menempel, kamu harus rajin untuk membersihkannya.

Tapi, tak jarang ketika bersih-bersih itulah alergi menjadi kambuh. Berikut ini tips membersihkan rumah ketika mempunyai alergi.

 

1. Gunakan Masker

Gunakan masker saat bersih-bersih/Foto:freepik.com/Lifestylememory

Dilansir dari Family Allergy, menggunakan masker merupakan cara yang sangat efektif untuk mencegah alergen masuk ke dalam tubuh. 

Masker akan membantu menyaring partikel-partikel yang secara alami kamu hirup ketika membersihkan perabotan di rumah. 

Penutup hidung dan mulut ini juga bisa membantu mengurangi inhalasi bahan kimia. Ketika kamu menggunakan cairan pembersih, masker akan membantu melindungi paru-paru dari gas kimia yang dikeluarkannya. 

2. Gunakan Penyedot Debu

Menggunakan penyedot debu saat bersih-bersih/Foto:freepik.com/senivpetro

Menggunakan sapu akan menyebabkan debu yang dibersihkan beterbangan, sehingga bisa menyebabkan alergi muncul. 

Kamu bisa memilih penyedot debu sebagai alternatif untuk mencegah alergen memengaruhi kesehatan kamu. 

Pilih penyedot debu yang menggunakan sinar ultraviolet untuk membunuh tungau debu dan bakteri, serta sistem filtrasi ganda untuk menghilangkan 99,9 persen bakteri di permukaan kain.

3. Gunakan Kain Lap Basah

Menggunakan lap basah/Foto: freepik.com/prostooleh

Menggunakan kain lap kering untuk membersihkan debu itu kurang efektif, karena bisa menyebabkan debu yang kamu bersihkan beterbangan di udara dan rentan untuk terhirup.

Gunakan kain basah untuk membantu membersihkan debu yang ada. Kamu bisa menggunakan kain mikrofiber, yang lebih baik dibandingkan dari kain katun untuk membersihkan debu.

 

4. Fokus pada Area Tempat Tidur

Menjaga kebersihan pada area tempat tidur/Foto:freepik,com/rawpexel.com

Ketika membersihkan rumah, cobalah fokus pada sekitar area tidur kamu. Kamu bisa sesekali menjemur kasur dan bantal di bawah terik matahari untuk mencegah kelembaban. Tapi jangan terlalu lama, karena serbuk sari bisa menempel di kasur atau bantal yang sedang dijemur. 

Dilansir dari Real Simple, ganti seprai, sarung bantal, dan selimut secara rutin, minimal satu minggu sekali untuk menghindari diri dari alergi.

 

5. Tingkatkan Ventilasi

Bersihkan area jendela dan pintu/Foto:freepik.com/zinkevych

Cara untuk meredakan alergi di rumah adalah meningkatkan ventilasi, karena dengan kualitas udara di ruangan yang jauh lebih baik bisa mencegah virus dan kuman datang.

Buka jendela dan pintu, biarkan udara segar masuk ke dalam ruangan dan menghilangkan semua zat berbahaya. Untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan, bisa memasang alat pembersih udara. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)