Psikolog Ungkap Rahasia untuk Tingkatkan Keterampilan Mengingat, Yuk Terapkan!

Menguasai beberapa bahasa tidak hanya memperluas kemampuan kita dalam berkomunikasi secara global, tapi juga dapat membuat kita berpikir lebih rasional, meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan, dan meningkatkan daya ingat.

Menurut David Gallo, seorang profesor psikologi Universitas Chicago, memiliki kemampuan berbicara minimal dua bahasa dapat melatih otak dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh orang yang hanya menguasai satu bahasa.

“Orang monolingual tidak mengembangkan koneksi mental yang kaya, serta kemampuan untuk menghidupkan dan mematikan kondisi mental yang berbeda,” lanjutnya seperti yang dilansir dari CNBC.

Bersama dengan sesama profesor psikologi UChicago, Boaz Keysar, David menemukan sesuatu yang berpotensi berlawanan dengan intuisi. Saat kita memproses informasi dalam bahasa sekunder, kita membuat keputusan yang lebih rasional dan logis.

Bahasa Kedua Menghadirkan Jalan Pintas untuk Otak


Ilustrasi/Foto: Freepik.com/gpointstudio

“Saat kita berpikir dalam bahasa kedua, kita menjadi sangat analitis dan berhati-hati terhadap fitur informasi di tingkat permukaan,” jelas David. “Pada gilirannya, hal ini menempatkan kita dalam pola pikir di mana kita menjadi lebih logis dan rasional ketika melakukan tugas pengambilan keputusan yang menjadi jalan pintas bagi otak.”

2. Membantu Menghindari Ingatan Palsu atau Informasi yang Salah

Rahasia meningkatkan keterampilan mengingat menurut psikolog/Foto: Freepik.com

Orang lebih rentan terhadap misinformasi dan ingatan palsu ketika berpikir dalam bahasa ibu mereka, demikian temuan penelitian David dan Boaz pada bulan Juli. Temuan ini berpusat pada konsep psikologis yang disebut pemantauan memori, yaitu cara otak menentukan apakah suatu memori benar-benar terjadi atau otak kita hanya mengada-ada.

“Bukan saja Anda lebih mampu memonitor ingatan Anda saat menggunakan bahasa kedua, tapi Anda juga akan lebih analitis sehingga Anda tidak lagi tertipu oleh informasi yang salah,” kata David.

Menurut survei tahun 2019 dari perusahaan perangkat lunak bahasa, Rosetta Stone, berbicara dalam berbagai bahasa juga dapat meningkatkan komunikasi di tempat kerja, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan konsentrasi.

3. Cara Memanfaatkan Pintasan Paling Efektif

Rahasia meningkatkan keterampilan mengingat menurut psikolog/Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Berbicara dalam berbagai bahasa tidak secara inheren membuat seseorang menjadi lebih rasional. Jika kita tidak fasih dalam bahasa kedua, kita dapat kehilangan informasi penting atau memperlambat kecepatan pengambilan keputusan.

Namun, ketika kita mencoba membuat keputusan sulit atau mengingat suatu informasi, cobalah memikirkannya dalam bahasa yang berbeda. Jika kita tidak menguasai banyak bahasa, cobalah untuk mempelajari bahasa baru.

Dorong anak untuk tumbuh dengan mempelajari berbagai bahasa juga. Pada orang dewasa yang lebih tua, pengguna bilingual mungkin memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan pengguna monolingual dalam melawan penurunan kognitif terkait penuaan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)