Pria Berusia 26 Tahun Ini Sukses Jadi Kepala Sekolah Termuda, Ini 3 Rahasianya!

Ketika Kenneth Gorham mencalonkan diri untuk menjadi kepala sekolah di sekolah menengah setempat, banyak orang meragukan keputusan Kenneth. Namun, selama masa Kenneth menjadi guru, kelasnya selalu memiliki nilai ujian akhir tahun tertinggi. Itulah alasan mengapa Kenneth mencalonkan diri menjadi kepala sekolah.

Ketika Kenneth akhirnya terpilih menjadi kepala sekolah, usianya baru 24 tahun dan dia menjadi kepala sekolah termuda yang pernah memimpin Movement Freedom Middle School, sebuah sekolah swasta di Charlotte, North Carolina.

Menurut Pusat Statistik Pendidikan Nasional, usia rata-rata kepala sekolah di Amerika Serikat adalah 47 tahun. Dilansir dari CNBC, berikut 3 soft skill yang membantu Kenneth menjabat sebagai kepala sekolah di usia muda.

1. Kepemimpinan Sumber Daya Manusia


Kenneth Gorham/Foto: Instagram.com/watch_kenn

Kenneth memiliki pengalaman kepemimpinan di mana dia memegang enam peran anggota dewan eksekutif untuk organisasi dalam kampus di North Carolina Agricultural and Technical State University sebelum lulus pada tahun 2019. Setelah mengajar selama dua tahun, dia menjadi pelatih pengajaran, membantu guru lain menyusun pelajaran mereka.

“Ketika saya didekati oleh pimpinan senior untuk melamar dan diwawancarai untuk posisi kepala sekolah, kemampuan saya untuk memimpin orang terlihat jelas,” kata Kenneth. “Orang-orang bisa mengikuti saya hanya berdasarkan hubungan saya dengan mereka.”

Gaya kepemimpinan Kenneth yang mengedepankan empati dan kemampuannya untuk menjadi juara bagi orang lain adalah kekuatan supernya. “Saya benar-benar belajar pentingnya melihat orang terlebih dahulu, sebelum kita melihat mereka sebagai karyawan, apa pun peran mereka,” katanya.

2. Membangun Jaringan Pendukung

Pria Berusia 26 Tahun Ini Sukses Jadi Kepala Sekolah Termuda, Ini 3 Rahasianya/Foto: Instagram.com/watch_kenn

Kenneth selalu mengatakan, “Jika kamu ingin pergi jauh, pergilah bersama-sama.” Dia memuji jaringan sponsor dan mentor atas pertumbuhan kariernya sejauh ini. Lingkungan yang penuh dorongan tersebut sangat membantu kariernya.

“Orang terkadang membutuhkan dorongan untuk membiarkan diri mereka dibina, tumbuh dan berkembang menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri,” kata Kenneth. Tidak perlu datang dari seseorang. Dorongan itu bisa kamu dapatkan dengan mengubah ruang kerja kamu ketika kamu merasa tidak bersemangat atau tidak produktif.

3. Tunjukkan Ketahanan

Kisah Kenneth Gorham
Kenneth Gorham/Foto: Instagram.com/watch_kenn

Kenneth mengatakan dia menggunakan kegagalan dan kesulitan sebagai bahan bakar. Jika orang lain bisa menjadi tangguh, dia juga bisa. Sifat tersebut membantunya menonjol saat bersaing untuk menjadi kepala sekolah dengan kemampuannya untuk membantu siswa dan guru lain kembali ke kelas tatap muka setelah era virtual pandemi Covid-19.

Sebagai pelatih pengajaran, dia membantu para guru mengoordinasikan kurikulum mereka dan membiasakan kembali diri mereka dengan ritme pengajaran di kelas. Selain itu, Kenneth berusaha mendengarkan kekesalan rekan-rekannya dan memberikan nasihat sambil memberikan pelukan dan high five kepada siswanya setiap pagi.

Kemampuan Kenneth untuk memberikan yang terbaik pada siswa, serta komitmennya terhadap hasil, memainkan peran penting dalam dirinya mendapatkan pekerjaan sebagai kepala sekolah. “Kami harus benar-benar memikirkan cara untuk menjaga siswa tetap pada standar yang tinggi serta tetap memahami dan berempati dengan mereka,” kata Kenneth.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)