Polisi Amankan Truk Pengangkut 226 Ekor Anjing yang Terikat dan Dikarungi, Potretnya Bikin Pilu!

Polrestabes Semarang berhasil mengamankan satu unik truk pengangkut 226 ekor anjing. Truk bernomor polisi AD 1358 YE diamankan saat melintas masuk Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, pada Sabtu (6/1/2024).

Pengamanan tersebut dilakukan setelah adanya laporan dari aktivis perlindungan hewan, Animal Hope Shelter Indonesia tentang truk pengangkut ratusan anjing yang diduga tidak memiliki dokumen resmi. 

“Polisi menindaklanjuti laporan dari aktivis perlindungan hewan tentang truk pengangkut ratusan anjing diduga tanpa dokumen di Gerbang Tol Kalikangkung pada Sabtu malam,” kata Irwan mengutip Antara dan CNN Indonesia, Minggu (7/1).

Truk beserta muatan anjing ini kemudian dibawa ke Markas Polrestabes Semarang untuk penyelidikan lebih lanjut. 

226 Anjing yang Diamankan dalam Kondisi Terikat dan Dikarungi

Polisi berhasil amankan truk pengangkut 226 ekor anjing/Foto: Instagram.com/animals_hopeshelterindonesia

Ketua Animals Hope Shelter Indonesia Christian Josua Pale mengatakan, pihaknya sudah mengendus truk pengangkut anjing ke Solo ini sejak 23 Desember 2023 di Tol Cikopo Palimanan. Namun, truk tersebut langsung tidak terdeteksi keberadaannya. 

Polisi yang mendapatkan laporan dari warga ini langsung bergerak dan menghadangnya. Setelah ditemukan, ternyata 226 ekor anjing tersebut dalam kondisi yang sangat memilukan. Kaki-tangan-mulut mereka terikat, ditumpuk asal, dan dikarungi di dalam truk.

[Gambas:Instagram]

Dalam video Instagramnya, Christian Josua Pale mengatakan jika anjing-anjing ini telah ditunggu pembelinya di pinggir jalan tol, untuk selanjutnya dipotong sebagai daging konsumsi. Mereka dijual per kilonya Rp40 ribu. 

“Mereka dijual per kilo Rp38.000, sekarang naik Rp2000 menjadi Rp40.000 per kilogramnya,” ujar Christian.

“Hasil investigasi saya, dalam sebulan mereka menghasilkan Rp15 juta dalam sekali perjalanan,” lanjutnya. 

12 Anjing Sudah Mati dalam Karung
226 ekor anjing diamankan polisi di Semarang

Polisi berhasil amankan truk pengangkut 226 ekor anjing/Foto: Instagram.com/animals_hopeshelterindonesia

Berdesakan dengan kondisi terikat, tanpa makanan atau minuman membuat 12 ekor anjing tak dapat bertahan. Mereka mati dengan cara mengenaskan. 

“Total dari 226 baru terhitung sudah ada 12 ekor yang sudah mati, tiga sekarat,” demikian dikutip dari rekaman video di IG Animal Hope Shelter Indonesia.

[Gambas:Instagram]

Dikutip dari CNN Indonesia, Polisi kini memeriksa lima orang kru truk. Dari hasil pemeriksaan sementara, anjing-anjing tersebut diberangkatkan dari Subang ke Solo untuk dijagal atau dipotong. 

“Kami dapat informasi dari rekan-rekan, langsung bergerak dan berhasil mendapatkan truk yang mengangkut ratusan ekor anjing. Dari hasil pemeriksaan sementara, mereka dari Subang akan dibawa ke Solo. Ini masih kita dalami,” ungkap Kapolrestabes Semarang Kombes Polisi Irwan Anwar.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)