Pernah Mengalami Nyeri di Bawah Payudara Kiri? Kenali 7 Penyebabnya!

Hai, Beauties! Apakah kamu pernah mengalami nyeri atau sakit di bawah payudara kiri? Sensasi nyeri di daerah tersebut bisa membuatmu merasa khawatir dan terganggu.

Namun, jangan panik dulu! Kali ini kita akan membahas 7 penyebab umum nyeri di bawah payudara kiri menurut para ahli. Simak penjelasan yang dilansir dari laman Women Health berikut ini, ya.

1. Nyeri Otot

Nyeri otot/ Foto: Unsplash.com/ Klara Kulikova

Salah satu penyebab umum nyeri di bawah payudara kiri adalah nyeri otot. Aktivitas fisik yang berlebihan, cedera, atau ketegangan otot dapat menyebabkan rasa sakit pada daerah ini. Pastikan kamu memberikan istirahat yang cukup dan melakukan peregangan otot secara teratur untuk mengurangi nyeri otot.

2. Asam Lambung

Asam lambung/ Foto: Pinterest.com/ Time

Asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat menyebabkan sensasi terbakar atau nyeri di bawah payudara kiri. Kondisi ini dikenal sebagai refluks asam lambung atau GERD (gastroesophageal reflux disease).

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mencoba menghindari makanan pedas, berlemak, dan bersoda. Jika nyeri berlanjut atau menjadi lebih serius, segera konsultasikan dengan dokter.

3. Kostokondritis (Peradangan di Tulang Rawan)

Kostokondritis/ Foto: Pinterest.com/ Lindsey Elmore

Kostokondritis adalah kondisi peradangan yang terjadi pada tulang rawan yang menghubungkan tulang rusuk dengan tulang dada. Peradangan ini dapat menyebabkan nyeri yang terlokalisasi di bawah payudara kiri.

Istirahat dan mengompres daerah yang terkena dapat membantu mengurangi rasa sakit. Jika gejalanya tidak membaik, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

4. Sindrom Tietze

Sindrom tietze/ Foto: Pinterest.com/ Medical News Today

Sindrom Tietze adalah kondisi langka yang ditandai dengan peradangan pada tulang rawan dada depan. Gejala yang umum termasuk nyeri dan pembengkakan di bawah payudara kiri. Dalam kasus ini, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendiagnosis dan mengelola kondisi ini.

5. Pleuritis

Pleuritis/ Foto: Pinterest.com/ Healthline

Pleuritis adalah peradangan pada selaput pelindung paru-paru dan dinding dada. Gejalanya meliputi nyeri tajam saat bernapas dalam di bawah payudara kiri.

Penyebab pleuritis dapat bervariasi, termasuk infeksi atau kondisi lain seperti pneumonia. Jika kamu mengalami nyeri hebat atau kesulitan bernapas, segera temui dokter.

6. Hernia Hiatal

Hernia hiatal/ Foto: Pinterest.com/ SciTechDaily

Hernia hiatal terjadi ketika bagian atas lambung mendorong melalui diafragma ke rongga dada. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit atau sensasi terbakar di bawah payudara kiri.

Perubahan gaya hidup seperti menghindari makan berat sebelum tidur dan mengangkat kepala saat tidur bisa membantu mengelola gejalanya. Jika nyeri terus berlanjut, konsultasikan dengan dokter.

7. Angina Pectoris (Angin Duduk)

Angina pectoris/ Foto: Pinterest.com/ medisite.fr

Angina pectoris adalah kondisi di mana pasokan darah ke jantung terbatas, biasanya karena penyempitan pembuluh darah koroner. Salah satu gejalanya adalah nyeri dada, yang bisa menjalar ke bawah payudara kiri. Jika kamu mengalami nyeri dada yang parah atau disertai dengan sesak napas, segera hubungi layanan darurat.

Nyeri di bawah payudara kiri dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, mulai dari yang ringan hingga yang serius. Penting bagi kamu untuk memperhatikan gejala yang kamu alami dan mengkonsultasikannya dengan dokter jika nyeri berlanjut atau memburuk. Jangan ragu untuk mencari bantuan medis jika kamu merasa cemas atau khawatir dengan kondisi kesehatanmu ya, Beauties!

_____

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)