Peringkat Enam Kuliner di Dunia, Ini 10 Makanan Indonesia Terbaik versi TasteAtlas

Salah satu laman media penyedia panduan perjalanan untuk makanan tradisional dengan resep otentik dan ulasan kritikus makanan — TasteAtlas — merilis daftar masakan tradisional terbaik 2023 dengan Indonesia menempati peringkat ke-6.

Tak heran, sebab Indonesia terkenal dengan ragam kulinernya yang kaya akan rempah-rempah dan rasa. Dilansir dari TasteAtlas, ini dia 10 hidangan kuliner Indonesia terbaik.

1. Siomai


Ilustrasi siomai/ Foto: food.detik.com

Siomai merupakan hidangan kuliner khas Bandung yang terdiri dari siomai yang dibuat dengan bahan dasar ikan, siomai berisikan telur, tahu, dan sayur-sayuran seperti kentang, kubis, dan pare.  Setelah dikukus, komponen siomai dipotong seukuran satu gigitan dan ditaruh di atas piring, kemudian ditaburi saus kacang.

Tak lupa, berikanlah sedikit perasan jeruk nipis untuk memberikan rasa segar saat memakannya. Jika suka, tambahkanlah siraman kecap manis dan sambal.

2. Batagor

Ilustrasi Batagor/ Foto: food.detik.com

Kuliner lainnya yang terkenal dan lezat dari Bandung adalah batagor. Jika komponen siomay dikukus, maka komponen batagor digoreng. Namun, baik siomay maupun batagor dipengaruhi oleh kuliner khas Tiongkok, yakni siew mai dan kuo tie.

Batagor mempunyai komponen pangsit goreng yang berisikan adonan ikan, otak-otak, dan tahu. Saat disajikan, komponen batagor dipotong sesuai dengan ukuran satu gigitan, dilumuri saus kacang dan diberikan sedikit perasan jeruk nipis. Jika ingin, tambahkanlah kecap dan sambal diatasnya.

3. Roti Canai

Ilustrasi Roti Canai/ Foto: food.detik.com

Sejatinya, roti canai merupakan roti pipih goreng tradisional yang terbuat dari tepung, air, telur, dan lemak asal India. Namun, roti canai sering ditemukan di beberapa restoran Malay di Indonesia dan menjadi favorit warga lokal.

Adonan roti canai dilipat berkali-kali sehingga hasil akhirnya memiliki tekstur berlapis, bagian dalam lembut, dan lapisan luar renyah. Padankan roti canai dengan kari daging maka harimu akan lebih bahagia!

4. Pempek

Ilustrasi Pempek/ Foto: Pexels/Jamaludin Muh

Pempek adalah kue ikan tradisional khas Palembang yang terbuat dari daging ikan giling dan tapioka. Menurut kisah warga setempat, pempek ditemukan oleh seorang Tuan China yang melihat hasil tangkapan ikan melimpah namun tak diolah dengan baik. Untuk mengakali hal ini, ia pun mengolah ikan dengan menggiling dan mencampurnya dengan tepung tapioka. Saat disajikan, pempek akan diguyur dengan kuah cuko yang segar.

5. Rawon

Ilustrasi Rawon/ Foto: food.detik.com

Rawon merupakan masakan khas Indonesia yang berasal dari Surabaya. Hidangan kuliner ini merupakan sebuah sup daging sapi yang penuh dengan cita rasa rempah, seperti daun jeruk, serai, jahe, cabai, dan buah kluwek yang menjadi kunci rawon berwarna hitam. Hidangkan bersama nasi panas, tambahkan pelengkap seperti tauge dan telur asin, dan berikan sedikit perasan jeruk nipis. Dijamin, rasanya mantap!

6. Ayam Goreng Rempah

Ilustrasi Ayam Goreng Rempah/ Foto: food.detik.com

Ayam goreng khas Indonesia mungkin berbeda dengan ayam goreng asal negara lainnya. Pasalnya, ayam goreng khas Indonesia kaya akan bumbu dan rempah tradisional seperti serai, lengkuas, kunyit, asam jawa, dan tambahan seperti kelapa parut. Cukup sediakan nasi panas dan tambahan sambal, maka ayam goreng rempah siap dinikmati.

7. Bubur Ayam

Ilustrasi Bubur Ayam/ Foto: food.detik.com

Berbeda dengan bubur ayam di negara lainnya, bubur ayam Indonesia bertekstur kental dengan topping ayam suwir, cakwe, kacang, dan disiram dengan kaldu bumbu gurih. Bubur ayam merupakan makanan yang cocok disantap untuk sarapan atau saat tubuh sedang tidak fit.

8. Nasi Uduk

Ilustrasi Nasi Uduk/ Foto: food.detik.com

Nasi uduk merupakan nasi yang dimasak dengan santan bersama dengan serai, cengkeh, daun pandan, dan kayu manis. Karena menghasilkan nasi yang sangat empuk dan harum, nasi uduk pasti akan menggugah selera makanmu. Biasanya, nasi uduk disajikan bersama dengan telur balado, bihun, orek tempe, dan ayam goreng. Tak lupa juga dengan sambal merah dan taburan bawang goreng di atas nasinya.

9. Serabi

Ilustrasi Serabi/ Foto: Pexels/Anton Tezar

Serabi merupakan pancake tradisional asal Indonesia yang dibuat menggunakan tepung beras. Serabi dapat dibuat dalam versi asin dan gurih dengan pilihan rasa yang beragam, seperti durian, pandan, dan cokelat. Saat disajikan, serabi akan disiram terlebih dahulu dengan kuah santan.

10. Ikan Bakar

Ilustrasi Ikan Bakar/ Foto: tasteatlas.com

Ikan bakar adalah hidangan seafood populer di Indonesia. Untuk membuatnya, ikan akan dimarinasi terlebih dahulu dengan bermacam bumbu dan rempah, seperti sambal terasi, kecap asin, kunyit, hingga lengkuas. Saat disajikan, ikan bakar dilengkapi dengan sambal belacan dan sambal kecap sebagai teman makan yang menggugah selera.

Nah itu dia 10 kuliner khas Indonesia yang menempati peringkat teratas TasteAtlas. Apakah ada makanan yang berasal dari daerahmu Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)