Perayaan Hari Ibu di 7 Negara Ini Punya Tradisi Istimewa, Ada yang Pergi ke Makam

Hari Ibu telah lama dirayakan di seluruh dunia, masing-masing dengan tradisi dan keunikannya sendiri. Perayaan ini tidak hanya unik, tetapi juga menciptakan kenangan yang tak terlupakan, mulai dari makan malam bersama keluarga dan memasak makanan khusus hingga memberikan bunga dan hadiah untuk para ibu.

Tradisi yang begitu beragam menunjukan rasa cinta dan terima kasih anak-anak pada para ibu, menjadikan Hari Ibu sebagai perayaan yang mendunia.

Membahas tentang Hari Ibu, yuk simak informasi tentang tradisi Hari Ibu yang unik dari tujuh negara berikut merangkum dari Better Homes & Gardens dan Stories by Soumya.

1. Indonesia

Menyiapkan Makanan untuk Ibu Tradisi Hari Ibu di Indonesia/Foto: pexels.com/Elina Fairytale

Di Indonesia Hari Ibu biasa dirayakan pada 22 Desember. Pada hari ini, masyarakat Indonesia biasanya menunjukkan penghargaan dan cinta mereka kepada ibu dengan memberikan hadiah dan menghabiskan waktu bersama.

Ini juga merupakan acara khusus di mana keluarga berkumpul untuk menghormati dan memanjakan ibu mereka, sering kali dengan menyiapkan makanan lezat atau mengadakan acara kejutan.

2. India

Membelikan dan Mengenakan Baju Baru Tradisi Hari Ibu di India/Foto: pexels.com/Anastasia Shuraeva

Hari Ibu selalu menjadi hari yang penting bagi masyarakat India untuk menunjukkan betapa mereka menghargai dan mencintai ibu. Masyarakat India biasanya membuat makanan favorit ibu, menghabiskan waktu bersama, membeli dan mengenakan pakaian baru (untuk ibu dan anggota keluarga), dan memberikan hadiah istimewa lainnya. Untuk membuat Hari Ibu semakin menyenangkan, banyak keluarga merencanakan kegiatan tambahan atau perayaan khusus.

3. Prancis

Membuat Kue Tradisi Hari Ibu di Perancis/Foto: pexels.com/Gustavo Fring

Selama era Napoleon, konsep Hari Ibu dimulai ketika keluarga dengan jumlah anak yang banyak diakui di Prancis. Hari Ibu berfungsi sebagai sarana untuk mengakui dan menghormati peran penting para ibu dalam merawat dan membesarkan anak-anak.

Hari Minggu terakhir di bulan Mei secara tradisional merupakan waktu perayaan Hari Ibu. Untuk menghormati dan menghargai kerja keras ibu, mereka akan merencanakan makan malam keluarga, menyiapkan kue buket berbentuk bunga, atau membuat upacara penghargaan kecil untuk memberikan medali pada sang ibu.

4. Peru

Pergi ke Makam Tradisi Hari Ibu di Peru/Foto: pexels.com/RDNE Stock project

Masyarakat Peru memiliki perayaan Hari Ibu yang unik. Di Peru, orang-orang menghormati kerabat perempuan dengan membersihkan dan mendekorasi ulang kuburan mereka, berbeda dengan tradisi pada umumnya yang akan memasak atau membantu ibu.

Istilah “Día de la Madre Difunta,” atau “Hari Ibu yang Telah Meninggal,” mengacu pada tradisi yang tidak biasa tersebut. Masyarakat Peru menggunakannya sebagai sarana untuk menghormati dan mengagumi ibu atau kerabat perempuan bahkan setelah mereka meninggal dunia.

5. Jepang

Hadiahkan Bunga Anyelir Tradisi Hari Ibu di Jepang/Foto: pexels.com/Gustavo Fring

Orang Jepang biasanya merayakan Hari Ibu dengan melakukan kegiatan khusus dan mengungkapkan rasa terima kasih kepada ibu mereka. Tradisi yang sering dilakukan biasanya mengajak ibu makan malam di restoran atau memasak makanan buatan sendiri untuk menunjukkan rasa cinta dan penghargaan pada ibu.

Selain itu, mereka juga sering memberikan hadiah berupa bunga, seperti anyelir merah atau merah muda. Bunga anyelir melambangkan kemurnian dan ketulusan cinta seorang ibu.

6. Kanada

Memberikan Bunga Mawar pada Ibu dan Istri Tradisi Hari Ibu di Kanada/Foto: pexels.com/Ron Lach

Di Kanada, hari Minggu kedua di bulan Mei biasanya diperingati sebagai Hari Ibu. Sebagai bentuk penghargaan, banyak orang yang memberikan kartu, hadiah, atau bunga kepada ibu mereka. Cara lain yang sering dilakukan oleh para pria berdarah Prancis-Kanada di Quebec adalah memberikan bunga mawar kepada ibu dan istri mereka.

7. Meksiko

Membuat Pertunjukan Mini untuk Ibu Tradisi Hari Ibu di Meksiko/Foto: pexels.com/Anastasia Shuraeva

Anak-anak di Meksiko biasanya bangun lebih awal pada tanggal 10 Mei dan membangunkan ibu mereka dengan pertunjukan musik atau skit yang menyentuh. Sudah menjadi tradisi bagi anak-anak untuk memberikan pertunjukan untuk ibu mereka pada hari yang spesial ini.

Pertunjukan tersebut bisa berupa menyanyikan lagu, memainkan alat musik, atau bahkan memainkan drama kecil. Anak-anak berusaha keras untuk membuat ibu mereka merasa dicintai dan dihargai di hari yang istimewa ini. Selain itu, membawa ibu makan siang atau makan malam di restoran favoritnya atau memasak makanan spesial di rumah.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)