Penyebab Pori-Pori Besar di Wajah dan Cara Mengatasinya

Pori-pori adalah bagian yang ada pada permukaan kulit termasuk wajah. Bentuknya yang menyerupai titik-titik berupa lubang kecil memiliki fungsi untuk mengatur produksi minyak, mengeluarkan sebum, hingga menjaga kelembaban kulit sesuai dengan suhu lingkungan.

Namun, bentuk pori-pori sering kali membesar di beberapa kesempatan sehingga mengganggu penampilan, Beauties. Ternyata inilah beberapa penyebab pori-pori membesar dan cara mengatasinya. Simak yuk, Beauties!

1. Terpapar Sinar Matahari


Potret ilustrasi terpapar sinar matahari/ Foto: freepik.com

Paparan sinar matahari pada kulit secara langsung merupakan tantangan besar bagi kulit. Sinar UVA dan UVB yang dipancarkan oleh matahari dapat memperlambat proses produksi kolagen yang ada pada jaringan kulit.

Berkurangnya kolagen pada kulit secara perlahan akan mengurangi elastisitas kulit sehingga menyebabkan pori-pori membesar.

Potret ilustrasi menggunakan sunscreen
Potret ilustrasi menggunakan sunscreen/ Foto: freepik.com

Cara mengatasi permasalahan pori-pori membesar dikarenakan paparan sinar matahari adalah dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan.

Pastikan ada kandungan SPF yang cukup tinggi untuk memberikan proteksi kuat pada kulit dari sengatan sinar UVA dan UVB.

2. Faktor Hormonal

Potret ilustrasi fase hormonal
Potret ilustrasi fase hormonal/ Foto: freepik.com

Faktor hormonal juga membawa pengaruh terhadap ukuran pori-pori pada wajah, Beauties. Umumnya saat mendekati masa menstruasi pada perempuan akan ada beberapa masalah wajah yang muncul, termasuk membesarnya pori-pori.

Masalah ini disebabkan oleh meningkatnya hormon secara drastis saat terjadi masa ovulasi.

Potret ilustrasi perampuan rileks
Potret ilustrasi perampuan rileks/ Foto: freepik.com

Dalam menyikapi perubahan hormon, Beauties cukup perlu untuk tenang dan menikmati hari-hari seperti biasanya. Pori-pori membesar di menjelang masa period hanya akan berlangsung sementara beberapa hari. Setelah masa menstruasi selesai, tampilan pori-pori akan kembali normal.

3. Kesalahan dalam Memilih Skincare 

Potret ilustrasi skincare
Potret ilustrasi produk skincare/ Foto: freepik.com

Munculnya berbagai jenis produk skincare terkadang membuat Beauties bingung dalam memilih produk yang tepat. Ada kalanya keinginan untuk memberikan perawatan terbaik pada kulit justru berakhir dengan timbulnya masalah pori-pori membesar pada wajah karena kesalahan memilih produk skincare.

Potret ilustrasi selektif membeli skincare
Potret ilustrasi selektif membeli skincare/ Foto: freepik.com

Agar tidak terjadi kesalahan dalam membeli skincare, Beauties bisa mengenali tipe kulit wajah Beauties termasuk dalam jenis kulit kering, berminyak, atau sensitif.

Permasalahan wajah apa yang ingin Beauties atasi. Selain itu, jangan segan untuk bertanya pada pembeli mengenai kandungan skincare apa yang paling cocok dengan jenis kulit Beauties.

4. Faktor Penuaan Usia

Potret ilustrasi penuaan usia
Potret ilustrasi penuaan usia/ Foto: freepik.com

Seiring bertambahnya usia, produksi sel-sel dalam kulit akan menurun. Jumlah kolagen yang diproduksi tidak akan banyak, elastisitas kulit mulai mengendur, dan pori-pori tidak lagi terjaga secara maksimal.

Apabila dibiarkan, pori-pori memiliki kemungkinan besar untuk membesar secara permanen, Beauties.

Potret ilustrasi menggunakan skincare anti aging
Potret ilustrasi menggunakan skincare anti aging/ Foto: freepik.com

Sebagai upaya untuk memperlambat penuaan pada kulit, Beauties bisa menggunakan skincare yang memiliki konsentrasi anti-aging. Kandungan yang diformulasikan untuk keadaan kulit di usia tua akan membantu meremajakan kulit beserta menjaga elastisitas kulit tetap kencang.

Beauties, itulah beberapa penyebab pori-pori membesar dan cara mengatasinya. Semoga dapat membantu Beauties dalam mengatasi masalah pori-pori membesar pada wajah.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)