Penyebab Munculnya Uban Pada Anak Muda, Lakukan Cara Alami Ini untuk Mengatasinya!

Jika biasanya uban muncul di rambut orang-orang yang sudah cukup berumur, namun faktanya ada lho anak muda atau remaja yang sudah memilikinya. Jika orang tua saja terkadang menutupi uban dengan pewarna rambut, karena merasa kurang percaya diri dan mengganggu penampilan.

Beberapa cara alami pun ternyata bisa dilakukan oleh anak muda atau remaja untuk mengatasinya. Tapi, kira-kira apa penyebab dari tumbuhnya uban di rambut anak muda dan remaja ya, Beauties?

Selengkapnya akan diulas di artikel ini, simak yuk!


Penyebab Munculnya Uban

Ilustrasi Beruban/Foto: Freepik.com

Secara umum, penyebab rambut yang berwarna asli berubah menjadi abu-abu atau putih secara umum disebabkan oleh sel melanosit yang mulai mati dan berhenti membuat pigmen.

Yang akhirnya membuat rambut kehilangan warna alaminya yang misalnya semula berwarna hitam atau blonde lalu berubah menjadi abu atau putih. Beauties, rambut beruban sebagian besar terjadi pada orang dewasa awal, namun ada pula kemungkinan terjadi pada anak-anak dan remaja yang masih muda.

Dilansir dari Netmeds.com beberapa penyebab umum uban pada anak muda ialah:

  • Kurangnya produksi melanosit
  • Genetik atau riwayat dari keturunan yang memiliki uban sejak dini
  • Terlalu sering menggunakan sabun dan sampo sintetis.
  • Predisposisi genetik
  • Anemia defisiensi atau anemia pernisiosa
  • Gangguan tiroid, pangeria dan lainnya.
  • Terkena paparan UV yang merusak folikel rambut sehat 
Fakta Menarik Uban

Ilustrasi Perempuan Beruban/Foto: Freepik.com

Beauties, menariknya orang yang bisa memiliki uban tak terpatok oleh usianya. Dilansir dari KidsHealth, Beberapa orang memiliki uban di usia muda sejak mereka masih sekolah di SMA atau perguruan tinggi.

Sedangkan, lainnya bisa memiliki uban pada usia 30 tahunan atau 40 tahunan pertama kalinya. Seberapa cepat seseorang memiliki uban, ditentukan oleh gen, artinya sebagian besar orang akan mulai memiliki uban pada usia yang sama dengan usia orang tua, kakek, atau nenek mereka di usia tersebut memilikinya.

Beberapa orang mungkin berpikir jika orang yang memiliki uban di usia muda mungkin memiliki trauma yang menyebabkan warna rambutnya berubah. Faktanya, para ilmuwan tidak begitu percaya untuk hal tersebut.

 

Cara Mengatasi Uban Pada Anak Muda Secara Alami
Ilutsrasi Mengatasi Uban/Foto: Freepik.com

Cara mengatasi uban/ Foto: freepik.com

Selanjutnya adalah cara yang bisa dilakukan untuk anak muda yang sudah memiliki uban. Dilansir dari Netmeds.com beberapa cara mudah ini bisa dilakukan di rumah dan menggunakan bahan-bahan yang alami yang memungkinkan untuk mengurangi uban.

  • Gunakan mentega susu sapi, coba untuk mengoleskan mentega pada akar rambut, hal ini memungkinkan enzim alami dalam mentega dapat membalikan rambut beruban.
  • Gunakan lidah buaya dan minyak almond, pijat campuran gel lidah buaya dan minyak almond pada kulit kepala, diamkan semalaman untuk mencegah rambut beruban.
  • Jus Amla, oleskan jus amla pada akar rambut sebagai masker, lalu diamkan semalaman untuk menjaga pigmentasi rambut.
  • Gunakan daun kari, rebus daun kari dalam minyak kelapa, pijat kulit kepala dan rambut untuk mengatasi uban.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi uban pada anak muda atau remaja, semoga bermanfaat.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)