Penuh Nutrisi, 7 Buah dan Sayur Ini Tak Perlu Dikupas Lagi Kulitnya

Ada beberapa buah dan sayur yang harus dikupas terlebih dulu kulitnya dan ada juga yang tidak. Beberapa buah dan sayur yang tidak perlu dikupas kulitnya ini ternyata memiliki banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. 

Dilansir dari CNN Indonesia, berikut beberapa buah dan sayuran yang tak perlu dikupas lagi kulitnya, bisa langsung di makan!

1. Apel

Ilustrasi orang memakan apel/Foto: Unsplash.com/Marek Studzinski

Pastinya kamu cukup sering melihat orang yang makan apel dengan kulitnya langsung? Atau kamu termasuk salah satunya? Yups! Ternyata kulit apel mengandung serat larut, vitamin C, vitamin A, dan senyawa antioksidan bernama flavonoid. 

Pastikan sebelum itu kamu mencuci apel dengan baik atau membeli apel organik. Karena kandungan pestisida pada kulit apel ditemukan lebih tinggi dibandingkan buah lainnya. Oleh sebab itu, berhati-hatilah.

2. Kiwi

Ilustrasi kiwi/Foto: Unsplash.com/engin akyurt

Ternyata kulit buah kiwi juga bisa dimakan lho! Pasalnya, kulit kiwi mengandung banyak vitamin C dan serat. Untuk meredam bulu-bulu halus pada kulit kiwi, cobalah mengiris kulit kiwi dengan sangat tipis. 

3. Plum

Ilustrasi buah plum/Foto: Unsplash.com/Vijay verma

Buah plum juga dapat langsung dikonsumsi dengan kulitnya tanpa perlu dikupas. Buah plum diketahui mengandung banyak serat, vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan. 

Sementara itu, menurut studi bahwa mengupas kulit buah plum dapat mengurangi asupan antioksidan 13-48 persen. 

4. Mentimun

Ilustrasi mentimun/Foto: Unsplash.com/Louis Hansel

Mentimun juga bisa langsung dikonsumsi dengan kulitnya. Apalagi kulit mentimun mengandung vitamin K, serat, dan potasium yang tinggi.

Namun, kulit mentimun juga bisa mengandung lilin. Karena itu, cuci dulu hingga bersih sebelum mengonsumsinya.  

5. Kentang

Ilustrasi kentang/Foto: Unsplash.com/Lars Blankers

Kamu juga dapat mengonsumsi kentang tanpa perlu mengupas kulitnya. Siapa sangka ternyata kulit kentang memiliki lebih banyak serat, zat besi, dan folat dibandingkan dagingnya.

6. Terong

Ilustrasi terong/Foto: Unsplash.com/PhotographyCourse

Kulit terong diketahui kaya akan antioksidan yang bernama nasunin. Berdasarkan penelitian pada hewan, nasunin diketahui berperan penting dalam menjaga kesehatan jaringan otak. 

Selain itu, nasunin juga termasuk salah satu bagian dari antioksidan flavonoid. Flavonoid dikenal sebagai senyawa antioksidan yang dapat membantu menurunkan berat badan. 

7. Wortel

Ilustrasi wortel/Foto: Unsplash.com/Nick Fewings

Wortel diketahui kaya akan senyawa poliasetilen. Menurut penelitian, senyawa ini berpotensi membantu melawan sel kanker. 

Senyawa yang terkonsentrasi di bawah kulit wortel ini juga ditemukan bersifat antijamur, antibakteri, dan anti-inflamasi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)