Pemilu 2024 Tinggal Menghitung Hari, Segera Cek Daftar Pemilih Tetap di Sini

Pemilihan umum (Pemilu) 2024 tinggal menghitung hari! Tepatnya, Pemilu 2024 akan diselenggarakan pada 14 Februari mendatang. Menjelang masa-masa kampanye berakhir, seluruh masyarakat Indonesia sangat dianjurkan untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemilu kali ini.

Eits, namun sebelum itu kamu harus terlebih dahulu mengecek statusmu di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Jika statusmu sudah terdaftar di DPT, maka kamu baru bisa menggunakan hak pilihmu. Sebaliknya, jika ternyata statusmu masih belum terdaftar di DPT, maka kamu belum bisa berpartisipasi dalam Pemilu 2024 kali ini.

Tidak terdaftarnya namamu di DPT bisa jadi disebabkan karena beberapa faktor. Misalnya usia yang kurang atau hal-hal lainnya. Apabila dirasa semua persyaratan memilih sudah terpenuhi namun ternyata belum terdaftar di DPT, segera laporkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) terdekat di daerahmu sebelum terlambat!

Jadi, bagaimana sih cara mengecek status DPT? Simak artikel lebih lanjut untuk dapatkan informasi selengkapnya!

Apa Itu DPT?

Apa Itu DPT?/ Foto: Freepik/freepik

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara cek DPT, yuk mari pahami dulu apa itu pengertiannya. Dilansir dari laman resmi Bawaslu Banjarbaru diketahui bahwa DPT merupakan kependekan dari Daftar Pemilih Tetap. Daftar ini merupakan nama-nama warga yang sudah dipastikan memiliki hak pilih.

Adapun hak pilih ini secara khusus disusun oleh KPU berdasarkan data dari pemilih periode Pemilu sebelumnya. Tidak hanya itu saja, KPU juga menggunakan data dari Kementeriann Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menetapkan waktu yang ditentukan oleh undang-undang.

Bagi kamu yang sudah terdaftar di DPT, KPU menganjurkan untuk menggunakan hak pilih dengan datang ke TPS. Adapun waktu buka TPS dimulai sejak pukul 07.00-13.00. Hanya denngan membawa undangan memilih dan e-KTP, kamu sudah bisa anti golput dan mementukan pilihanmu!!

Cara Mengecek DPT Pemilu 2024 Online

Cara Mengecek DPT Pemilu 2024 Online/ Foto: Screenshot cekdptonline.kpu.go.id

Lantas, bagaimana cara mengecek DPT? Ternyata caranya sangat mudah! Kabar bahagianya, cara pengecekan ini bisa dilakukan secara online hanya dengan menggunakan ponsel! Setidaknya, ada 2 cara yang bisa kamu lakukan. Apa saja?

Melalui Website KPU

  1. Langkah pertama, kunjungi website resmi KPU di https://infopemilu.kpu.go.id/
  2. Selanjutnya, pilih menu Cek DPT Online
  3. Kamu kemudian akan diarahkan ke website cek DPT Online
  4. Jika sudah, masukkan secara manual (bukan copy-paste) Nomor Induk Kependudukan (NIK) bagi pemilih Indonesia
  5. Apabila kamu adalah pemilih Indonesia yang berada di luar negeri, maka masukkan Nomor Paspor
  6. Setelah selesai mengetik nomor, ketuk kolom pencarian
  7. Tunggu hingga proses selesai
  8. Jika namamu sudah terdaftar, maka akan terlihat informasi selengkapnya tentang lokasi TPS yang harus kamu kunjungi nanti
  9. Namun jika ternyata namamu belum masuk dalam DPT, maka akan muncul tulisan bahwa kamu belum terdaftar

Langsung Di Website Cek DPT

Jika ingin mempersingkat waktu, kamu bisa langsung menggunakan website khusus untuk cek DPT dengan cara berikut ini:

  1. Pertama, langsung kunjungi https://cekdptonline.kpu.go.id/
  2. Selanjutnya, masukkan dengan cara diketik NIK-mu
  3. Kamu adalah WNI yang menetap di luar negeri? Ketikkan Nomor Paspor sebagai gantinya
  4. Klik kolom pencarian
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai
Bagaimana Jika Belum Terdaftar di DPT?

Bagaimana Jika Belum Terdaftar di DPT?/ Foto: Screenshot cekdptonline.kpu.go.id

Apabila saat pengecekan ternyata namamu belum masuk ke DPT padahal sudah memenuhi syarat, jangan khawatir! Segera laporkan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di daerahmu. Dengan begitu, petugas akan membantumu untuk mendapatkan hak pilih hanya berbekal data dari KTP.

Jadi, bagaimana Beauties? Sudahkah namamu terdaftar di DPT?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

 

(dmh/dmh)