Pecah! BeYou Festival 2023 Sukses Digelar, Ajak Gen Z Tampil Percaya Diri-Penampilan Ciamik Nadhif Basalamah

BeYou Fest 2023 Sponsored by J Trust Bank sukses diselenggarakan pada Minggu, 26 November 2023 di Plaza Sudirman, Jakarta Selatan.

Disponsori oleh J Trust Bank, BeYou Festival 2023 mengangkat tema “Embrace Your Beauty, Radiate Wellness” dengan beragam rangkaian acara menarik, mulai dari morning pound fit, empat sesi inspirational talk show dengan speakers inspiratif, cardio dance, hingga penampilan memukau dari musisi Tanah Air Nadhif Basalamah.

BeYou Festival 2023 hadir untuk memberdayakan generasi Z atau gen Z sekaligus menumbuhkan lingkungan yang inklusif dan inspiratif. Melalui empat sesi talk show, pengunjung diajak merayakan diri sendiri sekaligus menambah wawasan baru, baik itu dari sisi kesehatan, finansial, hingga self development.

“BeYou Festival hadir sebagai festival di mana kami ingin mengajak semua yang datang bisa jadi diri sendiri, bisa mencintai dirinya, bisa menginspirasi orang lain, dan menjadi versi terbaik dirinya,” ungkap Editor in Chief TheTriump Amelia Ayu Kinanti.

BeYou Festival 2023 Sponsored by J Trust Bank dibuka dengan acara olahraga bersama, yaitu Morning Pound Fit bersama Pound Pro Indonesia. Terlihat pengunjung sangat bersemangat membakar kalori sambil seru-seruan selama kurang lebih 45 menit.

4 Sesi Talk Show dengan Speaker Inspiratif

dr. Andira Utami, CEO and Founder of Livewell Indonesia dan Certified Nutrition Science from Stanford School of Medicine/Foto: TheTriump

Be Your Wellness Talk Show

Nggak hanya seru-seruan, di BeYou Festival 2023 pengunjung juga diajak untuk menjaga kesehatan baik secara fisik maupun mental, melek finansial, hingga memahami pentingnya menjadi diri sendiri, Beauties.

Sesi talk show pertama membahas soal kesehatan bersama dr. Andira Utami, CEO and Founder of Livewell Indonesia dan Certified Nutrition Science from Stanford School of Medicine.

dr. Andira membagikan lima kunci penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, mulai dari memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, jaga tubuh tetap terhidrasi, tidur yang cukup, menjaga kesehatan mental, dan konsisten berolahraga.

“Buat yang malas gerak, coba, deh, olahraga, sesederhana jalan di tempat. Rajin berolahraga bisa bantu menurunkan berbagai risiko penyakit, salah satunya penyakit jantung,” ungkap dr. Andira Utami, CEO and Founder of Livewell Indonesia dan Certified Nutrition Science from Stanford School of Medicine, pada acara BeYou Festival 2023 di Plaza Sudirman, Jakarta, Minggu (26/11).

Selain fisik, penting pula untuk menjaga kesehatan mental. Menurut dr. Andira, gangguan kesehatan mental berkorelasi dengan penurunan daya ingat seseorang, lho, Beauties!

“Saat seseorang mengalami brain fog, hormon kortisol atau hormon stres meningkat, dan ini dampaknya banyak, salah satunya penurunan kognitif. Akibatnya, daya ingat menurun dan jadi sulit membuat keputusan,” ungkap dr. Andira.

Solusinya, ungkap dr. Andira, adalah dengan menjaga kualitas tidur.

“Usahakan jangan makan terlalu berat, sekitar 2-3 jam sebelum tidur. Selain itu, tubuh hanya bisa menghasilkan melatonin kalau seluruh ruangan itu gelap saat tidur. Dan pastikan jangan main gadget sekitar 30 menit sebelum tidur,” tutur dr. Andira.

Be YOUr Financial Successful Fit Talk Show
Be YOUr Financial Successful Fit Talk Show

Be YOUr Financial Successful Fit Talk Show/Foto: Adryantoro

Nggak hanya diajak untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental, pengunjung juga diajak untuk menjaga ‘kesehatan’ dompet alias finansial, nih, Beauties.

Salah satu tantangan yang dihadapi oleh anak muda dalam finansial adalah kesulitan menabung. Alasannya beragam, mulai dari gaji, tuntutan gaya hidup, hingga rasa FOMO (fear of missing out) akibat media sosial.

Kelly Patricia selaku Content Creator dan Founder of Ladyboss Project membagikan beberapa strategi menabung yang bisa diterapkan oleh gen Z.

Menurut Kelly, prinsipnya adalah sisihkan uang untuk ditabung, bukan sisakan uang untuk ditabung, Beauties.

“Kita harus telaah dulu apa yang kita inginkan. Prinsipnya, kalau mau nabung itu sisihkan, bukan sisakan. Begitu dapat gaji, atau pendapatan dari bisnis, sisihkan uang yang mau ditabung. Misalnya, buat beli rumah, atau nonton tiket konser,” ucap Kelly.

Marketing Communication & Promotion Department Head PT Bank JTrust Indonesia Tbk. Edwina juga membagikan cara kepada generasi Z agar bisa menabung usai menerima gaji.

“Ketika terima gaji atau bonus, hal pertama yang harus dilakukan adalah sisihkan uang untuk pos kewajiban, misalnya cicilan KPR, kartu kredit, atau fitur pay later. Jangan lupa juga sisihkan uang untuk berdonasi atau zakat, sekitar 2,5-5% dari gaji. Selain itu, kalau masih ada sisanya, bisa disisihkan untuk dana pensiun dan investasi,” ungkap Edwina.

Selain menabung, anak muda juga sudah mulai melek soal pentingnya berinvestasi. Menurut Kelly, hal pertama yang harus dilakukan sebelum berinvestasi adalah menentukan apa tujuannya.

“Kita harus tahu tujuan kita berinvestasi. Misal untuk melawan inflasi, kita bisa menabung. Masing-masing instrumen investasi ada kelebihannya. Misal tabungan bersifat likuid (mudah dicairkan), namun returnnya tidak tinggi. Ada pula saham, return-nya tinggi tapi risiko tinggi juga. Tentukan tujuan dan pastinya pilihlah investasi yang aman,” tutur Kelly.

Nah, buat kamu yang baru memulai investasi, bisa mencoba investasi jangka pendek-menengah, misalnya tabungan dan deposito di perbankan.

Salah satu program dari J Trust Bank yang bisa digunakan anak muda untuk berinvestasi adalah Tabungan Tora. Ada banyak benefit yang bisa didapatkan dengan menabung di Tabungan Tora.

“Tabungan Tora dari J Trust Bank menawarkan banyak benefit bagi anak muda yang ingin mulai menabung , mulai dari bebas biaya admin bulanan, bebas biaya transfer antarbank, SKN, dan RTGS, masing-masing 10 kali per bulan, bebas biaya tarik tunai di jaringan ATM Prima & Bersama empat kali per hari, hingga suku bunga kompetitif hingga hingga 3,2 persen per tahun. Jadi, simpanan dananya lebih berkembang optimal,” ucap Edwina.

Be YOUr Financial Successful Fit Talk ShowBe YOUr Financial Successful Fit Talk Show/ Foto: Adryantoro

Masih membahas soal finansial, talk show berikutnya menghadirkan Sufu Malinda selaku founder Elmaz Hijab Modelling School and Content Creator.

Bisa mengubah passion atau hal yang disukai menjadi bisnis memang terdengar indah dan menggoda. Namun, tentu, hal itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, bukan?

“Aku dulu sering dibully dan diremehkan orang lain, namun dari situlah aku mendorong diriku untuk maju dan berani memulai sesuatu. Bisnis yang aku dirikan sekarang ini juga berawal dari sebuah keresahan, di mana aku ingin ada wadah yang pas untuk para Muslimah mengembangkan diri mereka,” tuturnya.

Ia juga membagikan sederet kiat bagi para calon entrepreneur yang ingin mengubah passion mereka menjadi bisnis.

“Kita bisa bermimpi ingin membangun bisnis sesuai passion kita. Misalnya kita punya suatu keresahan, dan ingin membuat solusinya dari bisnis kita, itu bisa. Selama kita masih punya keinginan dan mau belajar, itu nggak ada yang nggak mungkin,” tutur Sufu.

“Dalam bisnis, nggak akan ada yang namanya 100 persen mulus, pasti ada jatuh bangunnya, karena itu risiko bisnis. Banyak yang beranggapan kalau mau punya bisnis harus punya uang yang banyak dulu. Ternyata setelah aku mendalami, ternyata itu nggak benar. Sekarang ada media sosial yang bisa dimanfaatkan, jadi intinya berani memulai aja dulu dan terus belajar,” lanjut Sufu.

Be YOUr True Self Talk Show
Be YOUr True Self Talk Show

Be YOUr True Self Talk Show/Foto: Adryantoro

Terakhir, ada talk show bersama Editor in Chief TheTriump Amelia Ayu Kinanti. Talk show ini membahas soal pentingnya memiliki self awareness dan cara menemukan jati diri.

Di era digital seperti sekarang ini, sangat mudah untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Belum lagi dengan hadirnya standar kecantikan yang berlalu-lalang di media sosial, membuat sebagian orang merasa insecure dengan diri mereka sendiri.

“Generasi muda sekarang tantangannya banyak sekali, mereka bisa dibandingkan atau mungkin membandingkan diri dengan siapa aja di media sosial. Sampai akhirnya mereka lupa untuk menjadi dirinya sendiri, siapa mereka di dunia nyata, siapa mereka di media sosial,” ucap Ayu Kinanti.

Di sisi lain, media sosial terkadang juga membuat kita ragu untuk mengekspresikan diri sendiri karena takut dihakimi oleh netizen. Bisa relate, nggak, Beauties?

Ayu Kinanti memberikan tips untuk tetap percaya diri berekspresi di media sosial.

“Apa pun pendapat orang tentang kamu, itu sesuatu yang tidak bisa kamu kontrol. Jadi jangan pernah berhenti melakukan sesuatu hanya karena kamu takut orang lain menilai kamu,” tuturnya.

Hadirnya BeYou Festival 2023 diharapkan bisa menjadi inspirasi anak muda untuk berani menjadi dirinya sendiri dan menjadi authentic.

“Buat anak muda, stop membandingkan diri dengan orang lain karena setiap pribadi itu unik, setiap manusia sudah diciptakan dengan kelebihannya masing-masing, dan selalu ada ruang untuk menjadi lebih baik. Jadi yang penting adalah tidak lupa jati diri dibanding kita terobsesi sama orang lain. Fokuslah untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi,” paparnya.

Keseruan di Activity Booth hingga Penampilan Spesial dari Nadhif Basalamah
Keseruan di Activity Booth hingga Penampilan Spesial dari Nadhif Basalamah

Keseruan di Activity Booth hingga Penampilan Spesial dari Nadhif Basalamah/Foto: TheTriump

Selain mendapatkan insight baru dari empat sesi talk show, pengunjung juga menikmati berbagai aktivitas seru lainnya di BeYou Festival 2023.

Ada game installation berupa mini golf dan trampolin. Pengunjung juga bisa mengabadikan keseruan di BeYou Festival 2023 di photo booth yang telah disediakan. Ada pula booth lainnya seperti skincare, crafting, hingga food and beverages.

Booth J Trust Bank di BeYou Festival 2023Booth J Trust Bank di BeYou Festival 2023/ Foto: Adryantoro

Selain itu, pengunjung juga bisa membuka rekening Tabungan Tora dengan promo khusus BeYou Festival 2023 dan mengikuti berbagai kegiatan seru di booth J Trust Bank, seperti spin the wheel dan mendapatkan freebies menarik.

Tak hanya diajak berolahraga di pagi hari, menjelang sore pengunjung juga diajak bergerak dan seru-seruan dengan mengikuti Cardio Dance. Seru abis!

BeYou Festival 2023 Sponsored by J Trust Bank ditutup dengan penampilan spesial dari Nadhif Basalamah. Penyanyi sekaligus penulis lagu itu membawakan 10 lagu, mulai dari Penjaga Hati, Letting Go, Bitterness, After School Sad Session, hingga Wonder in Time.

Selain J Trust Bank sebagai official sponsor, BeYou Festival 2023 juga didukung oleh brand partner yaitu Nature Republic, Livewell Indonesia, Makarizo Hair Energy, Temanmu.CLO, METRO Department Store Indonesia, Rumah Kopi Rawdee, dan official media partner yaitu Female Daily, Girls Beyond, CXO Media, Wolipop, Insertlive!, Transtv, Trans7, dan HaiBunda.

See you at the next BeYou Festival, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)