Nggak Perlu Pakai Emosi, 6 Cara Elegan Ini Bisa Buat Pasangan yang Berselingkuh Menyesal

Menemukan fakta bahwa pasangan berselingkuh bisa sangat menguras emosi. Ada perasaan marah tapi di saat yang sama kamu mungkin sangat terkejut sampai bingung harus bereaksi seperti apa. Ingin bertahan namun terlanjur kecewa, ingin move on tapi tak mudah, belum lagi trauma yang menyertai. 

Agar hati sedikit lebih baik, mungkin kamu bisa mencoba membuat dia yang berselingkuh menyesal. Tak harus balas dendam apalagi sampai pakai emosi, hal yang perlu kamu lakukan justru dapat lebih elegan, tapi dijamin bikin dia merasa bersalah. 

Nah, apa saja, ya, cara-caranya? Berikut ulasannya melansir dari Bonobology.

1. Jangan Kehilangan Ketenangan Selama Berbicara


Hadapi pasangan dengan emosi yang stabil/Foto:Freepik.com/Freepik

Rasanya ingin sekali menunjukkan kepada pasangan seberapa menyakitkan apa yang telah dilakukannya. Akan tetapi, reaksi emosional yang berlebihan hanya akan memberi kepuasan untuk dirinya dan bikin kamu terlihat lemah.

Beauties harus bisa tenang sembari ungkapkan perasaanmu dengan jelas. Kendalikan emosi dan tunjukkan bahwa kamu lebih bijaksana dari apa yang dipikirkannya.

Mungkin ini akan sedikit sulit, tapi dijamin dia yang awalnya menyepelekanmu bakal merasa segan.

2. Gunakan Kata-kata yang Buat Dia Berada dalam Posisi Kita

Katakan sesuatu yang bisa buat dia merasa jadi dirimu/Foto:Freepik.com/Freepik

Hanya mengatakan bahwa hal yang dilakukannya menyakiti kamu nampaknya tidaklah cukup. Coba tempatkan pasangan di posisi kamu dan buat dia melihat sudut pandang dari apa yang kamu rasakan.  

Nyatakan dengan tegas seperti “Bayangkan, jika aku melakukan itu apa yang kamu rasakan..” atau “Aku sudah berjuang tapi ternyata hubungan ini nggak worth it buatku..”.

Tanpa perlu menyumpah atau berkata kasar, kalimat ini juga bakal menyakitkan untuknya karena kamu merasa bahwa dia tak seberharga itu untuk dipertahankan. 

3. Jangan Mudah Dihasut untuk Memaklumi Perilakunya

Jangan langsung berkompromi, tetaplah tegas/Foto:Freepik.com/Freepik

Pasangan yang ketahuan berselingkuh mungkin akan meminta maaf sambil terus meyakinkan kamu bahwa perbuatannya hanya sekedar khilaf. 

Apa pun itu alasannya, jangan langsung mau berkompromi. Penyesalan yang dirasakannya bukan jadi tanggung jawab kamu, jadi jangan mengasihaninya apalagi sampai menyalahkan diri sendiri. 

Tetap bersikap baik boleh saja, tapi pastikan kamu bisa tegas supaya dia pun merasa buruk akan hal yang sudah dilakukannya. 

 4. Hindari Curhat di Media Sosial

Hindari membeberkan keburukan pasangan di media sosial/Foto:Freepik.com/Freepik

Dengan maksud menyindir, kamu mungkin berpikir untuk meluapkan kekesalan dengan cara mengumbar masalah dan keburukan pasangan di media sosial. 

Alih-alih dukungan yang kamu dapatkan, justru sikapmu ini bikin kamu terlihat kurang elegan. Bisa-bisa orang yang melihat postinganmu akan berpikir bahwa kamu bukan seseorang yang baik karena begitu mudah membuka konflik pribadi di ranah publik. 

Selagi masalah masih panas-panasnya, sebaiknya simpan dulu sendiri atau ceritakan pada orang-yang bisa dipercayai. 

5. Tunjukkan Perubahan Terbaik dari Dirimu  

Buat perubahan terbaik dari dirimu/Foto:Freepik.com/Pvproductions

Sementara singkirkan dulu pikiran dari dia yang telah melanggar komitmen. Kini, prioritas utamanya adalah melakukan hal-hal yang penting untuk dirimu.    

Beauties bisa menekuni sesuatu yang kamu suka, rawat diri lebih baik, dan buatlah pencapaian yang membuatmu bersinar dari sebelumnya. Apa pun perubahan yang kamu buat selama itu bisa mendatangkan hal baik maka lakukanlah. 

Karena cara terbaik membalas pasangan yang selingkuh bukan hanya apa yang kamu katakan, tapi juga tentang bagaimana kamu bisa jadi versi terbaik tanpanya. 

6. Kuatkan Lagi Cinta Pada Orang-orang yang Tulus Padamu 

Kelilingi diri dengan mereka yang peduli denganmu/Foto:Freepik.com/Prostooleh

Dikhianati oleh pasangan tak serta merta mengakhiri segala bentuk cinta dalam hidupmu. Kamu masih dapat berbagi kasih sayang dengan orang-orang yang lebih dulu ada seperti, teman, sahabat dan keluarga. 

Mungkin sesekali kamu bisa membagikan momen menyenangkan di media sosial, namun tak perlu membuat caption yang menyinggung siapapun. Biarkan dia tahu bahwasanya kamu berhasil sembuh dan mampu menciptakan kebahagiaan sendiri. Percaya deh, ini pasti cukup membuatnya merasa malu. 

Diselingkuhi memang menyisakan dendam dan benci. Tetapi saat kamu bisa menghadapinya dengan elegan, itu akan membuatmu lebih kuat melangkah ke depan. Semoga beberapa tips di atas dapat membantu, ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)