Nggak Melulu Soal Hubungan Fisik, Ini 5 Bentuk Perselingkuhan dalam Hubungan yang Perlu Kamu Tahu

Kalau berbicara soal selingkuh, mungkin yang terpikirkan adalah seseorang yang punya hubungan romantis atau seksual dengan orang ketiga. Namun faktanya, selingkuh itu nggak hanya soal kontak fisik lho, Beauties. 

Melansir dari Marriage, ada begitu banyak bentuk pengkhianatan non fisik dalam hubungan yang memiliki tingkat keterlibatan berbeda-beda. Beberapa tindakan, seperti chat terlalu intens melalui internet atau sekedar punya pikiran soal orang lain juga termasuk perilaku tidak setia yang berbahaya. 

Nah, apa saja sebenarnya jenis-jenis selingkuh yang bisa mengganggu keharmonisan hubungan? Berikut ulasannya!

1. Selingkuh Secara Emosional 


Selingkuh emosional sama menyakitkannya seperti selingkuh fisik/Foto:Freepik.com/Freepik

Ada sebuah perselingkuhan yang terjadi ketika kedekatan emosional yang seharusnya terjalin hanya dengan pasangan, justru berkembang dengan seseorang di luar hubungan. 

Biasanya tipe selingkuh ini dimulai dari rasa dekat sebagai teman, kemudian saling curhat, berbagi informasi pribadi hingga timbul perasaan nyaman yang membuat ikatan emosional terbentuk dengan orang lain. 

Sifat intim dari komunikasi yang dibangun dalam perselingkuhan emosional bisa membuat seseorang jauh dari pasangannya, yang tentunya berpotensi merusak kualitas hubungan. 

2. Selingkuh Secara Keuangan

Selingkuh juga bisa terjadi dari segi keuangan/Foto:Freepik.com/Lifestylememory

Sikap terlalu membatasi dan selalu bertindak lebih dominan untuk mengontrol keuangan juga termasuk ke dalam perselingkuhan dari segi finansial. 

Berawal dari hal biasa seperti membeli barang tanpa izin, menyisihkan uang secara diam-diam dari tabungan bersama, berbohong soal pemasukan, hingga membuka rekening bank secara rahasia untuk keuntungannya sendiri. 

Selingkuh jenis ini memang nggak selalu terjadi karena niat jahat dari pelakunya, tetapi jika dibiarkan, akan muncul banyak perdebatan tiada akhir.

3. Selingkuh Secara Online

Saat ini juga marak terjadi perselingkuhan lewat media online/Foto:Freepik.com/Freepik

Dengan segala kemudahan teknologi, perselingkuhan juga marak terjadi di ranah dunia maya atau yang biasa disebut cyber affair

Ini adalah hubungan secara online yang mula-mula hanya menyukai foto-foto lawan jenis, saling berkenalan, lalu kemudian percakapan berkembang menjadi saling menggoda dan penuh romansa. 

Mereka yang berselingkuh mungkin tidak pernah bertatap muka, tapi adanya kontak yang intens bisa membangkitkan keterikatan perasaan baik emosional maupun seksual di antara keduanya. 

4. Selingkuh Secara Pesan Teks 

Lewat pesan teks juga bisa berujung pada perselingkuhan/Foto:Freepik.com/Wayhomestudio

Mirip dengan jenis selingkuh online, terlalu larut dalam aktivitas chatting juga bisa berujung pada mengkhianati pasangan, terlebih ketika ada ketertarikan dengan orang lain.

Di awal komunikasi mungkin cuma sekedar bertukar kabar, lalu berlanjut ke arah yang berbahaya seperti mengirimkan pesan berbau seksual dengan maksud untuk menggoda satu sama lain. 

Kecenderungan umum di balik tindakan ini sebenarnya hanya untuk bersenang-senang dan memenuhi ego sesaat tetapi tidak ingin berpisah dengan pasangannya. 

5. Selingkuh Secara Fantasi

Selingkuh lewat pikiran juga sering dilakukan tanpa disadari/Foto:Freepik.com/Yanalya

Satu lagi jenis selingkuh yang sering dilakukan namun tanpa disadari, yaitu diam-diam punya fantasi atau membayangkan tentang orang lain selain pasangan kita. 

Jenis selingkuh ini mungkin sama sekali tidak melibatkan hubungan melalui teks apalagi fisik, karena yang berselingkuh sesungguhnya adalah pikiran.

Dalam beberapa kasus, ketertarikan pada fantasi bisa membuat seseorang merasa tidak puas dengan realita bersama pasangannya. Akibatnya, ini membuat pasangan terabaikan dan menjurus pada rusaknya hubungan.

Well, mengetahui pasangan berselingkuh pasti memberikan efek emosional yang menyakitkan, apapun bentuknya. So, lebih berhati-hati dalam menjalin hubungan dan belajar untuk saling berkomitmen satu sama lain ya, Beauties. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)