Nggak Cuma Mickey Mouse, Hak Cipta Sederet Karakter Ikonis Ini Bakal Jadi Milik Publik

Kabar The Walt Disney Company kehilangan hak cipta Mickey Mouse sontak membuat publik kaget karena sosoknya yang begitu melekat dengan perusahaan tersebut. Menyusul karakter Winnie The Pooh yang jadi properti publik pada tahun 2022, ‘Steamboat Willie’ yang merupakan wujud orisinal pertama Mickey Mouse oleh Disney resmi memasuki domain publik pada 1 Januari 2024.

Pertama dibuat tahun 1928, masa berlaku hak cipta animasi orisinal milik Disney itu berakhir setelah 95 tahun sejak penayangan perdananya. Ini berarti orang-orang dapat menggunakan desain awal si tikus menggemaskan ini, bukan versi terbaru Mickey Mouse karena masih dilindungi hak cipta.

Ketentuan Hak Cipta di AS

Perlu diketahui bahwa ketentuan hak cipta di masing-masing negara berbeda, Beauties. Mengutip Fast Company, hukum hak cipta di Amerika Serikat cukup rumit. Masa berlaku 95 tahun untuk kekayaan intelektual sebelum 1978 diberlakukan. Lalu, bagaimana dengan yang diciptakan setelah 1978?
U.S Copyright Office menjelaskan dalam situsnya bahwa hasil karya yang diciptakan setelah tanggal 1 Januari 1978, perlindungan hak cipta berlaku seumur hidup pencipta ditambah 70 tahun tambahan.

Pemakaian oleh Publik

Mickey Mouse ‘Steamboat Willie’/ Foto: thewaltdisneycompany.com

Karakter yang masuk ke domain publik bukan berarti bisa digunakan secara sembarangan, Beauties. Berdasarkan aturan, orang boleh mengenakannya sesuai dengan desainnya saat karakter kehilangan hak cipta. Jadi jika menggambar Mickey Mouse, seseorang harus menggunakan desain Steamboat Willie yang punya mata lebih kecil, tidak memakai sarung tangan putih, dan tidak bersuara.

Begitu pun dengan karakter Superman yang masa berlaku hak ciptanya habis pada tahun 2023. Jika ingin  menggunakan gambar Superman, karakter superhero tersebut tidak boleh terbang karena versi Superman dalam majalah Action Comics tahun 1938 tidak terbang.

 

Karakter Lain yang Akan Masuk Domain Publik
Bangkok, Thailand - January 6, 2015: Mickey Mouse action figure the official mascot of The Walt Disney Company. Mickey Mouse is a funny animal cartoon character was created by Walt Disney studio.

Minnie dan Mickey Mouse/ Foto: Getty Images

Steamboat Willie bukan satu-satunya karakter ikonis yang masuk domain publik tahun ini, Beauties. Ada sederet karya klasik lain akan menyusul segera, yaitu karakter Tigger dari cerita Winnie The Pooh yang dibuat tahun 1926 dan Peter Pan yang didaftarkan perlindungan hak cipta tahun 1928.

Sementara karakter kartun lain yang habis masa berlaku hak ciptanya di tahun-tahun mendatang antara lain:

Popeye The Sailor (2025)

Betty Boop (2026)

Pluto (2026)

King Kong (2029)

Flash Gordon (2029)

Donald Duck (2029)

Batman (2035)

Wonder Woman (2037)

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)