Mumpung Long Weekend, Isi Hari Libur dengan Merapikan Sederet Hal Penting Ini

Beauties, pernahkah kamu merasa sumpek dengan suasana sekitar yang mengelilingimu? Jika ya, mungkin sudah waktunya untuk kamu menelaah sedikit lebih jauh. Sebab, tidak jarang rasa sumpek itu datang bukan tanpa sengaja, melainkan karena memang ruang di sekitarmu sudah dipenuhi dengan barang-barang yang tidak semuanya kamu butuhkan. Punya barang kesayangan, ataupun barang yang difavoritkan tentu sah-sah saja.

Namun perlu diingat bahwa fungsi praktis dari barang-barang tersebut pun harus diperhatikan. Agar setiap barang yang ada di sekitarmu tetap bermakna. Long weekend menjadi waktu yang pas nih untuk Beauties melakukan decluttering.

Eits, decluttering bukan terhadap barang saja, tetapi juga hal-hal tertentu. Dikutip dari laman The Simplicity Habit, berikut adalah hal-hal terbaik yang perlu di-declutter.

Isi Lemari Pakaian


Decluttering lemari pakaian/ Foto: Freepik.com/freepik

Coba cek lemari pakaian Beauties dan coba lihat pakaian-pakaian yang ada di dalamnya. Apakah kira-kira semua pakaian itu memang sering dikenakan, atau malah banyak dari pakaian tersebut yang sebenarnya jarang atau bahkan tidak dipakai lagi namun tetap dibiarkan berada di lemari?

Setelah menjawab pertanyaan ini, Beauties hendaknya dapat segera mengambil keputusan apakah perlu decluttering atau tidak. Jika lemari dibuka dan yang terlihat adalah tumpukan pakaian tidak beraturan dan sebagian besar tidak dipakai lagi, maka sebaiknya lakukanlah decluttering. Beauties akan merasakan manfaatnya.

Furnitur Ekstra

Memilah furnitur/ Foto: Freepik.com/freepik

Berapa banyak kira-kira furnitur yang masih tersisa di rumah Beauties pada saat ini? Coba perhatikan setiap sudut ruangan dengan baik. Analisis satu per satu dan tanyakan pada diri sendiri tentang kebermanfaatannya.

Beberapa furniture dulunya mungkin dibeli karena dibutuhkan pada saat itu, namun belum tentu masih dibutuhkan pada saat yang sekarang. Alih-alih membiarkannya memadati ruangan dan membuat rumah terasa sumpek, saatnya untuk merapikannya. Bisa dijual kembali atau dibagikan kepada orang yang membutuhkan.

Prioritas

Membuat prioritas/ Foto: Freepik.com/jcomp

Hal berikutnya ini bukan berbentuk barang. Ya, decluttering juga perlu dilakukan terhadap prioritas yang telah ditetapkan. Hidup ini dinamis dan perlu adaptasi dari waktu ke waktu. Sesuatu yang dulunya mungkin adalah sebuah prioritas belum tentu tetap menjadi prioritas pada saat ini.

Telaah kembali prioritas-prioritas yang ada. Kamu bisa mengganti urutan, mengubah, menambahkan, dan bahkan mengeliminasi prioritas yang sebelumnya pernah ditetapkan.

Langganan

Decluttering langganan/ Foto: Freepik.com/tirachardz

Era digital seperti saat ini membawa banyak penawaran. Baik itu dari sisi hiburan, perbelanjaan, pembelajaran, dan lainnya. Ini dapat dikemas dalam bentuk aplikasi tertentu yang kemudian dapat digunakan dengan mudah. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa aplikasi yang dilanggan tersebut belum tentu dibutuhkan sepanjang waktu.

Ada kalanya sudah memang merasa cukup, dan mungkin memang kurang worth it untuk dilanjutkan. Oleh karenanya, melakukan decluttering aplikasi yang dilanggan juga menjadi bagian penting di akhir tahun. Selain dapat menghemat, ini juga membantu untuk lebih fokus kepada hal-hal yang dibutuhkan saja.

Harapan

Memilah harapan/ Foto: Freepik.com/benzoix

Nah, satu lagi bentuk non fisik yang perlu dipertimbangkan untuk di-declutter adalah harapan. Ya, terkadang kita membuat daftar harapan yang begitu banyak. Baik itu untuk diri sendiri ataupun orang lain. Namun lagi-lagi kita harus tetap berusaha realistis, tidak menggantungkan harapan pada orang lain, dan memahami kapasitas diri.

Menekan diri terlalu banyak untuk sebuah harapan bisa terasa membebani. Oleh karenanya, apabila harapan itu dirasa terlalu banyak, maka evaluasi dan sisakanlah harapan-harapan yang dirasa paling realistis.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)