Mumpung Awal Bulan, Siapkan Dana Darurat dengan Lakukan 4 Langkah Ini

Peristiwa di masa depan memang menjadi suatu hal yang tidak bisa kita prediksi dan setiap orang sering kali lupa betapa pentingnya memiliki sikap antisipatif terutama dalam urusan keuangan. Saat menghadapi keadaan darurat, kebanyakan orang baru menyadari pentingnya sikap antisipatif. Maka dari itu, penting untuk sadar dan memulai tabungan dana darurat.

Menurut Kementerian Keuangan dilansir dari situs resminya, dana darurat adalah dana yang memang sengaja dipersiapkan untuk disimpan sebagai bentuk antisipasi dan dapat digunakan saat keadaan darurat. Tabungan ini bertujuan untuk membiayai kebutuhan yang tidak terprediksi. Selain itu, adanya dana ini memberikan rasa aman bagi pemiliknya karena mengurangi rasa takut atau khawatir saat keadaan mendesak. 

Berapa nominal yang dibutuhkan untuk dana darurat?

Ilustrasi dana darurat/ Foto: freepik.com/freepik

Jumlah nominal yang dibutuhkan untuk dana darurat dapat bervariasi tergantung keadaan finansial, gaya hidup, dan faktor lainnya. Namun, secara umum untuk seseorang yang tidak memiliki tanggungan atau single adalah sebesar 3-6 kali gaji yang dimiliki. Sementara untuk yang sudah memiliki keluarga, maka dana yang dibutuhkan adalah 6-12 kali gaji.

Kalau kamu sudah memantapkan diri untuk memiliki tabungan dana darurat, simak 4 langkah berikut yuk!

Lakukan Financial Check Up

Lakukan Financial Check Up/ Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska

Melakukan financial check-up saat mempersiapkan dana darurat menjadi langkah yang penting. Sebab, kita akan mendapatkan gambaran apakah keuangan dalam kondisi sehat atau tidak. Kita akan lebih mudah untuk melihat kemampuan yang dimiliki dalam merencanakan keuangan sebagai hasilnya.

Buat Rekening Khusus

Buat Rekening Khusus/ Foto: Pexels.com/Pixabay

Sebaiknya dana ini disimpan dalam rekening khusus agar lebih teratur dalam pembagian keuangan dan terhindar dari penggunaan untuk kebutuhan lainnya. Gunakan rekening dari institusi perbankan yang memiliki biaya administrasi bulanan lebih murah serta mudah untuk diakses kapan saja dan di mana saja.

Konsisten

Konsisten/ Foto: Freepik.com

Berkomitmen menjadi kunci kesuksesan dalam menabung. Mulailah menabung dengan perlahan namun tetap konsisten. Bisa dimulai dari jumlah yang kecil dan terus meningkat secara bertahap sampai target nominal tercapai.

Tekan Pengeluaran

Tekan Pengeluaran/ Foto: Freepik.com/kstudio

Pasti akan ada banyak godaan di luar sana yang membuatmu berpikir untuk menunda menabung. Namun yang kamu harus lakukan adalah jangan terbuai dan bersikap realistis dengan mencapai target. Kurangi pengeluaran untuk sesuatu yang tidak termasuk golongan yang penting.

Mempersiapkan dana darurat memang tidak mudah, tapi jika kamu disiplin menjalankannya kamu sudah melakukan langkah proaktif untuk berinvestasi pada kestabilan keuangan dan ketenangan pikiran di masa depan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

 

(dmh/dmh)