Mulai Hidup Sehat, Yuk Ketahui Manfaat Minum Air Lemon Sebelum Tidur

Minum air lemon sebelum tidur saat ini menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh mereka yang mengutamakan kesehatan. Air lemon bukan hanya memberikan rasa segar, tetapi juga memberikan berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa.

Dengan kandungan vitamin C, antioksidan, dan beragam nutrisi lainnya, lemon menawarkan berbagai manfaat bagi tubuh terutama ketika dikonsumsi sebelum tidur. 

Penasaran dengan manfaat lain nya? Yuk simak rangkumannya!

Meningkatkan Hidrasi

Meningkatkan Hidrasi/ Foto: freepik.com

Air lemon mengandung elektrolit seperti potassium, calcium, dan magnesium yang membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), mengonsumsi air lemon dapat meningkatkan produksi urine dan membantu untuk membersihkan organ ginjal dari zat-zat yang berbahaya. 

Melancarkan Pencernaan

Melancarkan Pencernaan/ Foto: freepik.com/wayhomestudio

Manfaat terkenal lainnya dari meminum air lemon adalah membantu dalam melancarkan pencernaan. Lemon berperan dalam merangsang produksi cairan pencernaan dan enzim yang diperlukan untuk mencerna makanan. Menurut penelitian yang diterbitkan di International Medical Journal, lemon membantu meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dan mengurangi risiko gangguan pencernaan.

Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan/ Foto: freepik.com/KamranAydinov

Salah satu manfaat yang paling terkenal dari mengonsumsi air lemon yaitu dapat menurunkan berat badan. Lemon mengandung pektin seperti serat larut yang bisa memberikan rasa kenyang. Kandungan ini juga bisa mengurangi lemak tubuh. Oleh karena itu mengonsumsi air lemon sebelum tidur bisa berguna untuk menurunkan berat badan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh/ Foto: freepik.com

Lemon dikenal dengan kaya akan vitamin C yang juga disebut sebagai antioksidan kuat. Antioksidan memiliki peran dalam membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Vitamin C dapat merangsang produksi antibodi sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi. 

Meningkatkan Kualitas Tidur

Meningkatkan Kualitas Tidur/ Foto: freepik.com

Lemon memiliki sifat menenangkan dan dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Aroma lemon sendiri, bisa membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan mood. Selain itu, air lemon membantu menyeimbangkan pH pada tubuh sehingga air lemon bisa memberikan efek yang optimal untuk istirahat yang nyenyak.

Bagaimana Cara Membuat Air Lemon?

Cuci lemon dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan pestisida. Lalu potong lemon menjadi setengah dan peras untuk mendapatkan jus lemon segar, jangan lupa saring jus lemon menggunakan saringan atau penutup jus untuk memisahkan biji dan serat.

Panaskan satu gelas air hingga hangat, tetapi tidak sampai mendidih. Suhu yang nyaman untuk diminum adalah sekitar 60-70 derajat celcius. Setelah itu, tuangkan jus lemon yang sudah disaring ke dalam gelas air hangat. Kamu dapat menyesuaikan jumlah jus lemon sesuai selera.

Aduk air dan jus lemon secara merata menggunakan sendok. Pastikan bahwa jus lemon tercampur dengan baik dalam air hangat. Untuk tambahan rasa dan manfaat kesehatan ekstra, kamu bisa menambahkan madu atau jahe. Minum air lemon hangat ini sekitar 30 menit sebelum tidur untuk merasakan manfaat maksimalnya.

Itulah beberapa manfaat dari meminum air lemon sebelum tidur. Dengan menerapkan kebiasaan sederhana seperti minum air lemon, kamu bisa merasakan sejumlah manfaat kesehatan. Semoga bermanfaat, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)